Sponsors Link

6 Penyembuhan Tendon Putus yang Aman dan Ampuh

Sponsors Link

Setiap orang pasti mempunyai masalah pada kesehatan, entah secara kebetulan atau memang sudah menjadi riwayat. Kondisi kesehatan bisa karena yang menyebabkan diri sendiri seperti kecelakaan berkendara akibat laju yang di jalankan terlalu kencang dan tanpa konsentrasi, sehingga terjatuh dan mengalami luka-luka entah berat atau ringan. Sedangkan kondisi lain yang tidak di sadari yakni seperti penyakit, bisa karena sudah riwayat atau keturunan dan faktor lainnya. Masalah yang umum di perbincangkan adalah tentang tendon, yang mana banyak di pertanyakan tentang bagaimana cara Penyembuhan Tendon Putus.

ads

Tentu saja anda pernah juga merisaukan hal ini, meskipun anda pernah mengalami ciri ciri otot tendon putus atau belum namun sebagai pengetahuan hal ini sangat penting di pahami. Tendon atau juga disebut dengan sinew, atau nama lainnya yakni urat merupakan sekumpulan jaringan ikat berserat kuat yang menghubungkan jaringan otot dengan tulang pada tubuh. Jaringan ini cukup kuat guna menahan tegangan. Jaringan tendon sangat mirip sekali dengan ligamen dan fascia, yang mana ketiganya terbuat dari kolagen. Ligamen fungsinya menghubungkan tulang dengan tulang lain, dan fasciae menghubungkan otot dengan otot. Tendon dan otot akan bekerja sama untuk menggerakkan kerangka tubuh manusia.

Artinya tanpa tendon manusia bukan apa-apa, mengingat bahwa tendon atau urat juga menjadi komponen penting pembentuk tubuh. Sedangkan tendon sendiri berfungsi sebagai sambungan antara otot dan juga tulang. Ketika tendon telah mengalami cidera atau putus maka tulang yang dipersambungkan oleh tendon tersebut tidak bisa lagi digerakkan. Jadi, mengetahui tentang Penyembuhan Tendon Putus sangatlah penting. Sebelumnya, berikut akan di sampaikan mengenai beberapa hal yang menjadi gejala dari tendon putus serta beberapa hal lain.

Gejala Tendon Putus

  • Luka Terbuka – Terdapat luka terbuka, terlihat sekali bagian dalamnya.
  • Sulit Melipat – Ketidakmampuan penderita untuk menekuk satu / lebih sendi jari tangan atau lainnya.
  • Nyeri – Timbul rasa nyeri pada bagian yang terserang.
  • Mati Rasa – Mengalami mati rasa, baik di sentuh atau di pegang tidak akan terasa sama sekali.

Penyembuhan Tendon Putus sebenarnya tidak akan terjadi jika ujung-ujung yang putus tidak bersentuhan atau ruptur komplit. Pada kebanyakan kasus yang telah terjadi, tendon yang robek atau putus harus diperbaiki terlebih dahulu oleh seorang dokter dan diperlukan suatu prosedur operasi atau langkah yang lainnya.

Pada kesempatan ini akan di sampaikan mengenai apa saja cara atau langkah sebagai penyembuhan dari tendon yang telah putus. Namun sebelumnya anda harus mengetahui apa yang menjadi penyebabnya. Adapun pemicu umumnya merupakan bagian dari kecelakaan, entah dalam berkendara atau sedang mempergunakan pisau dan melukai.

Tetapi yang pasti, tendon putus tidak terjadi begitu saja atau karena keturunan. Ini adalah kondisi yang terjadi akibat penyebab. Jika menemukan tanda-tanda seperti yang di sebutkan di atas, lakukan hal-hal berikut:

  1. Periksa ke Dokter

Melakukan pemeriksaan ke dokter untuk melihat perkembangan kondisi yang mengindikasikan tendon putus. Ini merupakan langkah awal terhadap berbagai macam penyakit yang cukup parah, contohnya saja yakni seperti cedera tulang rusuk, TBC Tulang, tulang ekor bergeser, patah tulang lutut, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Melakukan Rontgen

Kemudian kalau memang Dokter sudah tidak cukup untuk mengatasi dan memberikan obat jalan, maka akan dirujuk ke kerumah sakit untuk melakukan rontgen terhadap kondisi anda. Biasanya ini menjadi bagian dari anda melakukan pemeriksaan. Hal ini untuk mengetahui luka di dalam, selain tendon putus kejadian lain yang bisa dianalisa dengan rontgen salah satunya yakni tulang ekor memar.

Dari dua hal yang harus anda lakukan di atas, biasanya akan di temukan bentuk Penyembuhan Tendon Putus sebagai berikut:


  1. Pemberian Obat

Mengkonsumsi obat yang telah di resepkan dokter untuk penggunaan yang biasanya sehari 3x guna meringankan kondisi nyeri. Jika Anda hanya mengalami peradangan, tidak perlu ke dokter melainkan bisa menggunakan obat tradisional radang tendon ini saja.

  1. Pemasangan Gips

Pemasangan gips dilakukan ketika tendon putus telah parah. Tujuan gips ini guna membentuk kondisi lebih baik.

  1. Terapi Fisik

Melakukan terapi fisik untuk membentuk kondisi baik dan perlahan bisa memulih. Terapi ini biasanya akan di pandu oleh dokter. Pengobatan ini serupa dengan terapi rheumatoid arthritis.

  1. Operasi

Langkah bedah akan di tindak lanjuti ketika beberapa cara lain tidak lagi berfungsi. Operasi tersebut biasanya memang harus dilakukan dalam waktu 7-10 hari setelah cedera terjadi. Setelah operasi, pemulihan dapat memakan waktu cukup lama yakni hingga 2 bulan sebelum bagian yang terserang  memiliki kekuatan cukup untuk digunakan tanpa pelindung / gips.

Selain memerlukan pemulihan lama, biaya yang di keluarkan juga sangat besar. Apabila otot tendon yang putus hanya sebagian maka penelitian terbaru mengatakan operasi dapat tidak dilakukan untuk hasil yang lebih bagus lagi.

Mengenai tendon yang putus, penyembuhan memang harus segera di lakukan seketika mengetahui gejalanya. Sehingga kondisi tidak sampai berlangsung lama atau makin tambah parah. Disamping penyembuhan medis, anda juga harus melakukan penyembuhan dirumah seperti berikut:

  • Banyak melakukan istirahat
  • Rutin mengkonsumsi obat anti nyeri dari dokter
  • Mengkonsumsi vitamin

Demikian beberapa cara untuk menyembuhkan tendon yang putus, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 12th, December 2018 / 11:28 Oleh :
Kategori : Pengobatan