Sponsors Link

Inilah 3 Cara Mencegah Penyakit ALS yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

ALS (Amyotrophic Lateral Sclerosis) merupakan suatu penyakit yang menyerang sel syaraf motorik manusia. Syaraf motorik ini adalah syaraf yang mengirimkan sinyal ke otak dalam mengatur otot manusia untuk melakukan gerakan. Sehingga otot akan kehilangan kendali atas ototm yang kemudian dapat menyebabkan otot mengecil seperti ciri-ciri atrofi otot, yang perlahan-lahan dapat mengakibatkan kelumpuhan pada penderitanya. ALS bukanlah penyakit yang menular, namun bisa menyerang siapa saja dan bisa dilakukan cara mencegah penyakit ALS pada orang yang sehat.

ads

Penyakit ALS atau juga bisa disebut dengan penyakit Lou Gherig ini menyerang syaraf motorik manusia. baik syaraf di bagian otak maupun sumsum tulang belakang. Sehingga salah satu tes untuk mendiagnosis penyakit ALS dapat melalui pungsi lumbal dengan mengambil cairan dari kerusakan sumsum tulang belakang. Gejala awal penyakit ALS pada umumnya terjadi penurunan fungsi pada otot salah satu anggota gerak, baru menyebar ke otot lain jika tidak dilakukan pengobatan atau terapi sebagai cara mencegah penyakit ALS untuk memperlambat kerusakan otot penderita. Contohnya penderita mengalami gejala awal pada otot tangan yang melemah dan membuatnya kesusahan untuk menggunakan tangan seperti memegang benda, lama-lama bisa menyebabkan tangan kaku tidak bisa digerakkan, kelainan pada tulang bahkan lumpuh. Saat mengalami gejala awal itulah saat yang tepat untuk memeriksakan diri ke dokter, agar penanganan dapat dilakukan secepat mungkin.

Sebanyak kurang lebih 10% orang yang menderita ALS karena faktor genetik, dari orang tua mereka yang juga menderita ALS. Namun sebagian besar ahli menyatakan bahwa seseorang terserang ALS karena memiliki sistem imun yang mengalami gangguan. Hal ini terjadi ketika sistem imun seseorang yang lemah mudah terserang ALS, yang kemudian menyebabkan sistem imun tersebut terganggu dan menyerang sistem lain di dalam tubuh. Di bawah ini merupakan beberapa cara mencegah penyakit ALS yang bisa dilakukan:

1. Berolahraga secara teratur

Olahraga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun, baik bagi orang yang sehat maupun bagi orang yang menderita ALS namun masih bisa bergerak. Dengan berolahraga seperti macam olahraga skoliosis dapat membuat aliran darah dalam tubuh menjadi lancar dan melancarkan kerja kelenjar di dalam tubuh. Berolahraga dapat melatih otot, mencegah datangnya penyakit ortopedi dan untuk penderita gejala awal dapat memperlambat keparahan ALS dalam menyerang syaraf di tubuh. Sehingga berolahraga sangat disarankan untuk penderita ALS yang masih dalam tahap awal, maupun orang yang sehat.

2. Menghindari stress

Ketika seseorang mengalami stress, tubuh akan merespon dengan mengeluarkan hormon yang tidak hanya mempengaruhi emosi seseorang namun juga menyebabkan reaksi pada tubuh. Hormon penyebab stress ini dapat mengganggu keseimbangan hormon lain di tubuh, sehingga dapat membuat keseimbangan tubuh seseorang menjadi terganggu dan dapat memudahkan terserang penyakit.

3. Mengkonsumsi buah-buahan berwarna terang

Mengkonsumsi buah berwarna-warni merupakan salah satu cara mencegah penyakit ALS. Buah-buahan berwarna terang seperti tomat atau wortel, mengandung antioksidan yang dapat mencegah terserang penyakit genetik. Selain itu kandungan lain seperti beta karoten dan lutein berfungsi untuk meminimalisir risiko terkena penyakit syaraf. Kandungan lain seperti vitamin A, C dan lainnya juga dapat menguatkan sistem imun, melemaskan otot kaku seperti macam penyebab spasme otot dan mencegah terserang ALS.

Selain beberapa pola hidup sehat di atas juga harus diimbangi dengan istirahat yang cukup. Demikian ulasan mengenai cara mencegah penyakit ALS, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 17th, August 2018 / 03:51 Oleh :
Kategori : Pencegahan