Sponsors Link

7 Cara Mencegah Myasthenia Gravis Terbaik yang Perlu Diterapkan

Sponsors Link

Penyakit yang termasuk dalam kondisi kronis yakni Myasthenia Gravis, apa itu? Myasthenia Gravis adalah suatu penyakit yang mana terjadi akibat terputusnya komunikasi dari saraf dan otot. Memang tidak semua orang akan mengalami penyakit ini, namun sebagian orang telah ada yang mengalaminya. Lalu bagaimana cara mencegahnya? Untuk Cara Mencegah Myasthenia Gravis akan di uraikan pada kalimat di bawah, namun sebelumnya anda harus benar-benar mengenali latarbelakang penyakit ini.

ads

Myasthenia Gravis umumnya memang di sebut dengan penyakit kronis. Serta hal-hal yang menandai penyakit ini adalah melemahnya beberapa otot, terutama otot di daerah wajah yang gunanya untuk mengontrol pergerakan bola mata, memberikan ekspresi wajah, untuk proses mengunyah, menelan, sampai dengan berbicara.

Melemahnya otot akibat dari penyakit myasthenia gravis ini biasanya akan bertambah parah setelah melakukan aktivitas fisik. Selanjutnya kondisi tersebut akan membaik kembali pada saat otot-otot telah diistirahatkan. Namun yang di resahkan oleh banyak penderita adalah ketika malam hari, saat tubuh beristirahat dan semua rasa lelah menumpuk memunculkan gejala-gejala tertentu. Bahkan untuk kejadian ini mungkin akan lebih meresahkan jika dibandingkan dengan otot betis tertarik saat tidur yang kejadiannya hanya sebentar.

Sebelum mengarah pada bagaimana Cara Mencegah Myasthenia Gravis, berikut di sebutkan terlebih dahulu gejala-gajala dari penyakit ini. Seorang yang akan mengalami myasthenia gravis akan merasakan beberapa tanda-tanda berikut ini:

  • Terjadi Masalah Pada Mata

Salah satu gejala yang terjadi adalah satu atau dua sekaligus kelopak mata akan lebih susah di buka dan mengalami penurunan.

  • Pandangan Kabur

Pandangan mata mulai tidak normal, yakni terjadi keburaman pada pandangan. Seseorang yang akan mengalami myasthenia akan mendapatkan gejala seperti penglihatan seolah ganda dalam memandang objek yang tampak di depan mata. Untuk kejadian ini juga menyerupai penyakit nyeri sendi saat tipes yang benar-benar harus di waspadai.

  • Raut Wajah yang Berbeda

Raut wajah menjadi lebih murung, terbatasnya senyum seseorang yang di sertai beberapa gejala di atas menjadi tanda dari myasthenia yang mulai hidup dalam tubuh.

  • Pucat

Keadaan wajah mulai memucat, tidak lagi ceria dan terlihat fresh. Anda juga perlu waspada, pucat juga bisa menjadi tanda penyakit tulang yang lebih parah sebab kondisi ini juga tergolong ke dalam ciri kanker tulang, gejala kanker tulang kaki, dan mungkin gejala kanker maupun penyakit ganas lainnya.

  • Perubahan Suara

Terjadi perbedaan suara dari sebelumnya, baik itu sengau atau apapun. Namun yang jelas suara menjadi lebih lirih jika dibandingkan sebelum penyakit ini menyerang.

  • Susah Mengunyah

Parahnya lagi, gejala yang muncul adalah penderita mulai kesulitan mengunyah makanan. Tubuh serasa seperti malas untuk menelan berbagai macam makanan.

  • Sesak Nafas

Nafas mulai sesak seolah di tekan, namun memang inilah gejala yang akan di alami penderita. Namun jika Anda mengalami sesak nafas disertai nyeri tulang rusuk harap lebih waspada dan segera lakukan penanganan untuk mengatasinya.

Sponsors Link

  • Lemahnya Otot

Lemahnya otot ini mulai dari kaki, leher dan beberapa lainnya. Seseorang tersebut akan terhambat melakukan aktivitas.

Berikut ini cara mencegah Myasthenia Gravis yang bisa anda pahami:

  1. Istirahat Cukup

Melakukan istirahat adalah cara umum dan terbaik untuk semua kondisi tubuh. Khususnya adalah beristirahat sebelum kelelahan menjadi pencegah myasthenia gravis. Untuk teknik seperti ini dapat Anda lakukan juga ketika tengah mengalami macam-macam penyakit tulang seperti tulang ekor sakit, cairan lutut berkurang, sakit tulang telapak kaki dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Menjaga Kebersihan

Selain melakukan istirahat cukup, langkah pencegahan lainnya yakni dengan menjaga kebersihan. Kebersihan ini guna mencegah terjadinya infeksi yang mengakibatkan penyakit datang. Jika sudah terkena infeksi, maka juga harus dilakukan penanganan secara tepat.

  1. Menjaga Suhu

Suhu memang tidak bisa di atur, tetapi kita bisa menghindari. Salah satu cara untuk mencegah terjadinya penyakit myasthenia gravis adalah dengan menjaga suhu agar tetap normal. Usahakan tidak pergi di panas-panasan atau saat dingin gunakan pakaian tebal. Inilah cara untuk mengatur suhu yang tepat.

Sponsors Link

  1. Kurangi Stress

Stress di picu oleh banyaknya fikiran yang tidak karuan, sehingga bisa menimbulkan penyakit myasthenia gravis. Anda harus bisa menguranginya, caranya dengan memikirkan yang pantas atau penting dan membuang pikiran tidak penting. Disamping itu anda bisa melakukan refresing untuk mengurangi stress tersebut. Mungkin untuk menerapkan cara ini Anda dapat melakukan gerakan olahraga meninggikan badan berikut sehingga manfaat yang bisa Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat dalam satu waktu.

  1. Rajin Check Up

Sebenarnya tidak ada salahnya melakukan check up tanpa harus menunggu sakit. Justru dengan check up inilah kondisi tubuh akan di kontrol perkembangannya. Minimal satu bulan sekali anda harus melakukan check up untuk mencegah terjadinya myasthenia gravis.

  1. Rajin Berolahraga

Rutinitas pagi yang baik untuk menjaga kesehatan adalah olahraga. Anda bisa melakukan dengan latihan kecil seperti lari di pagi hari, atau mungkin juga bisa melakukan yoga.

  1. Tidak Memforsir Fisik

Fisik akan makin lemah jika banyaknya tuntutan kerja yang di lakukan oleh diri anda sendiri. Usahakan untuk tidak terlalu keras dalam melakukan kerja fisik atau aktifitas apa saja yang menggunakan tenaga fisik. Karena kerasnya anda bekerja hingga membuat fisik drop menimbulkan lemahnya otot. Sehingga yang terjadi adalah penyakit myasthenia gravis muncul dengan mudah.

Itulah ulasan mengenai penyakit myasthenia gravis, gejala sampai dengan cara mencegah Myathenia Gravis. Semoga artikel ini bermanfaat!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Wednesday 01st, August 2018 / 23:32 Oleh :
Kategori : Pencegahan