Sponsors Link

Ngilu Pada Lutut – Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Kondisi linu pada bagian lutut kerap kali terjadi pada beberapa orang dan tidak pernah memandang usia. Sendi pada lutut adalah salah satu organ yang sangat rentan untuk terkena kerusakan dan juga nyeri karena fungsi lutut adalah untuk bissa menopang bobot tubuh, terutama ketika sedang melompat atau pun berlari bisa saja menyebabkan adanya kelainan pada tulang. Penyebab ngilu pada lutut, berikut ini adalah penyebab dari ngilu yang terjadi pada lutut:

ads

1. Ngilu karena ada masalah pada bagian menikus

Penyebab pertama bisa saja disebabkan karena penderita ngulu mengalami kondisi cedera pada bagian tulang rawannya dan tepat di bagian meniskus atau nama lainnya adalah meniskus lateral. Tulang paha dan juga tibia merupakan 2 bagian yang terdapat di dalam sendi lutut dan diantara keduanya tersebut terdapat meniskus, yaitu kartigalo yang memiliki jumlah 2 dengan bentuknya berupa cakram.

Saat terjadi sebuah kejutan maka kejutan tersebut akan diserap oleh bagian kartilago saat tibia akan diserang oleh femur, kemudian 2 kartigalo yang ada pada bagian luar dan juga dalam serat tulang rawan yang berada di sisi luar, itulah yang dinamakan meniskus leteral. Ketika kondisi cedera terjadi pada bagian tersebut karena adanya gerakan yang memutar atau karena terlalu berat untuk  menahan berat beban maka bagian lutut akan terasa sangat ngilu.

2. Obesitas

Ngilu pada lutut juga bisa saja disebabkan karena Anda mengalami kondisi obesitas atau kelebihan berat badan sehingga menyebabkan lutut Anda menjadi ngilu baik saat akan berjalan atau hanya sekerdar berdiri saja. Karena pada dasarnya berat badan yang berlebihan akan menyebabkan adanya tekanan pada bagian lutut sehingga menyebabkan lutut terlalu berat saar akan menopang tubuh. Akibatnya tekanan tersebut akan terjadi dalam waktu jangka cukup panjang dan mengakibatkan ujung tulang tibia atau bagian tungkai sebelah bawah menjadi sangat aus dan juga bagian femur nya mengalami gesekan, maka terjadilah kondisi ngilu tersebut.

3. Ngilu karena cerdera

Selanjutnya adalah bisa saja rasa ngilu disebabkan karena adanya cedera atau trauma yang terjadi khususnya pada bagian tendon, tulang rawan dan juga ligamen yang berada pada sekeliling lutut. Akibatnya bagian lutut akan mengalami kondisi yang memar dan juga terkilir. Kondisi ini biasanya disebabkan karena adanya kecelakaan saat sedang melakukan olahraga kemudian terjatuh. Atau bisa juga karena mengalami kecelakaan saat sedang berkendara.

4. Memiliki gangguan kondisi arthritis

Lutut yang terasa nyeri juga bisa saja dipicu karena adanya atau terjadinya sebuah pembengkakan yang disebabkan karena adanya infeksi. Bahkan biasanya lutut juga akan mengalami warna yang mulai kemerahan. Ini disebabkan karena penderita sedang mengalami kondisi gejala arthritis. Bahkan selain mengalami kondisi ngilu pada bagian lutut, penderita juga akan mengalami kondisi demam sebagai salah satu tanda arthritis lainnya.

5. Mengalami kondisi sindrom patellofemoral

Adanya gangguan yang menyebabkan kesehatan lutut menjadi berkurang seperti timbulnya rasa ngilu bisa saja disebabkan karena adanya sindrom patellofermoral. Gejalanya adalah akan menyebabkan adanya rasa ngilu tepat dibagian depan tempurung lutut. Rasa nyeri juga biasanya akan muncul berkali-kali, apalagi saat Anda mencoba untuk menekuk bagian lutut. Sindrom ini juga bisa saja disebabkan karena adanya ketidak sejajaran diantra otot paha dan juga tempurung lutut yang mulai melemah.

6. Mengalami kondisi rheumatoid arthritis

Sponsors Link

Istilah lain dari penyakit ini adalah rematik. Banyak sekali gejala rematik yang biasanya terjadi, namun salah satunya adalah rasa ngilu yang terjadi pada bagian lutut. Kondisi rematik merupakan kondisi autoimun pada bagian sendi karena adanya penyerangan pada sistem imun sehingga akan menyebabkan bagian sendi yang ada di dalam tubuh mengalami gangguan. Jangan pernah menganggap remeh penyakit ini karena penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang dinilai cukup kronis karena memiliki tingkat keparahan yang cukup beragam.

7. Ngilu karena gejala asam urat

Banyak sekali masalah pada tulang seperti  tulang belakang sakit,  cedera sumsum tulang belakang. Asam urat atau dinamakan juga gout merupakan salah satu kondisi peradangan yang diakibatkan karena terlalu berlebihan asupan purin dari luar tubuh. Asupan purin yang terus saja menumpuk lama kelamaan akan mulai membentuk sebuah kristal dan masuk pada darah kemudian menumpuk dibagian persendian. Sehingga gejala paling awal yang disebabkan karena penyakit ini adalah ngilu pada bagian sendi.

8. Terjadi kerusakan pada bagian meniscis

ads

Meniscis merupakan salah satu lapisan tulang rawan yang posisinya ada diantara femur dan tibia yang dinamakan meniscis. Pembentukannya terdapat kemiri[an dengan bulan sabit dimana pada sebagian besar anggota gerak dibawahnya akan diserap oleh jaringan ikat.

9. Bursitits

Ngilu pada bagian lutut juga kemungkinan besar akan dipicu karena terjadinya gejala bursitis atau kondisi perangan bursae. Bursae merupakan kantong yang ukurannya kecil dan di dalamnya terdapat sebuah cairan yang akan berperan sebagai salah satu pelumas tendon pada bagian sendi pinggul, bahu dan juga lutut agar pergerakan pada sendi bisa bergerak dengan bebas.

10. Patela tendonitits

Penyebab ngilu pada bagian lutut merupakan salah satu kondisi cedera yang terjadi pada lutut. Hanya saja umumnya akan dipengaruhi oleh olahraga yang berdampak pada tendon patela. Femur dan juga tibua akan dihubungan oleh bagian tendon ini dan aktivitas yang akan sangat beresiko untuk bisa mencedarai pada bagian tersebut seperti basket, lompat tinggi atau lompat jauh.

Cara Mengobati Ngilu Pada Bagian Lutut

Setelah Anda mengetahui mengenai penyebab dari rasa nyeri yang terjadi pada lutut, selanjutnya adalah Anda harus mengetahui cara pengobatan untuk mengatasi ngilu pada bagian lutut.

1. Megobati dengan obat medis

Rasa ngilu yang terjadi pada bagian lutut bisa Anda atasi dengan menggunakan obat analgesik agar bisa meredakan rasa ngilunya. Atau Anda juga melakukan penyuntikan kortikosteroid, pelumas sendir dan juga platelet rich plasma yang bisa mengurangi adanya peradangan pada bagian sendi lutut.

2. Fisioterapi

Selanjutnya selain dengan menggunakan obat medis, Anda juga bisa melatih dan menguatkan tulang dengan melakukan fisioterapi. Pengobatan ini bisa dilakukan dengan mengunjungi ahlinya atau mendapatkan saran dari dokter.

3. Mengobati dengan gel lidah buaya

Lidah buaya sudah sangat terkenal untuk bisa dijadikan sebagai salah satu obat dengan bahan tradisional.  Gel yang terdapat di dalam lidah buaya memiliki kandungan senyawa aktif untuk bisa mengatasi adanya peradangan terutama pada bagian lutut. Gel ini bisa mangatasi kondisi jaring lebih cepat baik, terutama bagia mereka yang mempunyai kondisi luka terutama jika Anda mempunyai kondisi luka yang terbuka disebabkan karena cedera.

Agar bisa menggunakan gel yang ada di dalam lidah buaya, Anda bisa coba memilih gel lidah buaya yang baru saja Anda petik. Lalu Anda bisa menerapkan atau menempelkannya pada bagian sendi lutut tanpa harus memijatnya dengan keras. Selain bisa mengatasi rasa ngilu, mengoleskan dan memijat lutut dengan menggunakan gel lidah buaya bisa mengatasi kondisi lelah atau pegal pada bagian sendi lainnya.

4. Mengobati menggunakan tanaman cakar kucing

Untuk bisa mengatasi rasa ngilu bahkan sakit pada persendian Anda juga bisa mengatasinya dengan menggunakan tanaman cakar kucing. Yaitu salah satu jenis tanaman herbal yang bisa menyembuhkan rasa nyeri pada bagian persendian dengan sangat alami atau dengan herbal. Tanaman yang mempunyai nama lain botani uncaria tomentosa adalah jenis tanaman yang sangat bisa mengatasi adanya permasalah pada bagian sendi lutut karena mempunyai kandungan anti inflamasi yang sangat ampuh untuk bisa meredakan rasa nyeri pada bagian persendian, linu persendian dan juga bengkak pada persendian. Saat ini Anda tidak perlu repot lagi untuk mengolah tanaman ini sendiri, sebab sudah dijual dalam bentuk kapsul di toko-toko herbal.

Sponsors Link

5. Mengobati menggunakan boswellia

Boswellia adalah salah satu jenis obat tradisional yang juga bisa mengatasi adanya peradangan dengan cukup cepat.  Tanaman obat ini adalah salah satu obat tradisional khas dari India. Fungsi tanaman ini bisa mencegah adanya produksi leuktorin yang terjadi di dalam tubuh. Leuktori adalah zat yang bisa mengakibatkan rasa ngilu dan juga nyeri pada persendia. Tanaman obat ini juga sangat baik untuk bisa mencegah terjadinya kehilang jaringan pada tulang rawan sehingga bisa membuat kondisi tulang menjadi lebih sehat lagi. Pengolahan obat ini biasanya di buat dalam bentuk gel untuk bisa mengoles kapsul agar bisa diminum. Anda juga bisa membeli obat herbal ini di toko-toko tradisional.

6. Mengobati ngilu dengan jahe

Jahe adalah salah satu rempah-rempah yang sudah sangat familia, tidak hanya digunakan untuk menambahkan rasa pada masakan saja jahe juga bisa dijadikan sebagai salah satu obat tradisional. Penggunaa jahe sebagai salah satu obat tradisional sudah banyak dilakukan oleh banyak orang, salah satunya untuk bisa mengatasi adanya masalah pada bagian persendian lutut.  Jahe bisa mengatasi adanya peradangan yang terjadi di bagian lutut dan bisa menjadi salah satu rempah yang digunakan cara menguatkan tulang. Untuk mengolahnya, Anda bisa coba menghancurkan jahe kemudian mengoleskannya pada bagian yang terasa sangat ngilu.

itulah pembahasan mengenai penyebab dan cara mengobati ngilu pada lutut yang dapat Anda ketahui agar bisa mengatasi dan menghindari masalah yang terjadi pada bagian persendian sesegara mungkin. Anda bisa juga mengkonsumsi  buah untuk menguatkan tulang agar mencegah terjadinya kerusakan pada tulang khususnya bagian lutut.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Friday 17th, November 2017 / 04:55 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang