Sponsors Link

7 Perbedaan Tulang Pengumpil dan Hasta yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Tulang merupakan bagian terpenting dalam pembentukan tubuh manusia dan merupakan komponen utama yang berperan sebagai tempat menempelnya jaringan dan otot pada tubuh manusia, melindungi organ dalam pada tubuh manusia, sebagai alat penggerak tubuh, tempat penyimpanan mineral dan energi serta tempat memproduksi sel darah pada tubuh.

ads

Salah satu tulang yang berfungsi sebagai alat gerak pada tubuh manusia adalah tulang yang terdapat pada tangan yang dikenal dengan tulang hasta dan tulang pengumpil. Kedua tulang ini memiliki letak yang sejajar namun ada perbedaan tulang pengumpil dan hasta ini.

Meski terdapat perbedaan tulang pengumpil dan hasta namun tulang ini sama-sama terhubung antara tulang lengan atas dan juga dengan tulang pergelangan tangan. Pada ujung bagian atas tulang ini terhubung dengan sendi radioulnaris superior dan tulang humerus. Pada ujung bagian bawah akan terhubung dengan persendian radioulnaris inferior dan juga dengan tulang tulang scaphoideum dan lunatum, yakni bagian dari tulang pergelangan tangan.

Berikut beberapa perbedaan tulang pengumpil dan hasta :

  1. Tulang pengumpil ini merupakan tulang yang berbentuk pipa dan memanjang yang terhubung dan membentang dari siku hingga ibu jari alias segaris lurus dengan jempol tangan. Sedangkan tulang hasta adalah tulang yang berbentuk pipa yang memanjang dari siku hingga jari kelingking atau segaris dengan tulang kelingking.
  2. Tulang pengumpil juga berbentuk lebih lebar pada bagian atasnya dan makin ke bawah makin menyempit atau mengecil sementara pada tulang hasta atau ulna ini bisa dilihat bentuk dari tulang hasta ini tampak kecil pada bagian atas dan akan semakin melebar hingga kebawah.
  3. Tulang pengumpil terletak pada bagian lateral dari tulang hasta dan tulang hasta berada pada sisi medial yakni pada lengan bagian bawah.
  4. Tulang pengumpil ini dinamakan juga dengan tulang radius dan tulang hasta juga memiliki sebutan lain yaitu tulang ulna.
  5. Tulang pengumpil ini berfungsi sebagai tempat melekatnya otot-otot lengan penggerak tangan sedanglan tulang hasta memiliki fungsi untuk memungkinkan terjadinya gerakan memutar pada pergelangan tangan. Dan ketika terjadi cedera atau fraktur bisa mengakibatkan tulang hasta sakit dan terasa bengkak yang akan mengganggu pergerakan tangan. Oleh karena itu ketahui cara mengobati patah tulang tangan yang baik dan benar.
  6. Tulang pengumpil ini juga berfungsi dalam pembentukan sendi pada pergelangan tangan sedangkan tulang ulna ini berperan dalam mendukung lengan bagian bawah. Radang sendi sering menjadi penyebab tulang pergelangan tangan menonjol. oleh karena itu ketahui juga ciri-ciri radang sendi.
  7. Tulang radius ini juga lebih pendek dari pada tulang ulna dan pada tulang hasta memiliki batang yang lebih panjang dari pada tulang radius.

Itulah beberapa perbedaan tulang pengumpil dan hasta yang jelas terlihat. Dan pada bagian tengah tulang ini terdapat sumsum tulang yang memproduksi sel darah. Ada juga terjadinya kasus tulang tangan bengkok akibat benturan keras pada tulang hasta atau pengumpil yang berujung patah tulang, untuk mengatasinya bisa menggunakan cara meluruskan tangan yang bengkok akibat tulang hasta atau tulang pengumpil yang patah. Ketahui juga penyebab tulang tangan ngilu yang mungkin saja sedang anda alami yang biasanya disebabkan oleh rematik, radang sendi, gangguan fungsi saraf, tekanan yang berlebihan pada otot dan berbagai penyakit dan kelainan lainnya yang terdapat pada tulang tangan.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 13th, May 2018 / 05:31 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang