Sponsors Link

5 Khasiat Teh Hijau untuk Tulang Yang Harus Dicatat!

Sponsors Link

Teh hijau sangat populer fungsinya sebagai bahan makanan dan minuman yang antioksidannya tergolong tinggi. Namun, tahukah Anda bahwa teh hijau ini juga berkhasiat untuk tulang?. Berbagai macam-macam penyakit tulang dapat dipulihkan bahkan dicegah hanya dengan mengkonsumsi teh hijau secara rutin. Berikut ini adalah beberapa khasiat teh hijau untuk tulang yang sebaiknya kita ketahui.

ads
  1. Memperkuat Tulang

Khasiat teh hijau untuk tulang yang pertama dan utama adalah kemampuannya dalam memperkuat tulang. Hal tersebut dikarenakan dalam teh hijau terkandung senyawa epigallocatechin, gallocatechin, dan gallocatechin gallate. Ketiga senyawa tersebut termasuk zat katekin.

Zat katekin sendiri berperan sebagai stimuator aksi enzim dalam pertumbuhan tulang manusia. Jika asupan zat tersebut tinggi, maka mineral dalam tulang akan meningkat sehingga menguatkan tulang dan mengecilkan kemungkinan munculnya kelainan pada tulang.

  1. Meredakan Nyeri Sendi

Nyeri sendi adalah kondisi ngilu, kaku, bahkan membengkak pada bagian persendian. Biasanya disebabkan oleh ciri-ciri dislokasi pada sendi maupun ciri-ciri radang sendi atau sering disebut sebagai arthritis. Nyeri pada sendi ini bisa menyebabkan penderitanya susah bergerak karena nyerinya semakin parah ketika beraktivitas.

Nah, teh hijau sekali lagi mengandung zat epigallocatechin-gallate yang mampu menghentikan proses peradangan sendi. Sehingga, sel-sel di jaringan persendian yang rusak akan diperbaiki oleh senyawa tersebut.

  1. Mencegah dan Mengobati Osteoporosis

Khasiat teh hijau untuk tulang selanjutnya adalah sebagai makanan pencegah osteoporosis. Penelitian di Tiongkok menyatakan bahwa orang yang rajin meminum minimal dua cangkir teh hijau per hari, maka resiko menderita osteoporosisnya turun 37%. hal tersebut dikarenakan terdapat zat flavonoid dalam teh hijau yang mampu menambal pengeroposan tulang dengan cepat sehingga tulang tidak mengikis.

Selain untuk mencegah resiko terjangkit osteoporosis, teh hijau juga bisa menjadi obat karena sifatnya yang memperbaiki tulang dengan menambah kalsium tulang. Penderita kerapuhan tulang bisa melakukan senam untuk penderita osteoporosis sambil rutin minum teh hijau agar proses pemulihan berjalan cepat.

  1. Meringankan Rematik

Rematik merupakan penyakit yang terjadi karena sendi mengalami peradangan. Penyakit ini termasuk sulit disembuhkan karena memang sekali diobati biasanya kambuh lagi. Jika dibiarkan akan mengganggu kinerja organ vital lain semisal jantung.

Nah, khasiat teh hijau untuk tulang sebagai makanan untuk penderita rematik, bekerja dengan zat polifenol yang kadarnya tinggi. Sebagai zat antioksidan, polifenol dalam teh hijau akan mematikan sel-sel jahat yang menyebabkan peradangan. Kandungan epigallocatechin-gallate juga mampu menghambat peradangan pemicu rematik.

  1. Memulihkan Patah Tulang

Kecelakaan terkadang menyebabkan patah pada tulang. Setelah dioperasi, tulang yang patah perlu proses pemulihan. Dalam tahap pemulihan tersebutlah, tulang memerlukan kalsium dan zat katekin dalam jumlah banyak untuk mengembalikan fungsi tulang seperti sedia kala. Teh hijau dengan kandungan senyawa kalsium dan epigallocatechin-gallate jika dikonsumsi ketika masa pemulihan akan mempercepat proses pembentukan tulang.

Setelah mengetahui banyak khasiat teh hijau untuk tulang, ada baiknya jika cara kita mengonsumsi dan mengolahnya juga benar. Inilah tahapan untuk membuat minuman teh hijau:

  1. Ambil sekitar satu sendok teh untuk daun teh hijau yang sudah dikeringkan.
  2. Tempatkan teh tersebut ke dalam saringan kecil.
  3. Di panci terpisah, rebuslah air hingga mendidih atau setidaknya bersuhu 80oC.
  4. Setelah itu, taruhlah saringan kecil di atas cangkir.
  5. Kemudian tuangkan air panas tadi ke cangkir melalui saringan berisi teh hijau.
  6. Rendamlah daun teh dalam saringan kurang lebih dua menit tapi jangan lama-lama agar tidak pahit.
  7. Angkat saringan dan teh Anda siap dinikmati.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Wednesday 13th, February 2019 / 04:19 Oleh :