Sponsors Link

23 Cara Mencegah Osteoporosis Secara Alami Sejak Dini

Sponsors Link

Osteoporosis merupakan satu di antara penyakit sistemik yang menurunkan massa tulang dan juga perubahan mikroarsitektur pada jaringan tulang. Hal ini dapat menyebabkan adanya resiko patah tulang, tulang rapuh, dan rusaknya tulang. Mungkin Anda pernah menjumpai beberapa orang tua yang mulai terkena osteoporosis. Tapi, kini bukan hanya orang tua yang terkena osteoporosis. Bahkan tak terkecuali, anak muda pun juga bisa saja terkena osteoporosis. Maka dari itu, kita perlu mencegah sejak dini terjadinya osteoporosis, selagi kita masih muda.

ads

Osteoporosis menggerogoti tulang lebih cepat dibandingkan dengan perbaikan tulang pada tubuh. Namun, kondisi demikian tanpa kita sadari sama sekali, kita akan sadar ketika kita sudah dewasa nantinya dengan adanya tanda patah tulang dan pengeroposan tulang yang begitu cepat. Apalagi osteoporosis ini juga akan semakin bertambah parah jika mengalami gizi yang buruk, malnutrisi, konsumsi obat yang salah, kurangnya olahraga, dan juga kondisi kesehatan yang tidak terjaga. (Baca juga: Cara Cepat Meninggikan Badan)

Langkah Cara Untuk Mencegah Osteoporosis

Dengan memakan makanan-makanan yang bergizi dan berkalsium memang dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Bahkan pencegahan dini pun juga dapat dilakukan untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Anda tidak ingin kan, keluarga Anda terkena osteoporosis saat tua nanti? Maka dari itu perlu pencegahan sejak dini secara alami untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Berikut adalah 23 cara mencegah osteoporosis secara alami sejak dini:

1. Makanan Bergizi

Asupan gizi seimbang sangat perlu dalam pertumbuhan tulang. Karena, dengan adanya asupan makanan yang bergizi sejak usia dini dapat membantu uproses pertumbuhan tulang dan memberikan daya tahan tulang pada seseorang.

2. Makanan Berkalsium

Seperti yang dijelaskan di atas, kalau kita perlu memakan makanan yang bergizi untuk mencegah osteoporosis. Dalam tubuh kita, secara normal kita membutuhkan kalsium sebesar 1200 sampai 1500 miligram setiap tubuh.

3. Nutrisi yang Tepat

Percuma juga, jika kita memakan makanan yang bergizi, tapi nutrisi dalam tubuh tidak terpenuhi. Tulang pada tubuh kita juga membutuhkan nutrisi yang tepat untuk mencegah terjadinya osteoporosis secara alami. (Baca juga: Macam-Macam Penyakit Tulang)

4. Olahraga teratur

Walapun olahraga bukan jenis dari makanan, namun, olahraga dengan menggerakan tubuh kita, itu adalah hal penting dalam proses pembentukan tulang kita lho. Karena, dengan melakukan olahraga yang teratur, bisa mencegah melemahnya tulang kita. Apalagi kalau olahraga dilakukan setiap paginya, selain kita bisa memperkuat tulang, kita juga mendapatkan sinar matahari yang mengandung vitamin D. hal ini sangat cocok buat kamu yang kerja di gedung dan perkantoran.

5. Menjaga Kesehatan

Walaupun sudah olahraga teratur, percuma kalau kita tidak menjaga kesehatan. Kita perlu menghindari makanan yang bisa mengandung kolestrol. Karena kolestrol bisa memperhambat pertumbuhan tulang.

6. Zat besi

Kita juga perlu makan makanan yang mengandung zat besi. Karena, zat besi dapat memperkuat tulang kita. Sehingga kita bisa mencegah kerapuhan pada tulang kita agar tidak terjadi osteoporosis.

7. Vitamin D

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa tulang kita membutuhkan vitamin D dalam proses pertumbuhannya. Agar tulang kita tidak mudah rapuh dan keropos. Tulang manusia dewasa pada umumnya membutuhkan vitamin sebanyak 400 UI.

8. Diet berlebihan

Jika diet tidak mengandung cukup kalsium, maka tubuh akan mengambil cadangan kalsium dari tulang kita loh. Karena organ tubuh kita juga membutuhkan kalsium selain tulang. Sehingga diet yang berlebihan juga dapat menjadi salah satu alasan terjadinya osteoporosis.

9. Yoghurt, susu skim, keju

Makan makanan yang mengandung protein sangat perlu untuk pertumbuhan dan kepadatan tulang kita. Sehingga makanan berprotein seperti yoghurt, susu skim, dan keju sangat cocok untuk mencegah terjadinya osteoporosis secara alami. Apalagi, makanan-makanan yang mengandung protein dapat memperkuat dan menyehatkan tulang.

10. Kacang-kacangan

Tahu nggak, kalau kacang-kacangan mengandung banyak sekali kandung yang di antaranya kalsium, mangan, magnesium, dan fosfor. Beberapa kandungan tersebut sangat baik untuk memperkuat tulang agar tidak mudah rapuh dan keropos. Contoh kacang-kacangan yang bagus untuk tulang adalah kedelai, lima, dan lentil.

11. Kacang almond & Pistachio

Kacang almond dan pistachio merupakan jenis kacang yang sumber kalsiumnya sangat tinggi. Sehingga, untuk mencegah terjadinya osteoporosis secara alami sejak dini sangat cocok dengan kacang almond dan pistachio.

12. Sayuran

Kembang kol, brokoli, dan bit merupakan jenis sayuran yang sangat recommended untuk dimakan dalam proses pencegahan osteoporosis. Kita harus rutin mengkonsumsi sayur-sayuran untuk pertumbuhan tulang kita agar sangat kuat.

13. Ragi

Tagi sangat baik sekali untuk tulang kita loh. Karena ragi mengandung 330 – 350 mg kalsium per 100gr ragi. Sehingga, ragi merupakan satu di antara makanan bergizi yang cocok dikonsumsi untuk pertumbuhan tulang kita.

14. Kurma

Ternyata, kurma yang manis dan lezat ini bisa membuat tulang kita kuat secara alami. Nah, sangat enak bukan? Sudah makan enak, sehat lagi. Kurma yang mengandung kalsium tinggi ini sangat cocok untuk memperkuat tulang kita.

15. Buah khas Timur

Sumber kalsium dan magnesium untuk kepadatan tulang yang tinggi adalah buah-buahan khas dari Timur. Salah satunya adalah kurma tadi. Nah, mungkin itu sebabnya kenapa unta sangat kuat tulangnya. Hehe…

16. Sinar matahari


Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa sinar matahari mengandung banyak vitamin D. vitamin D dapat membantu tubuh dan tulang dalam menyerap kalsium. Apalagi sinar matahari merupakan sumber yang mudah didapatkan. Cukup bangun pagi dan berjemur di pagi hari kita sudah bisa mendapatkan vitamin D. mungkin ini sebabnya kenapa banyak yang bilang, ‘kita harus bangun pagi, biar dapat banyak rezeki.’ Ya, rezekinya itu ya kesehatan. Tapi ingat, sinar matahari yang bagus itu di pagi hari, bukan siang hari.

17. Buah-buahan

Vitamin C dapat memperkuat tulang. Itu sebabnya buah-buahan juga perlu dalam proses pertumbuhan tulang. Buah yang sangat cocok untuk tulang ini adalah buah pisang dan apel. Karena kedua buah tersebut mengandung magnesium untuk kepadatan tulang kita.

18. Sayuran hijau tua

Untuk melawan osteoporosis, sebenarnya kita cukup makan sayur-sayuran yang berwarna hijau tua. Karena sayuran yang berwarna hijau tua itu mengandung zat besi yang banyak. Zat besi sangat cocok untuk memperkuat tulang dari kerapuhan tulang agar tak terjadi osteoporosis.

19. Jangan bayam

Mungkin kita disarankan untuk makan sayur-sayuran. Namun, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsi bayam. Karena bayam mengandung banyak iksalat yang dapat mencegah penyerapan kalsium.

20. Kedelai

Susu kedelai, tahu, tempe merupakan jenis kedelai yang cocok untuk tulang kita. Apalagi kedelai juga merupakan sumber kalsium yang murah dan mudah didapatkan lagi. Sehingga, bukan alasan lagi kalau kamu tidak bisa membeli kedelai.

21. Telur

Telur merupakan makanan yang mengandung banyak protein dan vitamin D. memang banyak orang yang mengkonsumsi telur sebagai pencegahan osteoporosis secara alami. Hal ini memang sudah banyak terbukti oleh banyak orang yang sudah mencobanya.

22. Omega 3

Makan makanan yang mengandung omega 3 ini dapat membantu untuk mencegah osteoporosis. Karena makanan yang mengandung omega 3 dapat bermanfaat dalam melawan penyakit rematik dan nyeri pada sendi-sendi tulang. Makanan yang mengadung omega 3 adalah biji labu, biji rami, dan minyak ikan.

23. Ikan

Ikan yang bagus untuk pertumbuhan tulang dan pencegahan terjadinya osteoporosis adalah ikan tuna, salmon dan sarden. Ikan-ikan tersebut merupakan makanan yang mengandung banyak kalsium dan mineral lainnya. Sehingga sangat cocok untuk pertumbuhan tulang kita. Bagaimana? Sudah mengetahui kan cara mencegah osteoporosis secara alami sejak dini? Jadi, mulailah untuk mencegah tulang Anda sejak usia dini. Sayangi keluarga Anda. Lebih baik sekarang, daripada terlambat. Jadi, kita tak perlu lagi dengan obat-obatan yang mengandung banyak bahan kimia. Kalaupun itu diperlukan, kita harus sesuai dengan anjuran dokter. Tapi, kalau ada yang alami dan bisa dicegah, kenapa tidak mulai dari sekarang?

Gejala Awal Penyakit Osteoporosis

Setelah kita mengetahui cara mencegah terjadinya osteoporosis. Nah sekarang saatnya kita menegtahui bagaimana gejala dari osteoporosis. Berdasarkan penelitian pada tahun 2006 di Indonesia, dikatakan bahwa 53% wanita berumur 50-80 tahun rentan terkena osteoporosis. Walaupun osteoporosis rentan menyerang wanita yang menuju masa menopause. Osteoporosis juga bisa menyerang pria, anak-anak dan remaja. (Baca juga: Macam Macam Penyakit Tulang)

Penyebab utama dari osteoporosis umumnya karena kurangnya mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium. Nah itu penyebab nya secara garis besarnya saja. Di sini kita akan mencoba membahas 15 penyebab terjadinya penyakit osteoporosis. Memang, kurangnya mengkonsumsi makan-makanan yang mengandung kalsium bisa menyebabkan terjadinya osteoporosis dengan cepat. Tapi , apakah kalian tahu penyebab lainnya? (Baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium)

Nah maka dari itu kita mulai dengan gejala terjadinya osteoporosis, baca dengan baik, siapa tahu kita, teman kita, atau keluarga kita sedang mengalami gejala-gejala ini. Tahukah kalian, ada bagian–bagian tubuh yang rentan terserang osteoporosis. Pergelangan tangan, pinggul, serta tulang belakang adalah bagian tubuh yang mudah terserang osteoporosis. Nah setelah kita tahu itu, maka kita harus mewaspadai terjadinya osteoporosis pada diri kita. mari kita lihat yuk. Di antara gejalanya adalah:

1. Nyeri Punggung

Apabila telah terjadi nyeri punggung berarti itu akibat dari fraktur vertebrae. Dan apabila seseorang telah merasakan nyeri punggung, itu artinya ia memiliki resiko terkena osteoporosis.

2. Melemahnya Tulang

Dengan bertambahnya usia setiap harinya. Tulang pun mulai melemah sesuai dengan usia kita. Seperti ketika muda, kita akan sangat cepat berlari, menaiki tangga, bisa melompat jauh, dll. Namun di kala usia kita sudah mulai memasuki 40 tahun. Maka akan terasa berbeda, tidak secepat lari di kala muda. Itulah tanda dari tulang kita mulai melemah. Dan salah satu gejala osteoporosis itu adalah melemahnya tulang.

3. Menurunnya Tinggi Badan

Gejala dari osteoporosis yaitu mulai menurunnya tinggi badan. Dikarenakan postur tubuh yang mulai membungkuk. Yang mengakibatkan penurunan tinggi badan bisa sampai 3 atau 5 cm. Penyebabnya bisa karena adanya fraktur pada vertebrae.

4. Kerapuhan Pada Tulang

Cara mencegah osteoporosis dan walaupun tulang kita tidak pernah mengalami patah sebelumnya. Tapi, bukan berarti kerapuhan pada tulang tidak dapat menyerang kita. Kerapuhan bisa menyerang karena keadaan tulang yang semakin rapuh.

5. Membungkuk

Faktor dari kompressi atau terjadinya kolaps bisa mengakibatkan keadaan menjadi osteoporosis. Kejadian ini menjadikan tubuh kita menjadi bungkuk dan semakin tua semakin membungkuk.

6. Perut yang Membuncit

Akibat dari postur tulang belakang yang berbentuk kurva. Maka menjadikan organ tubuh yang di depan menjadi lebih maju. Yaitu bagian perut, makanya seseorang yang mengalami osteoporosis akan mengalami perut yang membuncit.

Setiap gejala pasti ada karena penyebab. Begitu pula dengan gejala dari osteoporosis. Beberapa penyebab dari osteoporosis :

1. Hormon

Hormon Estrogen pada wanita sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan dari tulang. Namun apabila telah menopause yang terjadi adalah terjadinya penurunan hormon estrogen pada tubuh wanita. Sehingga terjadilah penurunan kesehatan tulang yang menyebabkan wanita terkena osteoporosis. Penyebab osteoporosis juga dikarenakan hormon testosteron. Hormon ini ada pada laki-laki, fungsi hormon testosteron hampir sama dengan hormon estrogen. Yang berguna untuk menjaga kepadatan tulang.

2. Akibat sering mengkonsumsi obat-obatan

Osteoporosis tidak hanya menyerang yang tua, yang muda juga bisa. Jadi, jangan lupa untuk terus berusaha terhindar dari osteoporosis. Sering nya mengkonsumsi obat-obatan dapat menyebabkan diri kita terserang osteoporosis. Seperti obat-obatan steroid selama kurang lebih tiga bulan.

3. Ketidakmampuan usus menyerap nutrisi di dalam makanan

Walaupun pria terus memproduksi hormon testosteron, tapi pria juga berisiko untuk terserang osteoporosis. Jadi bukan hanya wanita yang terserang osteoporosis, pria juga berisiko loh. Nah, ketika usus tidak mampu menyerap nutrisi dengan baik, bisa menjadi salah satu penyebab dari osteoporosis, seperti penyakit Crohn.

4. Kurang nya berolahraga

Kurang nya atau malas nya kita dalam berolahraga bisa membuat kita lupa, bahwa kemampuan tulang kita pun menjadi lemah atau menurun, apalagi jika kurang berolahraga dalam waktu yang lama. Padahal olahraga itu sangat baik bagi kesehatan. Waktu yang paling baik untuk berolahraga adalah pagi hari. Karena kita akan mendapatkan vitamin D dari sinar matahari pagi. Apalagi untuk yang jarang terkena sinar matahari. Nih cocok banget harus di coba.

5. Kebiasaan merokok

Kebiasaan merokok biasanya terjadi pada pria yang merupakan pecandu rokok. Kandungan di dalam rokok yang bisa menyebabkan mudah nya kita mengalami osteoporosis. Bukan hanya osteoporosis, dampak negatif dari rokok sangatlah banyak. Seperti yang tertera di label nya “Merokok dapat menyebabkan kanker, sakit jantung , kanker paru-paru  dan lain nya”. Dan ingatlah slogan “ Rokok membunuhmu”. Gimana kalau sudah kecanduan rokok? Bisa diberhentikan kok. Asal niat kamu itu benar-benar bulat. Jangan sampai salah niat teman-teman.

6. Obat-obat yang sering dikonsumsi yang berdampak pada kadar hormon


Contohnya obat-obatan yang digunakan untuk pengobatan kanker, akan berdampak pada kadar hormon. Mengapa hormon? Seperti yang dibahas di atas ,bahwa hormon sangat berpengaruh. Pada wanita yaitu hormon estrogen, dan pada pria hormon testosteron. Baca lagi ke atas jika lupa apa itu hormon estrogen dan hormon testosteron.

7. Kekurangan mengkonsumsi makanan yang berkalsium

Yap, kekurangan mengkonsumsi makanan yang berkalsium bisa menjadi salah satu penyebab dari osteoporosis. Seperti yang telah dijelaskan bahwa tubuh kita membutuhkan sekitar 1200 sampai 1500 mili gram  kalsium untuk tubuh kita. Apa kalian tahu sumber makanan yang berkalsium itu apa saja. Yaitu adalah susu kedelai, tahu dan tempe. Mereka adalah jenis kedelai yang sangat cocok untuk menjaga kepadatan tulang kita nih temen-temen.

8. Sering meminum minuman keras

Minum minuman keras tidak baik untuk kesehatan, karena itu jauhi atau hentikan meminumnya. Bukan hanya menyebabkan terjadinya osteoporosis, tapi juga bisa menyebabkan kematian. Ingat kasus yang banyak terjadi di kalangan masyarakat, bahwa banyak sekali kejadian meninggalnya seseorang atau sekelompok orang setelah berpesta minum-minuman keras. Tinggalkanlah segala sesuatu yang tidak menghasilkan manfaat bagi kita .

9. Siklus Menstruasi

Bagi wanita, yaitu pernah tidak mengalami siklus menstruasi dalam waktu lama sekitar enam bulan. Maka dari itu, bagi yang sering mengalami telat siklus menstruasinya. Segeralah rujuk ke dokter, tanyakan apa penyebabnya. Jangan dibiarkan sampai berlama-lama.

10. Menurunnya kepadatan tulang seiring dengan usia yang terus bertambah

Telah dikatakan sebelumnya, bahwa seiring usia yang terus bertambah. Maka kepadatan tulang kita semakin menurun. Seperti contoh nya ketika muda kita bisa joging hingga berkilo-kilo meter, namun setelah tua kita akan sulit sekali ingin berlari. Jadi banyak-banyak lah berupaya olahraga yang teratur ya teman-teman.

11. Kurangnya Asupan zat besi

Kurangnya mengkonsumsi atau asupan zat besi pada tubuh menyebabkan terjadinya hal ini, yaitu osteoporosis. Karena zat besi sangat penting untuk kesehatan tulang kita.

12. Kurangnya Makanan yang Mengandung Protein

Makanan yang mengandung protein amatlah penting bagi tubuh dan tulang kita. Contoh makanan yang berprotein yaitu yoghurt, susu, keju. Ketiga makanan ini snagat cocok untuk mencegah terjadinya osteoporosis. Konsumsi nya jangan terlalu berlebihan yang girls. Karena segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik. okeee

13. Kurang Mengkonsumsi Sayuran

Ayo bagi yang tidak suka sayur. Padahal sayur banyak manfaatnya bagi tubuh, daripada mengkonsumsi makanan cepat saji. Lebih murah dan lebih sehat adalah sayuran. Apakah kalian tahu sayuran apa yang bisa mencegah kita dari osteoporosis? Nih dia, Kembang kol dan brokoli. Sangat cocok untuk pencegahan dari terserangnya osteoporosis. Mulai sekarang biasakan makan sayur ya guys, sayur itu enak dan sehat. Tahu kartun popeye kan? Dia aja suka makan sayur, yap bayam. Enak banget Guys. Walaupun begitu, jangan terlalu banyak makan bayam kayak popeye ya temen-temen. Mengapa? Ya, karena pada bayam terdapat iksalat yang dapat mencegah penyerapan kalsium dalam tubuh. Oohhh jadi gitu ya? Iya temen-temen.

14. Kurang mengkonsumsi buah-buahan

Sudah gak suka sayur, gak suka buah pula. Makanlah buah-buahan karena terdapat banyak sumber vitamin didalamnya. Contohnya vitamin C yang sangat baik bagi tulang. Ada loh buah yang cocok untuk mencegah penyebab terjadinya osteoporosis, yaitu adalah pisang. Siapa suka pisang? pasti seneng banget deh. Karena di dalam pisang terdapat magnesium yang baik untuk kepadatan pada tulang. Pisang itu loh yang luar kuning dalam nya putih.

15. Sering Diet

What Gendut? Itu kalo cewek-cewek udah dibilang gendut, pasti besoknya langsung diet. But Girls, apakah kalian tahu apa akibat dari diet yang tidak dibenarkan. Ketika kalian sedang melakukan diet, dan  tubuh kalian kekurangan kalsium. Maka yang terjadi adalah tubuh kalian akan mengambil kalsium yang terdapat pada tulang. Dan menyebabkan tulang kalian kehilangan kepadatan nya. Hello girls , gendut itu gak masalah. Cuma masalahnya kalau lagi mau beli baju aja, nggak ada ukuran yang pas heheheh. Oke-oke tips diet yang baik itu adalah puasa teman-teman. Puasa itu snagat baik bagi kesehatan, dapat pahala dan dapet berat badan yang ideal.

Bagaimana teman-teman? Sudah mengerti kah tentang osteoporosis? Tentu saja sudah mengerti bukan? Ayo jaga kesehatan selagi muda, dan juga teruslah hidup sehat bagi yang sudah tak lagi muda. Jangan malas, karena malas itu menjerumuskan kita ya teman-teman. Itulah 15 penyebab yang akan menimbulkan osteoporosis. Maka dari itu hindarilah penyebab-penyebab diatas agar kita tidak begitu cepat terserang osteoporosis. Seringlah berolahraga, mengkonsumsi makanan yang sehat. Semoga bermanfaat

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Wednesday 26th, July 2017 / 09:00 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang