Sponsors Link

10 Cara Mencegah Penyakit Kifosis Yang Wajib Diketahui

Sponsors Link

Bagi kita orang awam yang belum mengetahui apa itu penyakit kifosis tentu akan bertanya – tanya, apa jenis penyakitnya, bagaimana gejala dan pemicunya dan sebagainya. Banyak sekali jenis penyakit  dengan istilah yang asing untuk diketahui. Penyebab, gejala dan pengobatan osteofit tulang belakang.

ads

Salah satunya penyakit kifosis, lalu apa sebenarnya penyakit kifosis ini?. Sebuah penyakit kelainan tulang belakang yang mana kondisi tulang terlihat melengkung ke depan atau cembung ke belakang secara berlebihan, dan efeknya membuat seseorang menjadi bungkuk. Contoh cara mengobati pengapuran tulang belakang paling ampuh. Pada kasus normal punggung atas, atau tulang belakang atas, terlihat memiliki kurva atau kelengkungan ke depan namun tidak berlebihan. Penyakit kifosis terjadi ketika lengkungan tersebut tumbuh dan melewati dari batas normal yaitu lebih besar dari ukuran normalnya. Penyebab penyakit tulang belakang bengkok ke samping.

Agar terhindar dari masalah dan penyakit ini, maka diperlukan kiat dan cara mencegah penyakit kifosis dengan tepat dan benar. Berikut ini langkah yang dapat dicoba sendiri ataupun dengan berlatih melalui terapi :

1. Biasakan untuk Duduk secara Benar

Pada posisi duduk yang tidak tepat dan benar dapat mempengaruhi pembentukan tulang belakang Anda. Duduk yang terlalu membungkuk atau tidak benar akan memicu pada kondisi perubahan tulang, sehingga lama kelamaan akan terlihat dan terbentuk tulang yang bengkok atau kifosis. Gejala sakit tulang belakang sering kesemutan penyebab, dan pengobatan.

2. Posisi Tidur yang Tepat

Cara mencegah penyakit kifosis selanjutnya yaitu biasakan pada saat Anda tidur, posisi tubuh Anda berada diposisi yang benar. Jangan terlalu tertelungkup sampai membentuk posisi yang membungkuk, hal ini jika dilakukan secara lama tentu akan berakibat pada posisi tulang belakang menjadi cekung dan bongkok.

3. Lakukan Beberapa Olah Raga

Anda dapat berolahraga secara rutin dan ringan agar pembentukan tulang belakang menjadi tetap normal dan tidak bergeser atau berubah. Contoh olah raga yang bisa dilakukan yaitu dengan cara melakukan peregangan dada. Anda hanya perlu berdiri tegak disamping tiang, lalu anda pegang tiang dengan tangan kanan. Selanjutnya lakukan gerakan dengan cara menggerakkan dada kedepan dan kebelakang secara berkali-kali sampai kondisi cukup untuk latihan. Contoh untuk Anda yang sering melakukan latihan dan inilah macam olahraga untuk penyempitan tulang belakang paling alternatif.

4. Olah Raga Upper Back dengan Foam Rolling

Olah raga ini memerlukan media yaitu foam roll atau sebuah busa yang berbentuk tabung yang sering digunakan dalam olahraga senam ataupun yoga. Caranya anda berbaring diatas foam roll dan usahakan posisi ditengah punggung anda. Kemudian  lipat tangan anda sambil memegang leher bagian belakang, dan gerakkan punggung secara maju mundur dengan bantuan kaki Anda. Lakukan secara rutin agar bentuk tulang Anda semakin sehat dan baik. Apa penyebabnya tulang belakang terasa nyeri saat makan pedas, dan apa bahayanya.

5. Olah Raga Yoga

Salah satu olah raga yang baik dan menyehatkan yaitu dengan yoga, posisi tubuh Anda akan diposisikan pada posisi yang tepat dan benar. Pada posisi yoga tulang belakang akan terbentuk pada posisi yang lurus, sedangkan pikiran Anda akan terfokus pada tujuan yang ingin Anda capai. Dengan yoga tulang belakang akan terasa lebih kuat dan jiwa Anda akan terasa tenang dan rileks. Penyebab dan efek tulang belakang bunyi kretek.

Sponsors Link

6. Lakukan Olah Raga dengan Bola Pijat

Cara mencegah penyakit kifosis lainnya yaitu dengan berlatih menggunakan bola pijat, latihan ini ampuh untuk melatih dan meningkatkan fleksibilitas serta kekuatan otot dada Anda. Caranya cukup mudah yaitu dengan cara memegang bola pijat pada kedua tangan, kemudian meletakkannya diatas dada sebelah kiri atau kanan. Selanjutnya posisikan kaki kanan di depan kaki kiri lalu arahkan bola menjauh dan mendekat pada dada secara berulang. Lakukan latihan ini selama 3 – 5 menit dalam sehari dan nikmati hasilnya. Berikut penyebab dan efek sakit tulang belakang dan gangguan kencing.

7. Gunakan Posisi Tegak Saat Berdiri

Pada saat Anda mengalami rasa letih dan pegal jika duduk atau jongkok terlalu lama, maka cara mudah untuk membuat kondisi tulang belakang Anda lebih rileks dan santai. Anda dapat melakukan gerakan pada posisi berdiri tegak, lalu kedua tangan angkat pada posisi yang tinggi. Kemudian ayunkan ke depan dan ke belakang secara beberapa kali. Lakukan latihan ini pada saat kondisi Anda letih dan pegal, cukup 10 kali gerakan sudah membuat Anda menjadi lebih baik.

8. Konsumsi Makan Berkalsium

Sponsors Link

Untuk memulihakn kondisi tulang yang sudah bongkok memang harus melalui terapi atau operasi. Namun cara mencegah penyakit kifosis fatal Anda dapat mengkonsumsi makanan dan minuman berkalsium dan kaya akan vitamin D. Banyak dapat ditemukan pada jenis sayuran, buah dan juga olahan jenis susu, selain Anda melakukan hal tersebut di atas juga diimbangi dengan konsumsi makanan dan minuman kaya kalsium. Agar pembentukan tulang Anda tetap terjaga dan sehat. Salah satu penyebab dan gejalan dari penyakit osteofit tulang belakang dan pengobatan.

9. Berkonsultasi ke Dokter

Apabila Anda tidak ingin terjadi masalah yang lebih parah lagi, dan dirasa penyakit ini sudah membuat Anda kurang nyaman. Alangkah baiknya Anda lakukan pemeriksaan kesehatan tulang melalui dokter ahli, hal ini agar tidak terjadi resiko dan efek yang lebih fatal di kemudian hari. Pentingnya berkonsultasi ke dokter untuk menjaga kondisi dan pola hidup sehat Anda menjadi teratur dan lebih baik lagi, agar dapat mencegah terjadinya gejala kifosis yang serius. Contoh penyebab tulang belakang miring yang wajib diketahui.

10. Konsumsi Susu Khusus Tulang

Banyak saat ini produk susu yang ditawarkan khusus untuk mencegah terjadinya kerusakan tulang sejak dini. Jenis susu dapat dipilih sesuai dengan usia penggunanya, dan rasanya pun bisa sesuai dengan selera masing – masing pembeli. Dengan rajin dan rutin mengkonsumsi susu sebagai pelengkap akan membuat kondisi tulang Anda menjadi lebih sehat, kuat da, terjaga kepadatannya. Bahaya dan waspadai gejala tumor tulang belakang.

Semoga penjelasan mengenai cara mencegah penyakit kifosis dapat menjadi perhatian Anda untuk menjaga gaya hidup, dan posisi berkegiatan Anda untuk lebih sehat dan terjaga. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 23rd, March 2018 / 07:00 Oleh :
Kategori : Pencegahan