Sponsors Link

5 Cara Mengobati Jari Kelingking yang Bengkak Paling Ampuh

Sponsors Link

Bengkak memang menjadi permasalahan yang cukup besar bagi sejumlah orang. Keadaan ini terjadi dengan menampakkan kondisi tertentu atau bagian terserang lebih lebam dan membesar. Biasanya hal ini terjadi oleh beberapa faktor tertentu. Namun apa jadinya jika jari kelingking yang ternyata mudah juga mengalami pembengkakan, dan apa yang menyebabkannya? Penyebab pembengkakan kelingking ada beberapa hal yang bisa terjadi tanpa di sadari atau tidak sengaja. Cara mengobati jari kelingking yang bengkak akan di rangkum pada kesempatan kali ini.

ads

Dimanapun bagian yang mengalami bengkak memang akan sangat mengganggu. Selain nyeri, biasanya bengkak terjadi disertai dengan rasa panas. Akan tetapi kembali pada kasus awal, bagaimana tingkat keparahan itu sendiri. Mungkin memang sepele jika yang mengalami bengkak adalah jari kelingking.

Akan tetapi untuk permasalahan yang sebenarnya cukup ringan tersebut bisa menjadi lebih besar jika tidak segera di atasi dengan tepat. Sebelum meninjau lebih jauh akan Cara Mengobati Jari Kelingking yang Bengkak, berikut penyebab umum yang harus anda perhatikan.

  • Terkilir

Bukan hanya kelingking kaki saja yang bisa terkilir, namun jari-jari juga bisa. Semua tergantung bagaimana aktivitas seseorang. Umumnya terkilir pada jari kelingking adalah akibat dari gerakan terburu-buru dalam melakukan sesuatu hingga tanpa sengaja membuat beban pada kelingking dengan serius hingga menimbulkan rasa sakit.

Setelah rasa sakit, bengkak akan terjadi. Selain itu, mengapa terkilir bisa membuat jari kelingking bengkak karena peradangan pada jaringan ikat biasanya berkaitan dengan aktifitas fisik. Ketika Anda terkilir maka akan mengakibatkan keseleo dan jika hal tersebut tidak segera diatasi, maka ini dia akibat keseleo tidak diurut yang cukup membahayakan.

  • Pukulan

Pukulan bisa membuat jari kelingking membengkak. Biasanya, seseorang yang sedang memasang paku di suatu manapun tanpa sengaja saat menindik paku dengan palu justru melukai jari-jari. Kasus ini yang lebih banyak terjadi, sehingga bisa menimbulkan bengkak. Bahkan bukan hanya kelingking saja, semua jari bisa saja terjadi.

  • Akibat Air Panas

Air yang masih panas dengan suhu tinggi mampu membuat bagian tubuh melepuh. Tetapi yang sering terjadi, air panas mudah melukai tangan karena organ ini yang sering dan lebih dekat berinteraksi dengan air. Misalnya adalah ketika seseorang mengangkat air yang telah mendidih dari kompor dengan menggunakan tangan. Terkadang adanya kecelakaan kecil membuat tangan tersiram oleh air, akibatnya rasa panas tak tertahankan. Beberapa menit kemudian timbul memerah dan sakit seperti melepuh yang mulai di ikuti dengan pembengkakan. (Baca Juga: Obat Herbal Rematik Kaki)

Sedikitnya itulah hal-hal umum yang mampu menyebabkan bengkak pada jari kelingking. Cara mengobati jari kelingking yang bengkak bisa anda ambil dari beberapa langkah berikut ini:

  1. Air Es

Jika terjadi bengkak akibat air panas, sebaiknya biarkan beberapa jam terlebih dahulu. Sembari menunggu, anda bisa menyiapkan air es untuk melakukan pengompresan. Celupkan jari kelingking yang bengkak pada wadah yang telah berisi air es. Air es mampu meredakan nyeri pada bengkak yang di sebabkan air panas. Sehingga perlahan mampu mengempeskan pembengkakan.


Tidak hanya itu saja, beberapa kejadian lainnya juga terbukti sembuh hanya dengan air es dikarenakan memang bahan ini juga menjadi salah satu yang sangat dibutuhkan dalam cara terapi tulang belakang yang bengkok, cara terapi jari bengkok, untuk obat kram kaki dan tangan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

  1. Kompres Air Hangat

Jika sudah beberapa hari jari kelingking bengkak tak kunjung kempes, anda bisa menggunakan air hangat untuk mengompres. Langkah ini sama seperti mengompres dengan menggunakan air dingin, yakni celupkan jari yang bengkak pada wadah yang berisikan air hangat. Perlahan, dengan air hangat mampu meredakan bengkak jika di lakukan secara rutin dan telaten. Tidak hanya pada jari kelingking saja, air hangat juga ampuh untuk cara mengobati tulang bengkak di bagian mana saja.

  1. Menggunakan Saleb

Jika cara pengompresan di atas tidak efektif atau kurang efektif, gunakan cara lain seperti membeli produk obat khusus luar. Salah satunya yang di maksud adalah salep, dimana obat luar ini bisa anda dapatkan dari apotek yang menjual secara resmi dan lebih aman. Akan tetapi untuk obat ini kurang direkomendasikan dalam hal pengobatan pembengkakan tulang belakang lantaran kejadiannya yang cukup parah.


  1. Konsultasi

Cara lainnya adalah dengan berkonsultasi langsung dengan dokter. Karena dokter adalah jasa yang paling ahli di bidang kesehatan, sehingga sangat tepat sekali jika anda memeriksakan keadaan ini. Biasanya dokter juga akan memberikan beberapa resep obat, baik untuk di konsumsi atau yang di oleskan luaran seperti salep. Untuk cara ini juga sangat cocok Anda terapkan ketika mengalami pergelangan tangan nyeri dan bengkak.

  1. Pasta Gigi

Pasta gigi mempunyai fungsi dalam membantu meringankan bengkak pada jari. Anda bisa mengoleskan pasta tersebut sebesar biji jagung saja pada jemari anda, rasanya memang cukup dingin. Perlahan, cara ini bisa mengempeskan bengkak yang terjadi.

Terjadinya bengkak tergantung dari aktifitas seseorang itu sendiri atau keadaan lain seperti misalnya mempunyai riwayat kesehatan yang kurang lantaran penyakit tertentu. Namun semua itu mempunyai jalan keluar masing-masing dan penanganan. Demikian adalah cara mengobati terjadinya bengkak pada jari kelingking. Semoga artikel ini dapat membantu anda semua yang mencari cara mengobati bengkak di jari kelingking. Salam sehat!

Sponsors Link
, , , , ,
Post Date: Thursday 19th, July 2018 / 23:09 Oleh :
Kategori : Pengobatan