Sponsors Link

Cedera Tulang Rusuk – Bahaya, Penyebab dan Pengobatannya

Sponsors Link

Cedera tulang rusuk adalah salah satu jenis masalah tulang yang sangat berbahaya untuk kita. Hal ini disebabkan karena tulang rusuk adalah salah satu tulang yang berperan menjaga keamanan tubuh kita khususnya pada organ jantung, paru-paru, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, sangat wajar dan sudah seharusnya apabila kita berusaha untuk memahami penyakit atau masalah ini dengan lebih detail lagi sebagaimana kita mencoba untuk memahami masalah tulang ekor sakit.

ads

Memangnya apa saja yang perlu untuk kita ketahui? Ada banyak hal yang perlu kita ketahui mengenai masalah tulang rusuk yang cedera. Hal-hal tersebut meliputi apa saja bahaya dari cedera yang satu ini, apa saja yang menjadi penyebabnya dan tentunya bagaimana pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tulang rusuk yang mengalami cedera ini.

Agar kamu tidak semakin penasaran, beberapa hal mengenai masalah cedera tulang rusuk tersebut bisa kita bahas dengan detail sebagaimana di bawah ini. Selamat membaca ya!

Bahaya Sakit Tulang Rusuk

Hal pertama yang perlu kita ketahui mengenai masalah tulang rusuk yang cedera adalah mengenai apa saja bahaya dari masalah yang satu ini. Dengan mengetahui hal ini, kita bisa mewaspadai masalah tulang rusuk yang cedera dengan lebih baik. Tentunya hal ini bisa tercapai akibat kita mengetahui dampak buruk apa saja yang bisa diakibatkan karena masalah tulang rusuk tersebut. Adapun beberapa hal yang merupakan bentuk bahaya dari cedera pada tulang rusuk, antara lain adalah sebagai berikut:

1. Munculnya rasa sakit

Munculnya rasa sakit bisa menjadi salah satu masalah utama yang muncul akibat patah tulang. Tentunya hal ini bisa mengganggu kita saat beraktivitas dan oleh karenanya termasuk salah satu bahaya dari cedera yang terjadi pada tulang rusuk sebagaimana terjadi pada tulang rusuk sakit sebelah kiri.

2. Meningkatnya risiko masalah jantung dan paru-paru

Tulang rusuk yang cedera juga berpeluang besar menghasilkan risiko pada organ jantung dan paru-paru. Hal ini disebabkan karena paru-paru dan jantung dekat sekali letaknya dengan tulang rusuk seseorang dan oleh karenanya ketika tulang rusuk ini patah atau cedera, organ-organ tersebut rawan akan mendapat masalah.

Salah satu jenis masalah paru-paru yang mungkin akan muncul ketika kita mengalami masalah tulang rusuk yang patah adalah pneumotoraks. Penyakit ini adalah suatu kondisi runtuhnya satu atau kedua paru-paru kita akibat akumulasi gas atau udara di dalam dada yang disebabkan karena patahan tualng rusuk merobek paru-paru atau karena ada tusukan di dinding dada. Pasien akan mengalami kesulitan bernapas, nyeri dada, dan batuk darah.

3. Pecahnya organ limpa

Limpa adalah salah satu organ penting yang beada di sekitar lambung dan dilindungi tulang rusuk. Pecahnya limpa karena cedera pada tulang rusuk bisa mengakibatkan limpa berdarah ke dalam rongga perut kita sehingga membuat organ limpa akan mengalami gangguan fungsi. Masalah ini juga mungkin terjadi ketika kita mengalami sakit tulang rusuk sebelah kanan.

Sponsors Link

Penyebab Tulang Rusuk Cedera

Setelah mengetahui bahaya cedera tulang rusuk, kita patut menyadari bahwa masalah tulang rusuk sangat penting untuk diwaspadai. Untuk menghindari masalah tersebut, tentunya kita perlu mengetahui apa saja penyebab dari tulang rusuk yang mengalami cedera tersebut agar kita bisa menghindari penyakit tulang rusuk yang berbahaya. Adapun beberapa hal yang bisa menjadi penyebab cedera pada tulang rusuk adalah sebagai berikut:

1. Tabrakan fisik

Tabrakan fisik adalah salah satu jenis penyebab cedera pada tulang rusuk yang mungkin sering dialami oleh mereka yang memiliki aktivitas di dunia yang menuntut aktivitas fisik dengan rutin, seperti misalnya sepakbola, rugby, dan berbagai masalah lainnya yang bisa membuat tubuh harus sering berinteraksi dengan tubuh orang lain. Tabrakan fisik, khususnya tepat pada bagian tulang rusuk bisa membuat tulang rusuk seseorang mengalami cedera yang cukup parah.

ads

2. Terjatuh

Selain tabrakan fisik, terjatuh juga bisa menjadi salah satu sebab mengapa tulang rusuk bisa mengalami cedera. Tentunya hal ini disebabkan karena apabila tubuh terjatuh tepat pada bagian tulang rusuk, bisa saja tulang rusuk akan mengalami patah apabila bertabrakan dengan sesuatu yang keras. Oleh karena itulah, kita harus melakukan berbagai macam aktivitas yang kita miliki dengan lebih hati-hati lagi agar kita tidak sampai terjatuh sehingga tulang rusuk kita bisa dijaga agar tetap sehat.

3. Kecelakaan

Berbagai macam jenis kecelakaan, baik kecelakaan kerja, kecelakaan ketika berkendara dan berbagai macam jenis kecelakaan yang lain bisa mengakibatkan patahnya tulang rusuk yang kita miliki. Tentunya hal ini membuat kita harus berhati-hati ketika beraktivitas supaya tidak mengalami kecelakaan dan akibatnya membuat tulang rusuk kita patah. Inilah beberapa hal yang bisa menjadi penyebab patah tulang rusuk. Selain itu, kecelakaan juga bisa menyebabkan tulang punggung bengkok.

Pengobatan

Pada umumnya, masalah tulang rusuk yang mengalami cedera bisa dilakukan dengan perawatan di rumah dengan teratur. Akan tetapi tentu saja hal ini kembali lagi pada seberapa parah kondisi cedera yang kita alami. Ada baiknya apabila kita mengikuti saran dokter yang ahli untuk mengatasi masalah tulang rusuk yang mengalami cedera sehingga kita bisa menanganinya dengan tepat.

Adapun beberapa cara untuk mengatasi masalah tulang rusuk yang mengalami cedera, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Mengonsumsi obat pereda sakit seperti ibuprofen untuk membantu mengurangi rasa nyeri atau sakit yang dirasakan
  • Latihan pernapasan dengan teratur untuk membantu mengembalikan kemampuan pernapasan serta menjaga agar pernapasan tetap lancar
  • Tidak menutup tulang rusuk yang bermasalah agar tidak menambah tekanan pada tulang rusuk yang telah patah atau cedera tersebut
  • Memperbanyak waktu istirahat agar tulang rusuk yang cedera bisa segera sembuh dan bisa beraktivitas dengan lancar kembali, sebagaimana agar tanda patah tulang sudah sembuh segera muncul
  • Tidak berbaring terlalu lama agar tekanan pada tulang rusuk tidak terlalu besar
  • Berusaha untuk menjaga aktivitas tubuh agar tetap aktif dan tidak terlalu pasif untuk melatih dan mengurangi masalah pada tulang yang cedera
  • Kompres dada apabila terasa nyeri dan semacamnya, akan tetapi tidak boleh terlalu erat karena bisa menekan tulang yang cedera
  • Memakai atau menggunakan bantal sebagai penahan apabila batuk-batuk
  • Menghindari mengangkat beban berat
  • Menghindari mengejan terlalu kuat
  • Menghindari dan meninggalkan rokok
  • Rutin periksa ke dokter dan segera menghubungi dokter apabila ada perkembangan atau masalah sakit yang lain
Sponsors Link

Itulah beberapa macam cara untuk mengatasi atau mengobati penyakit atau cedera yang muncul pada tulang rusuk dan mungkin kamu alami. Tentunya berbagai macam masalah di atas bisa kemu hindari apabila kamu tidak mengalami cedera tulang rusuk. Dengan kata lain, kita harus bisa menghindari masalah cedera tulang rusuk untuk menjamin agar kita tidak perlu sampai mengalami masalah-masalah di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat untukmu ya. Jangan lupa untuk senantiasa berkonsultasi dengan dokter apabila terjadi masalah yang lain.

Selamat menjaga kesehatan tulangmu!

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Wednesday 10th, January 2018 / 16:23 Oleh :
Kategori : Pengobatan