Sponsors Link

3 Rekomendasi Pengobatan Rhabdomyosarcoma yang Wajib Untuk Anda Coba!

Sponsors Link

Rhabdomyosarcoma atau disingkat RMS ialah salah satu jenis tumor ganas yang termasuk kanker. Tumbuh dan berkembang pada jaringan lunak dalam tubuh yaitu jaringan otot dan ikat, serupa tumor tulang. Dimasukkan dalam jenis tumor ganas karena memang penyakit ini membesar dan menyebar dengan cepat dalam tubuh. Seperti kanker lain misalnya kanker otot stadium 4, kanker tulang belakang stadium 4, dan osteosarcoma stadium 4.

ads

Penderita RMS ini mayoritas adalah anak-anak berjenis kelamin laki-laki dengan usia yang belum mencapai 10 tahun dan tidak terlalu umum untuk kasus yang terjadi pada orang dewasa. RMS menyerang daerah di sekitar kepala, alat gerak, salurin urogenital, dan juga bagian leher. Untuk penyebab munculnya masih belum dipastikan sehingga digolongkan jenis tumor yang langka dan khusus.

Sebagian akan-anak yang membawa cacat sejak lahir beresiko terserang RMS. Sebagian keluarga dengan kasus mutasi gen juga berpeluang terjangkiti tumor ini. Namun, hampir kebanyakan kasus pengobatan rhabdomyosarcoma anak-anak pengidapnya bahkan tak mempunyai faktor-faktor resiko yang mungkin tersebut.

Tanda-tanda Penyakit Rhabdomyosarcoma

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa RMS menyerang di beberapa bagian tubuh. Oleh karena itu, ciri-ciri rhabdomyosarcoma berdasarkan perbedaan letak tumbuhnya bibit tumor ganas ini akan mempengaruhi tindakan medis pengobatan rhabdomyosarcoma mana yang tepat sesuai tanda dan gejala yang muncul.

  1. Rhabdomyosarcoma di tenggorokan atau hidung ditandai dengan adanya pendarahan, rasa sakit ketika menelan, hingga gangguan syaraf ketika tumor sudah menjamur ke wilayah otak.
  2. Rhabdomyosarcoma di bagian vagina ditandai dengan munculnya semacam tonjolan pada bukaan vagina, terjadi sakit tulang belakang dan gangguan kencing karena obstruksi pada usus.
  3. Rhabdomyosarcoma otot ditandai dengan adanya benjolan mirip luka cedera dan rasanya nyeri menyakitkan. Rasa sakitnya tidak terus menerus kambuh, namun tumornya tetap berkembang di dalam.

Pengobatan Rhabdomyosarcoma

Untuk pengobatan rhabdomyosarcoma ada tiga macam tindakan tergantung tingkatan stadium dan lokasi dari tumornya setelah didiagnosa oleh dokter ahli. Tiga macam tindakan pengobatan rhabdomyosarcoma tersebut adalah operasi, kemoterapi, dan radioterapi. Untuk tindakan pengobatan operasi dan radioterapi diaplikasikan untuk membersihkan sel tumor di bagian tubuh yang terjangkiti tumor, sedangkan kemoterapi untuk membasmi sel tumor di seluruh tubuh. Selanjutnya, di bawah ini adalah penjelasan lebih lengkapnya:

  1. Operasi atau Pembedahan

Tindakan operasi ini dilakukan dengan mengangkat massa tumor yang ada pada tiap bagian tubuh sehingga akan sebanyak mungkin. Dokter ahli khusus bedah tentu berupaya untuk meminimalisir luka dan bekas proses pengangkatan ketika operasi dilaksanakan. Jika kondisi tumor belum sangat parah, alat gerak tubuh yang terjangkit tumor bisa selamat pasca pengangkatan.

Namun, jika tumor sudah sangat agresif, bisa saja bagian alat gerak tubuh dipotong untuk proses penyelamatan bagian tubuh lain dari tumor. Pasca operasi, pasien harus menghindari tiap pantangan kanker otot.

  1. Kemoterapi

Kemoterapi berarti memakai bahan dan zat-zat kimia dalam proses pengobatannya dalam memusnahkan sel tumor ganas RMS. Kemoterapi umumnya diberlakukan setelah tindakan operasi telah dilaksanakan. Fungsi dari pengobatan kemoterapi yaitu untuk memusnahkan sampai hancur tak tersisa semua sel tumor atau kanker pasca operasi. Proses ini juga sekaligus untuk mematikan bibit sel kanker di daerah tubuh yang lain yang tidak dioperasi.

  1. Radioterapi

Radioterapi disebut juga sebagai terapi radiasi yang berarti pengobatan terapi menggunakan sinar radiasi. Ini adalah pengobatan rhabdomyosarcoma untuk membunuh sel-sel tumor atau kanker yang masih tersisa pasca tindakan operasi. Langkah ini diambil jika terdapat sel tumor ganas yang membandel dan sangat sulit ditangani dan jika tidak segera diupayakan radioterapi makan tumor tersebut membahayakan nyawa pasien.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 13th, February 2019 / 04:14 Oleh :
Kategori : Pengobatan