Sponsors Link

Kenapa Tulang Patah Bisa Nyambung Lagi? Bagaimana Penanganannya?

Sponsors Link

Ada banyak faktor yang menyebabkan kenapa tulang patah bisa nyambung lagi. Karena patah tulang bisa terjadi pada siapa saja dan ini sangat umum terjadi pada anak-anak dan para remaja. Karena mereka masih mengalami fase pembentukan tulang yang kurang sempurna. Di usia 20 barulah tulang bisa terbentuk dengan baik dan ini juga akan lebih tahan terhadap masalah cidera. Namun, jika anda masih penasaran dengan cara yang menjelaskan alasan  kenapa tulang patah bisa nyambung lagi, maka berikut penjabarannya.

ads

Tubuh manusia memiliki mekanisme penyembuhan yang bisa menyembuhkan dirinya sendiri dan ini menjaid alsan utama mengapa  kenapa tulang patah bisa nyambung lagi. Seperti pengobatan patah tulang pipi, ini juga akan membuat tubuh menjadi lebih baik dan pulih dengan sendirinya namun akan memerlukan waktu yang lumayan lama. Jadi, diperlukan interaksi dengan obat dan melakukan terapi yang poas agar mudah mendapatkan penyembuhan total. Berikut mekanisme yang terjadi didalam kasus  kenapa tulang patah bisa nyambung lagi ini:

1. Pendarahan

Patah tulang akan ditandai daengan adanya pendarahan. Keika terjadi gangguan, maka tubuh akan langsung meresponnya, ini akan direspon dnegan adanya pendarahan akibat cidera atau patah tulang tersebut. Ini merupakan tahapan awal yang akan timbul hanya hitungan menit dan jam setelah terjadinya kecelakaan tersebut. Darah akan terkumpul dan menggumpal disekitar bagian yang mengalami patah atau retakan.

Penggumpalan darah ini bukannya terjadi secara tidak sengaja. Ini merupakan salah satu dari jenis mekanisme tubuh agar nantinya tidak ada benda asing yang bisa masuk dan menjaga agar bagian dari tulang yang mengalami retak atau patah tetap pada tempatnya dan tidak hilang kemana-mana. Ini adalah kondisi yang dinamai dnegan hematoma seperti bekas operasi patah tulang bengkak.

2. Munculnya sel-sel baru

Mekanisme yang terjadi setelah adanya pendarahan dan akan membuat pertanyaan  kenapa tulang patah bisa nyambung lagi ini akan terjawab adalah tumbuhnya sel-sel baru. sel-sel baru ini nantinya akan membuat kondisi tulang menjadi kian membaik karena terbentuk lagi jaringan tulang yang baru dan akan menggantukan yang sudah rusak tersebut. namun, jaringan baru yang nantinya menggantikan jaringan yang rusak ini masih belum kokoh dan kuat hingga diperlukan penanganan berupa gips seperti obat untuk menyambung tulang patah.

3. Kepadatan tulang

Ketika tahapan ini terjadi, maka akan muncul osteoblas yang berguna sebagai jaringan pembentuk tulang. Osteoblas inilah nantinya yang akan mengisi bagian dari rongga tulang yang mengalami maslaah atau patah tersebut. Sel ini juga yang nantinya menggunakan mineral tubuh dan membuat tulang menjadi lebih kuat.

4. Kerusakan

Natinya, tulang yang sebelumnya sudah tersambung lagi akan kembali dirusak dan jaringannya dibentuk lagi. Inilah mengapa patah tulang memerlukan waktu lumayan lama untuk kembali pulih. Seperti penyembuhan patah tulang rahang, ketika fase ini jaringan tulang yang baru akan lebih banyak dari yang sebelumnya hingga memeiliki bentuk yang tidka sama.

Pada tahapan ini, tubuh akan membentul sel osteoklas yang berbeda dnegan sel osteoblas seperti pembentukan jaringan baru sebelumnya. Ini akan membuat sel-sel baru yang tidak berfungsi dengan baik dihilangkan dan mnyembuhkan jaringan tulang yang sebelumnya telah tusak tersebut. Dan ini adalah tahapan dimana kita akn mendapatkan betuk tulang yang sama seperti sebelumnya.

Cara mengatasi patah tulang


Biasanya penanganan patah tulang yang ringan cukup dengan menggunakan penyangga atau gips agar nantinya tulang bisa memulihkan diri sendiri dan agar bisa membatasi pergerakan agar tidka menganggu proses pemulihan tulang tersebut seperti penangana patah tulang greenstik pada anak-anak. Hanya saja, pada beberapa kasus penanganan seperti ini tidak bisa dilakukan karena mungkin kerusakan jaringan tulang yang lebih parah daripada yang biasanya.

Biasanya, penanganan patah tulang lanjutan berupa operasi ataupun dengan melakukan pemasangan implan dimana istilah yang dikenal untuk menyatakan implan tulang ini adalah pen yang terbuat dari bahan logam. Seperti terapi ortopedi, anda akan berkonsultasi dengan dokter tulang agar bisa mendapatkan terapi yang tepat.

Pertolongan pertama patah tulang

Ketika anda sudah mengetahui bahwasanya ada yang mengalami masalah patah tulang maka sangat diperlukan penanganan pertama yang nantinya bisa menjadi pertolongan sebelum berurusan dengan pihak medis. Berikut ebberapa langkah pertolongan yang bisa dilakukan sebelum mendapatkan pertolongan dari dokter yakni:

  • Langkah 1, jangan melakukan pergerakan yang akan membuat tulang menjadi semakin patah, retak atau rusak. jadi, sangat disarankan untuk diam dan tidak melakukan pergerakan kecuali memang benar-benar diperlukan.
  • Langkah 2, jika misalnya terjadi pendarahan maka anda bisa melakukan penghentian pendarahan dengan cara membungkus luka dnegan kain sterila atau menggunakan perban.
  • Langkah 3, jika misalnya yang mengalami patah tulang menunjukan tanda syok seperti kedinginan dan menggigil maka selimuti dengan selimut sementara tinggikan bagian yang terkena pendarahan kira-kira 30 cm dari tubuh.
  • Langkah 4, lakukan pengompresan dengan es batu ini bisa menghentikan masalah pembengkakan. Anda hanya perlu membalut es batu dengan kain bersih dan letakkan di bagian yang membengkak.
  • Langkah 5, segera larikan ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolongan medis.

Cara Pemulihan Setelah Patah Tulang

Seperti obat patah tulang paha, anda harus melakukan penanganan pasca pengobatan patah tulang ini. Ini berfungsi agar memaksimalkan pengobatan dan emmastikan patah tulang tersebut telah terobati dengan baik dan benar. Pemulihan patah tulang sendiri memang memerlukan waktu yang lama. berikut penanganan yang seharusnya dilakukan pasca patah tulang:

1. Kunjungi dokter

Mengunjungi dokter adalah hal yang sangat baik agar kita bisa memastikan bahwasanya pendarahan tidak terjadi lagi dan patah tulang tersebut sudah benar-benar sembuh. nantinya, dokter akan emmberikan beragam pengetahuan terkait proses pemulihan patah tulang yang anda alami.

2. Kurangi rasa sakit

Rasa sakit atau nyeri adalah tanda umum yang didapati setelah mengalami patah tulang. jadi, hal berikutnya yang musti dilakukan adalah dnegan meminimlaisir masalah nyeri tersebut. Gunakan obat-0batan yang memang diresepkan dan disarankan oleh dokter untuk digunakan dan juga gunakan kompres air dingin. Biasanya digunakan naproxen atau ibupropen untuk pereda nyeri.

3. Menggunakan penyangga

Biasamya, dokter memang akan menganjurkan pad penderita patah tulang untuk tidak terlalu menggunakan bagian yang patah tersebut dengan banyak. Karena nantinya ini akan menganggu masa pemulihan. Jadi, sangat disarankan anda menggunakan alat penyangga yang berfungsi menopang beban tubuh agar tidak terpaku pada patah tulang tersebut. Bahkan tak jarang banyak yang akan menggunakan metode pemulihan seperti Pembebanan berat badan yang biasanya digunakan sebagai terapi penyembuhan untuk patah kaki.

4. Kurangi pergerakan

Kebanyakan patah tulang ringan akan emmudahkan kita untuk kembali beraktifitas dan bergerak. Ini tentunya membutuhkan waktu dalam masa pemulihan apalagi cidera atau patah tulang yang dialami cukup berat. Jadi, sangat disarankan untuk tidka terlalu banyak bergerak dalam masa penyembuhan tersebut.

Sangat direkomendasikan untuk melakukan gerakan perlahan dan membatasi pergerakan berat yang memungkinkan untuk menambah gejala dan membuat penyembuhan menjadi lama. Lakukanlah konsultasi dan emnanyakan pada dokter anda untuk mengetahui kapan sebaiknya melakukan aktifitas dan aktifitas apa saja yang sebaiknya dikurangi agar penyembuhan menjadi maksimal tanpa halangan.

5. Terapi fisik

Biasanya, memang dokter tulang akan menganjurkan banyak pengobatan terutama terapi fisik yang biasanya berguna dalam membantu mengatasai masalah pemulihan. Dokter akan membantu mengatasi masalah patah tulang yang biasa dan sederhana dimana dokter akan merekomendasikan beragam terapi fisik seperti latihan yang mudah dilakukan sendiri di rumah.


Namun, untuk beberapa kasus yang berat anda memang sangat disarankan untuk melakukan terapi fisik dengan bantuan dari sang ahli. Padamulanya, mungkin terapi fisik ini akan terasa sangat sangit dan menyakitkan untuk dijalani. namun, selama berjalannya waktu dan ketika anda sudah mulai rutin melakukannya, rasa nyeri yang dirasakan akan mulai ringan.

6. Perhatikan gejala

Walaupun mungkin pemulihan patah kaki sudah sangat maksimal, namun, anda juga perlu memperhatikan jika saja ada beragam gejala lain yang mungkin terjadi. Hubungi segera dokter dan perawat jika misalnya da beragam gejala yang bisa terjadi. seperti kesemutan, bengkak, nyeri yang hebat dan demam. karena dengan adanya tanda-tanda tersebut di atas, bisa jadi anda terkena komplikasi yang tidka diinginkan.

7. Mencegah cidera

Hal penting lainnya yang perlu dilakukan adalah untuk membuat kita mencegah terjadinya cidera berulang. Karena tulang yang sudah pernah patah pastinya lebih rentan terkena masalah selanjutnya yang mungkin saja menyebabkan masalah lain dikemudian hari. Jadi, cobalah untuk selalu berhati-hati kapanpun dan dimanapun anda berada. Apalagi jika anda harus melakukan aktifitas berat yang memudahkan untuk mendapatkan cidera patah tulang ini.

8. Makanan

Sangat dianjurkan untuk mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat dnegan mengkonsumsi makanan yang bergizi dna baik bagi kesehatan tulang. Misalnya saja yang mengandung mineral dan vitamin D agar oembentukan tulang terjadi dengan baik setelah pemulihan pasca perawatan patah tulang tersebut.

Biasanya, banyak orang yang langsung bisa beraktifitas seperti baiasa setelah mengalami patah tulang. Namun, tetap pastikan bahwa patah tulang tersebut sudah terobati dnegan baik. Selalu ingat untuk melakukan semuanya secara perlahan. melakukan aktifitas secara terburu buru hanya akan memperparah keadaan pasca penyembuhan patah tulang tersebut.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Saturday 08th, December 2018 / 03:19 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang