Sponsors Link

9 Penyebab Stenosis Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Stenosis adalah penyakit yang terkait dengan penyempitan. Stenosis terdapat macam-macam jenisnya. Namun yang akan dibahas detil dalam artikel ini adalah stenosis spinal. Stenosis spinal adalah penyakit penyempitan yang terjadi pada ruas tulang belakang. Penderita stenosis akan merasakan tulang leher belakang sering sakit atau bagian punggung bawah. Stenosis spinal merupakan salah satu penyakit yang tidak berbahaya namun tidak bisa dibiarkan begitu saja tanpa ada pengobatan dari dokter. Meskipun tergolong kedalam penyakit yang tidak berbahaya, stenosis spinal harus dikonsultasikan ke dokter yang berpengalaman agar tidak menjadi penyakit yang berbahaya.

ads

Pada umumnya, pasien yang terkena stenosis spinal adalah mereka yang usianya diatas 50 tahun. Mengapa demikian? Semakin bertambahnya usia, maka akan semakin besar ligamen dalam tubuh. Hal ini bisa menjadikan tulang menjadi lebih besar dan saraf bisa tertekan karena tulang dan ligamen yang membesar. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui penyebab stenosis spinal agar dapat menjaga atau mencegah terjadinya stenosis spinal dalam tubuh kita. Penyebab stenosisi spinal yang wajib anda ketahui adalah sebagai berikut:

  1. Tumor

Tumor adalah salah satu penyakit berbahaya jika tumor yang diderita adalah tumor ganas. Tumor ditandai dengan pertumbuhan daging  pada area yang tidak seharusnya ada daging. Area tersebut bisa area yang kosong. Ketika tumor tumbuh, dan semakin membesar, maka hal tersebut akan beresiko terhadap terjadinya stenosis spinal. Dimana ketika tumor membesar, maka akan menekan tulang-tulang disekitarnya. Oleh karena itu, ketika anda mengidap pengobatan tumor, anda bisa terkena stenosis spinal jika tumor tidak diobati dengan tepat dan cepat. Anda harus mengetahui bagaimana pengobatan tumor tulang jika anda ingin mencegah terjadinya penyakit tumor.

  1. Skoliosis

Skoliosis merupakan kelainan yang terjadi pada bentuk tulang yang tidak pada umumnya. Skoliosis bisa mengubah bentuk tulang. Hal ini beresiko terhadap stenosis spinal. Dimana ketika tulang mengalami perubahan bentuk, maka tulang tersebut akan beresiko menekan tulang-tulang lainnya dan berakibat adanya penyempitan tulang belakang atau stenosis spinal. Untuk itu, anda perlu mengkonsumsi vitamin penguat tulang dan sendi anda dengan baik. Skoliosis bisa terjadi pada siapa saja. Untuk itu anda harus lebih berhati-hati.

  1. Cedera

Cedera memang hal yang seharusnya tidak terjadi pada anda. Anda harus berhati-hati ketika menjalankan aktifitas yang penuh resiko. Cedera bisa terjadi kapan saja dan dimana saja serta kepada siapa saja. Cedera akan mempengaruhi tulang anda jika cedera anda berkaitan dengan tulang. Hal ini bisa menyebabkan anda terkena stenosis spinal karena terjadi penyempitan tulang akibat cedera yang anda alami. Ketika anda mengalami cedera, maka anda harus sigap dan tanggap agar cedera tersebut ditangani dengan baik dan tepat waktu. Kerena jika cedera dibiarkan saja tanpa ada pengobatan yang tepat, maka bisa memperburuk kondisi kesehatan anda. Cedera bisa terjadi pada tulang belakang anda. Anda harus mengetahui ciri-ciri cedera tulang belakang agar anda bisa mencegah terjadinya cedera pada tulang anda.

  1. Kelainan sejak lahir

Penyebab yang tidak bisa dinegosiasi adalah kelainan sejak lahir. Siapa yang bisa meminta agar bayi yang dilahirkan harus tidak mengalami kecacatan atau menderita kelainan. Hal tersebut adalah kehendak diluar kendali manusia. Ketika anda menderita kelainan sejal lahir, maka harus anda konsultasikan ke dokter yang berpengalaman. Kelainan sejak lahir bisa terjadi pada penyempitan tulang. Karena terlahir dengan tulang yang tidak dalam kondisi normal. Untuk itu, perlu adanya konsultasi dengan dokter yang berpengalaman ketika anda menghadapi masalah seperti ini.

  1. Terserang penyakit paget
Sponsors Link

Penyakit paget adalah sebuah kondisi dimana tulang dalam keadaan tidak normal. Tulang akan menjadi rapuh dan memiliki bentuk yang berbeda dari keadaan normal. Ketika anda terserang penyakit paget, anda harus memeriksakan penyakit ini dengan dokter yang sesuai dengan spesialisasinya. Ketika anda menderita penyakit paget, maka bisa dipastikan bahwa kondisi regenerasi pada tulang anda tidak akan berjalan dengan maksimal atau ada gangguan dalam proses regenerasi tulang.

  1. Osteoarthitis

Osteoarthitis adalah salah satu penyakit terkait tulang yang paling umum diderita oleh kebanyakan para orang tua. Osteoarthitis akan memperburuk kondisi tulang menjadi semakin rusak dalam jangka waktu lama. Osteoarthitis menyerang tidak dalam waktu yang singkat, namun butuh waktu lama untuk osteoarthitis menyerang tulang manusia. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan tulang dengan baik dan tepat agar tidak terkena osteoarthitis. Osteoarthitis harus diobati dengan cara yang benar dan tepat agar bisa sembuh. Untuk itu, anda harus tahu bagaimana cara mengobati osteoarthitis.

  1. Piringan sendi kering dan kecil
Sponsors Link

Ketika piringan sendi mulai kering dan bentuknya semakin kecil adalah salah satu tanda penyebab terjadinya stenosis spinal. Dengan keringnya piringan sendi dan bentuk yang mulai mengecil, piringan sendi akan turun fungsinya. Fungsi yang bisa dilakukan piringan sendi tidak akan dilakukan dengan maksimal karena tidak adanya pelumas pada sendi. Piringan sendi kering, maka akan memperberat kerja sendi untuk melakukan proses dalam tubuh. Sehingga ketika piringan sendi dalam kondisi kering dan mengecil, piringan sendi akan kehilangan beberapa fungsinya. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya stenosis spinal pada tulang.

  1. Tulang belakang dan ligamen bertumbuh besar

Ketika tulang belakang dan ligamen bertumbuh besar, hal tersebut akan menekan tulang-tulang lainnya yang berada disekitar tulang belakang dan ligamen. Hal ini berbahaya karena bisa menyebabkan terjadinya stenosis spinal. Sehingga tulang-tulang disekeliling tulang belakang dan ligamen akan semakin tersudut dan terjadi penyempitan tulang belakang.

  1. Usia bertambah tua

Dengan bertambahnya usia, maka fungsi tulang akan semakin menurun jika tidak diiimbangi dengan konsumsi buah yang bisa memperkuat tulang. Oleh karena itu, diusia yang semakin bertambah tua, bisa beresiko terkena stenosis spinal jika tidak diimbangi dengan pola hidup yang sehat.

Menjaga kesehatan tulang harus dilakukan setiap hari. Selain itu, harus diimbangi dengan olahraga yang bisa menjaga kesehatan tetap bugar. Hal lain yang bisa anda lakukan adalah dengan mengkonsumsi vitamin untuk tulang agar tulang anda terjaga kondisi kesehatannya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 15th, May 2018 / 03:14 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang