Sponsors Link

8 Makanan yang Menghasilkan Pelumas Sendi Tulang Paling Berkhasiat

Sponsors Link

Makanan adalah salah satu sumber energi tubuh yang harus di suplai setiap hari. Tanpanya, tidak ada tenaga kuat untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Banyak sekali kasiat di dalam makanan yang tergantung dari apa yang anda makan. Namun tahukah Anda kalau ada beberapa makanan yang menghasilkan Pelumas Sendi Tulang? Dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan tersebut nantinya kesehatan sendi tulang Anda akan lebih terjaga dan terbebas dari berbagai macam penyakit.

ads

Pada tiap sendi tubuh manusia terdapat cairan pelumas ataupun cairan lengket yang berfungsi melindungi otot serta sendi. Cairan pelumas tersebut disebut dengan cairan sinovial. Bagi sendi cairan pelumas tersebut berfungsi sebagai penggerak serta untuk memastikan bahwa tidak terjadinya gesekan antar tulang dapat menimbulkan rasa nyeri serta linu ketika bergerak.

Pertambahan usia yang kian lanjut, dapat menimbulkan penurunan pada kemampuan tubuh yang mana menyebabkan rasa nyeri pada persendian, terutama pada lutut. Umumnya nyeri sendi kerap kali dirasakan oleh seseorang yang memiliki usia lebih dari 30 tahun, jika sudah begitu penderita wajib menghindari 5 pantangan nyeri sendi lutut berikut, meski tidak terjadi pada bagian tersebut Anda dianjurkan tetap menghindarinya karena kurang lebih jenisnya sama.

Jika terjadi demikian, maka dapat menimbulkan penurunan pada tulang, seperti kalsium dan cairan pelumas. Ketika cairan tersebut mengalami penurunan maka fungsinya juga tidak bisa lagi bekerja dengan baik, sehingga akan menimbulkan rasa sakit serta pembengkakan.

Agar pelumas sendi dapat berfungsi secara semestinya, maka ada baiknya memulai pola hidup sehat. Salah satu pola hidup sehat, dapat dimulai dengan menjaga pola makanan. Selain berperan terhadap peningkatan energi, makanan juga dapat memberikan tambahan bagi cairan pelumas untuk sendi.

Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang menghasilkan Pelumas Sendi Tulang yang dapat anda coba:

  1. Pepaya

Pepaya merupakan buah tropis yang memiliki banyak kandungan vitamin C serta kaya akan nutrisi. Adapun sumber nutrisi yang di maksud adalah seperti beta karoten yang dapat berfungsi sebagai anti oksidan yang berguna dalam menjaga kesehatan persendian.

Nah, artinya pepaya menjadi salah satu jenis makanan yang menghasilkan Pelumas Sendi Tulang di dalam tubuh. Tidak hanya itu saja, buah satu ini juga memiliki banyak khasiat sehingga termasuk ke dalam salah satu dari makanan untuk penderita rematik, makanan untuk penderita pengapuran tulang, buah-buahan pencegah osteoporosis, dan masih banyak lagi yang lain.

  1. Apel

Makanan kedua setelah pepaya adalah apel, masih kedalam kategori buah-buahan. Apel adalah jenis buah yang umum di konsumsi setiap orang untuk pelengkap nutrisi tubuh sehari-hari. Pada buah apel terdapat kandungan anti oksidan yang disebut dengan quercetin. Kandungan ini sangat baik terhadap pembentukan kolagen serta menurunkan produksi kolagen dalam tubuh. Kolagen dalam tubuh terdapat unsur yang ada pada dalam tulang rawan yang memiliki manfaat sebagai bantalan ketika terjadi penekanan serta benturan pada sendi. Kandungan quertcetin paling banyak ditemukan di kulit apel.

  1. Brokoli

Bukan hanya dari jenis buah-buahan saja, akan tetapi makanan yang menghasilkan Pelumas Sendi Tulang lainnya juga mencakup beberapa sayuran. Salah satunya yang termasuk adalah brokoli. Anda tentu sudah tidak asing lagi dengan sayuran ini. Brokoli memiliki kalsium tinggi, biasanya di olah menjadi sup atau tumis. Zat sulforaphane pada brokoli bermanfaat dalam melawan radikal bebas yang dapat menyerang tubuh. Selain itu, brokoli adalah salah satu sumber makanan yang dapat menghasilkan pelumas pada sendi tulang. (Baca Juga: Makanan Untuk Mempercepat Penyambungan Tulang)


  1. Kedelai

Makanan selanjutnya yang mampu menghasilkan pelumas sendi tulang adalah kedelai. Jenis kacang-kacangan ini sering di temukan sebagai bahan dasar membuat tahu dan tempe. Akan tetapi tidak jarang pula di olah menjadi minuman segar susu kedelai. Kasiatnya sangat baik sekali bagi tubuh dan tentunya beberapa nutrisi di dalamnya sangat di inginkan tulang anda. Terdapat kandungan esterogen dalam kedelai yang berguna dalam mempengaruhi produksi asam hyaluronic, yaitu komponen kunci cairan sinovial.

  1. Bawang Putih

Bawang putih juga berguna dalam membantu kolagen yang sangat penting bagi sendi. Tak hanya itu, bawang putih juga mampu menghindarkan sendi dari masalah seperti nteri serta radang akibat dari kekurangan cairan pelumas. Ingin tau khasiat lain dari salah satu jenis bahan dapur ini? Silahkan ketahui pada pembahasan mengenai manfaat bawang putih untuk nyeri sendi berikut.

  1. Telur

Tahukah anda bahwa kuning telur adalah salah satu sumber makanan yang dapat membantu mengeluarkan cairan sinovial? Pada telur terdapat kandungan omega 3 yang merupakan anti inflamasi yang bagus dalam membantu peradangan sendi yang ditimbulkan karena kekurangan pelumas sendi.


  1. Minyak Zaitun

Protein pada minyak zaitun sangat baik dalam meningkatkan kemampuan cairan sinovual yang mana berfungsi dalam melindungi tulang rawan yang berguna sebagai pelumas. Senyawa Oleocanthal pada minyak zaitun dapat bermanfaat bagi kesehatan tulang dan dapat mengurangi peradangan. Memang cukup bisa diandalkan bahan satu ini untuk mengobati masalah radang, ini bisa di buktikan sendiri pada 10 Khasiat minyak Zaitun untuk radang sendi ini.

  1. Paprika Merah

Keluarga cabai satu ini tak hanya lezat sebagai campuran masakan seperti pizza maupun pasta. Paprika merah adalah salah satu sumber makanan yang mengandung vitamin C yang dapat membentuk kolagen. Seperti yang telah dibahas di atas, kolagen sangat penting untuk persendian serta tendon, ligamen serta tulang rawan.

Sumber makanan yang menghasilkan Pelumas Sendi Tulang tersebut sangat baik untuk menjaga dan memperkuat dari kesehatan persendian. Dengan mengkonsumsi secara rutin dan teratur, maka kesehatan persendian akan tetap stabil dan dapat berfungsi secara optimal.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Tuesday 19th, June 2018 / 13:46 Oleh :