Sponsors Link

8 Macam Olahraga Skoliosis yang Paling Tepat Untuk Pencegahan dan Pengobatan

Sponsors Link

Anda tentu pernah mendengar Skoliosis bukan? Pastinya bagi beberapa orang mempertanyakan terkait hal ini. Skoliosis merupakan sebuah penyakit tulang yang terjadi akibat dari kelainan pada tulang tubuh hingga menyebabkan suatu lekukan abnormal. Dibutuhkan sekali Olahraga Skoliosis untuk menjadi salah satu terapi yang aman. Dilihat dari penyebabnya, skoliosis terjadi karena beberapa faktor yakni meliputi keturunan, kecelakaan, cidera.

ads

Orang normal yang berolahraga keras namun pada taraf wajar tidak memungkinkan akan terkena skoliosis. Tetapi sebaliknya, jika pada seseorang yang sudah mempunyai riwayat dari keturunannya maka olahraga dalam porsi maksimal justru memicu besarnya peluang skoliosis. Bisa di artikan bahwa untuk menanggapi gejala atau penyakit ini gampang-gampang susah. Oleh karena itu, lakukan Olahraga Skoliosis yang ideal saja, tidak kurang dan tidak lebih.

Aktifitas yang mampu menunjang kesembuhan penyakit ini adalah latihan simetris seperti melatih trisep dan bisep secara berimbang. Dengan melakukan latihan ini maka tidak akan menyebabkan terjadinya penumpukan beban pada satu sisi tertentu. Umumnya seseorang yang terserang penyakit skoliosis, hal pertama yang di lakukan adalah melakukan pemeriksaan pada pihak medis. Dalam kasus ini, dokter sangat paham betul sebagai tenaga profesional tentang penyakit ini.

Dokter akan melakukan pemerikasaan detail terhadap kondisi penderita tersebut, sudah seberapa jauh penyakit ini berkembang. Kemudian, dokter paham tentang apa yang harus dilakukan untuk mencegah atau menyembuhkannya. Jika kebanyakan dokter menyarankan untuk melakukan operasi, itu adalah suatu hal yang sangat wajar. Hubungan skoliosis dan operasi sangat berkaitan, dimana tulang yang bengkok bisa saja di kembalikan dengan langkah operasi. Akan tetapi, jika latihan fisik mampu menyembuhkan skoliosis, mengapa anda harus memilih jalan yang lebih repot?

Olahraga Skoliosis sama dengan terapi kesehatan yang bisa di lakukan secara bertahap. Mungkin cara ini tidak secepat operasi, namun dengan melakukan olahraga anda sudah mengambil pengobatan yang fleksibel dengan tingkat resiko kecil. Berikut ini kami sampaikan beberapa latihan olahraga bagi penderita skoliosis.

  1. Berenang

Berenang sudah menjadi salah satu kegiatan yang mampu menunjang kebugaran tubuh. Disisi lain, renang adalah cara yang banyak di pakai seseorang bila mana mereka menginginkan tubuh tinggi dan ideal karena olahraga ini merupakan salah satu cara cepat meninggikan badan yang paling terasa khasiatnya. Ternyata, penderita skoliosis juga bisa memanfaatkan renang sebagai langkah penyembuhan. Minimal bahwa berenang bisa mengurangi rasa nyeri atau sakit yang bisa saja timbul kapan saja. Memang perlu di ingat kembali bahwa seseorang dengan skoliosis mempunyai tubuh yang tidak seimbang, sebagian tubuh normal dan satu lainnya melemah.

Pada saat berenang, otot menjadi lebih kuat lantaran gerakan yang di lakukan. Otot yang tadinya lemah akan kokoh dan yang kuat akan semakin sempurna. Bisa di bilang ini memang tidak menyembuhkan tetapi mengurangi rasa sakit. Selain bisa digunakan sebagai penyembuhan skoliosis, berenang merupakan metode paling tepat untuk dilakukan dalam cara menguatkan tulang kaki.

  1. Back Up

Selain berenang, back up juga menjadi cara lain yang bisa di andalkan untuk penderita skoliosis. Caranya adalah berbaring menghadap tanah yang kemudian tangan serta kaki di angkat seperti melakukan sit up, hanya saja terbalik. Lalu latihan gerakan cobra, yaitu berbaring menghadap lantai, kemudian tangan di gunakan sebagai pijakan untuk mengangkat kepala dan bahu. Gerakan sphinx atau berbaring menghadap tanah lalu bertumpu pada lengan sampai siku untuk mengangkat kepala dan juga bahu.

Selanjutnya yakni gerakan airplane atau semacam melakukan push up pada wanita. Pada gerakan ini anda perlu merentangkan kaki ke belakang dan tangan ke depan, lalu tarik sampai agak terasa pada punggung.

Sponsors Link

  1. Latihan Inti Gerak

Latihan inti dapat anda temukan pada gerakan fisik saat melakukan senam. Olahraga ini terbilang ringan, karena tubuh akan di dorong melakukan gerakan minimal dengan otot. Berbeda dengan gerakan yang sudah di sebutkan di atas, yang mana otot benar-benar di paksa gerak untuk jadi lentur, meskipun tidak ada salahnya juga. Tetapi kalau senam adalah latihan inti gerak yang lebih mudah tentu saja anda lebih cepat menemukan alternatif pilihan demi kesembuhan skoliosis.

Gerakan ini sangat efektif dilakukan selama 30 menit. Tetapi perlu anda garis bawahi, gerakan ini harus benar-benar dilakukan dengan langkah yang sesuai dan tepat. Untuk mencari berbagai olahraga yang tepat untuk mengatasi tulang belakang bengkok, Anda bisa mengetahui pembahasan lengkap mengenai rekomendasi olahraga untuk meluruskan tulang belakang.

ads
  1. Latihan Yoga

Kebanyakan dari anda mungkin sudah mengenal apa itu Yoga. Gerakan ini merupakan salah satu teknik terapi fisik yang memanfaatkan semua organ tubuh untuk melatih melemaskan otot. Seperti yang anda ketahui pada umumnya, gerakan yoga selalu identik dengan tingkah unik. Inilah yang menjadi ciri khas olahraga fisik yang satu ini di bandingkan dengan olahraga fisik lainnya.

Yoga sangat penting dan di butuhkan sekali untuk mendapatkan hasil otot yang lentur, terutama bagi orang yang menderita skoliosis. Fungsi yoga untuk penderita ini adalah untuk sedikit memulihkan kondisi agar lebih ringan. Jika Anda melakukannya secara teratur, maka mobilitas yang bakal anda capai semakin lebih besar di seluruh tulang terkhusus bagian belakang.

Pada awal melakukan yoga memang sedikit sakit, pasalnya teknik yang di tuangkan memang harus maksimal memanfaatkan semua tenaga otot. Akan tetapi jika anda melakukannya secara rutin semua justru semakin enak dan nyaman, sehingga akan terbiasa. Lalu bagaimana kinerja yoga pada skoliosis? Setelah melakukan pose gaya khusus, ruas tulang belakang yang berdekatan dan bengkok dapat kembali renggang dan perlahan di sesuaikan kedalam bentuk vertikal seperti semula karena gerakan ini juga merupakan salah satu cara meluruskan tulang belakang dengan cepat.

  1. Bersepeda

Olahraga Skoliosis lainnya bisa di lakukan dengan sepeda. Bersepeda bukan hanya mencari keringat atau di anggap sepele mencari lelah. Umumnya juga tidak jarang orang menyebut bahwa bersepeda hanyalah olahraga kecil yang tidak memberikan manfaat lebih. Jangan salah, karena penderita skoliosis bisa meringankan bebannya dengan olahraga ini.

Pasalnya bersepeda menyimpan berbagai efek positif yang khususnya untuk kepadatan dan kekuatan tulang. Sehingga kerangka tulang akan menguat secara otomatis. Disisi lain menguatkan otot, olahraga bersepeda juga mampu melindungi sistem kerangka pada tubuh. Cara ini terbilang cepat membentuk tulang belakang kembali normal, serta dengan langkah ini tulang belakang terlindungi oleh stres eksternal yang dapat membantu mengurangi sakit yang kemungkinan ditimbulkan pada punggung. Dengan menerapkan metode ini, Anda juga bisa mencegah tulang rapuh karena Bersepeda merupakan olahraga untuk pengapuran tulang yang paling cocok.

  1. Strengthening Trunk

Strengthening Trunk merupakan salah satu jenis olahraga fisik dari sekian banyak latihan. Strengthening Trunk disebut juga dengan senam, yang dipercaya dapat mengaktifkan otot-otot tulang belakang dan juga dapat memperbaiki tulang belakang sakit atau tidak lurus menjadi lebih baik lagi. Cara untuk melakukannya yakni ambil posisi telungkup di atas matras lalu diikuti tangan serta kepala. Pada tahap ini, saat anda mengangkat kepala usahakan hanya perut yang menempel pada matras. Cobalah untuk tahan hingga 10 hitungan lalu ulangi sebanyak minimal 5 kali.

  1. Streching Thoraxal

Stretching Thoraxal adalah gerakan fisik yang bisa di manfaatkan sebagai latihan penyakit skoliosis. Gerakan olahraga ini terbilang efektif untuk mengobati pembengkokan tulang belakang pada thoraxal atau bagian atas. Langkahnya adalah dengan posisi berdiri tegak, lalu buka kaki selebar bahu yang kemudian dilanjutkan dengan menekuk siku dan meletakkan tepat pada dada samping. Sementara tangan yang lain diangkat di atas kepala. Liukkan badan anda ke samping atau arah tangan yang ditekuk tersebut. Tahan sampai 10 hitungan dan ulangi minimal sebanyak 5 kali.

Sponsors Link

  1. Fleksibilitas Punggung

Gerakan yang bisa anda gunakan untuk mengurangi perkembangan skoliosis adalah fleksibilitas punggung. Cara dari teknik ini terdapat empat gerakan ter berpacu pada punggung. Gerakan ini dilakukan dengan rileks yang membungkukkan badan ke depan, belakang, samping kanan dan kiri. Sedangkan tangan secara seksama akan mengikuti arah badan ditekuk. Apabila ke samping, maka tangan diangkat dan diletakkan di atas kepala, sedangkan tangan yang lainnya bebas. Tahan setiap pose selama kurang lebih 10 detik dan kemudian ulangi minimal sebanyak 5 kali. Perlu Anda ketahui juga bahwa fleksibilitas punggung ini juga merupakan salah satu cara pengobatan skoliosis berat tanpa operasi paling ampuh.

Inilah beberapa Olahraga Skoliosis yang minimal mampu meringankan sakit pada tulang belakang. Olahraga adalah cara yang paling fleksibel dan aman. Selain itu cara ini bisa di lakukan kapan saja dan dimana saja. Skoliosis yang berkepanjangan di biarkan akan semakin parah, sehingga anda tentu akan kesulitan menyembuhkannya.

Jika tidak sekarang, so kapan lagi? Apabila anda mempunyai penyakit ini, sebaiknya terapkan beberapa olahraga di atas. Semoga dapat membantu dan berhasil.

Sponsors Link
,
Post Date: Wednesday 11th, April 2018 / 13:32 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup