Sponsors Link

5 Makanan Untuk Penderita TB Tulang pada Masa Pemulihan

Sponsors Link

TBC tulang adalah satu di antara penyakit cukup berbahaya yang menyerang tulang, disebabkan karena bakteru Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini adalah salah satu penyakit tulang yang mudah penyebaran dan penularannya, bahkan bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani setelah beberapa waktu. Bakteri penyebab TBC tulang bisa tersebar jika seseorang yang sehat melakukan kontak langsung dengan penderita, melalui droplet yang bisa tersebar di lingkungan sekitarnya.

ads

Walaupun penderita sudah melewati penanganan dan pengobatan, bukan berarti penyakit langsung sembuh sempurna. Sehingga untuk mencegah terjadi infeksi kembali karena kekebalan tubuh penderita melemah, di samping mengkonsumsi obat-obatan juga perlu memperhatikan nutrisi dari makanan. Berikut ini adalah macam-macam makanan untuk penderita TB tulang yang sangat direkomendasikan, yaitu:

1. Sayur dan buah segar

Segaa jenis sayur dan buah-buahan memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh, termasuk untuk penderita TB tulang. Di dalam sayur maupun buah terdapat banyak macam vitamin penguat tulang dan sendi juga zat lain seperti zat besi, magnesium atau lainnya. Banyaknya kandungan ini sangat berkhasiat untuk menyehatkan tulang dan mencegah terjadinya infeksi lain pada masa penyembuhan TB tulang.

2. Susu dan produk olahannya

Susu beserta produk olahan susu sangat penting untuk menyehatkan dan membangun kekuatan tulang. Di dalam susu terdapat kandungan kalsium tinggi yang merupakan nutrisi utama yang dibutuhkan tulang. Produk susu dan olahannya seperti yoghurt atau keju dapat menjadi makanan penderita TB tulang, dengan dikonsumsi setiap hari untuk memenuhi asupan nutrisi untuk tulang. Sehingga dengan mengkonsumsi susu atau olahannya setiap hari bisa mencegah kelainan pada tulang dalam masa pemulihan TBC tulang.

3. Daging

Zat protein yang tinggi di dalam daging tentu sangat bermanfaat untu membantu pemulihan gangguan tulang seperti TB tulang. Dalam memilih daging untuk dikonsumsi, sebaiknya pilih daging yang rendah lemak atau tanpa lemak. Hal ini disebabkan karena untuk penderita TB tulang sebaiknya menjaga asupan total lemak dari daging antara 20-30 persen dari jumlah kalori harian. Selain meminimalisir gangguan lain saat proses penyemuhan, daging sebagai makanan penderita TB tulang juga bisa meminimalisir efek samping obat TBC tulang yang bisa saja terjadi.

4. Ikan

Protein tidak hanya terkadung di daging, namun juga pada berbagai jenis makanan laut seperti ikan. Selain mengandung protein yang tinggi, ikan juga mengandung nutrisi lain yaitu omega 3 dan vitamin D. Ketiga kandungan dapat menutrisi tulang secara langsung, juga dapat mempermudah tulang menyerap nutrisi lain seperti kalsium yang berasal dari obat maupun makanan yang mengandung kalsium tinggi. Apabila tulang ternutrisi dengan baik maka bisa mencegah terserang penyakit atau infeksi lain saat penyembuhan.

5. Kacang-kacangan

Mengkonsumi kacang-kacangan dapat membantu meningkatkan kesehatan tulang ketika terserang TB, juga dapat mengurangi risiko keparahan ketika muncul ciri-ciri TBC tulang. Kacang-kacangan seperti kacang kedelai, kacang almond ataupun produk olahan kacang seperti tempe, tahu dan susu dapat dikonsumsi setiap hari. Produk kacang-kacangan dapat menjadi salah satu makanan untuk penderita TB tulang karena memiliki kandungan vitamin, antioksidan dan nutrisi lain yang dapat meningkatkan penyerapan asupan lain yang dibutuhkan untuk menyembuhkan TB tulang.

Demikian informasi mengenai makanan untuk penderita TB tulang agar penyerapan nutrisi tulang bisa optimal juga membantu cara menghilangkan efek samping obat TBC tulang. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 12th, October 2018 / 03:05 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman