Sponsors Link

20 Cara Menyembuhkan Tulang Geser Terbukti Paling Ampuh

Sponsors Link

Cara menyembuhkan tulang geser dapat dilakukan secara medis maupun non medi tergantung tingkat keparahan yang diderita oleh pasien. Tulang geser atau dislokasi dapat terjadi saat kita sedang melakukan aktivitas berolahraga seperti berjalan, berlari, dan lain – lain. Perasaan ini sangat tidak nyaman dan menimbulkan rasa sakit. Kasus ini hampir terjadi pada semua orang. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi pergeseran tulang. Berikut 20 Cara menyembuhkan tulang geser

ads

1. Istirahat

Saat terkena cedera, tulang yang mengalami pergeseran dibiarkan untuk istirahat tanpa melakukan kegiatan apapun yang melibatkan anggota tubuh cedera. Proses penyembuhan patah tulang tersebut harus dilakukan secara fokus agar mendukung kesembuhan lebih cepat. Pelatihan saat istirahat dapat dilakukan dengarn rutin melalui berbagai gerakan yang sederhana. Latihan bergerak santai dapat dilakukan setelah istirahat, hal tersebut untuk menjaga agar otot terhindar dari kekakuan. Istirahat saat anggota tubuh cedera berarti mengurangi aktivitas, bukan diam tidak bergerak sama sekali.

2. Kompres dengan Es

Bagian tulang yang mengalami pergeseran dapat dilakukan mengompresan untuk meminimalisir rasa sakit. Kompres dengan es juga dapat mengurangi bengkak yang terjadi pada anggota tubuh yang cedera. Cara mengopres dapat dilakukan dengan menempelkan es pada bagian tubuh yang cedera. Lama penempelan kurang lebih dua puluh menit. Pengompresan disarankan untuk dilakukan 3 kali dalam sehari. Lakukan perawatan ini selama 3 hari berturut – turut. Amati perkembangan yang terjadi. Jika air es yang dikompreskan membuat anggota tumbuh putih pucat karena kedinginan, segera hentikan cedera agar kondisi tidak semakin parah.

3. Pembalutan

Bagian tubuh yang mengalami cedera membutuhkan sesuatu untuk membalut. Hal tersebut agar mendukung pergeseran tulang tidak semakin parah. Balutan akan menahan terjadinya gerakan yang tidak diharapkan. Pembalut adalah obat tradisional patah tulang yang digunakan pada umumnya adalah perban dengan tekstur yang elastis. Cara memakai perban tersebut adalah dengan melilitkannya pada bagian tubuh yang cedera mulai dari ujung. Lilitkan perban hingga memberikan tekanan. Tekanan yang diberikan tidak boleh terlalu kuat. Perban tidak boleh longgar namun juga tidak boleh terlalu keras melilit. Pastikan perban yang dililitkan aman dan membuat penderita nyaman.

4. Elevate atau Pengangkatan

Pengangkatan dapat dilakukan pada bagian tubuh yang mengalami cedera misalnya kaki. Cara ini dapat diterapkan dengan mengangkat kaki tersebut hingga tepat di posisi jantung. Cara ini telah dicoba dan dinilai ampuh untuk membuat kaki menjadi lebih baik. Pada pergelangan kaki kegiatan ini dapat membuat cairan yang terjadi karena cedera cepat kering.

5. Latihan dengan Posisi Duduk di Kursi

Latihan bermaksud membuat ligamen bisa pulih seperti sedia kala. Latihan ini disarankan pada penyembuhan tulang retak maupun cedera kaki. Pertama menempatkan diri dengan posisi duduk di kursi. Bagian yang keseleo ditempel sejajar pada lantai bagian atas. Kaki dapat digerakan ke kanan dan ke kiri. Latihan tersebut dapat dilakukan selama 3 menit. Hal yang harus dilakukan memastikan kaki ada di lantai.

6. Latihan Berputar Anggota Gerak

Jika mengalami cedera pada pergelangan kaki, latihan yang dapat dilakukan yaitu memutar pergelangan secara perlahan. Jika cedera terjadi pada jari – jari kaki, dapat dilakukan gerakan perlahan menuliskan anggota abjad. Pergerakan yang dilakukan dapat melatih otot – otot. Pada pergelangan kaki yang mengalami pembengkakan, kaki harus ditinggikan.

7. Peregangan

Peregangan dapat dilakukan dengan pengawasan dari tenaga medis. Bagian otot yang ceder bila didiamkan akan mengeras atau kaku. Peregangan sangat diperlukan untuk menormalkan otot kembali. Jika menghindari peregangan, cedera akan menjadi lebih serius. Peregangan pada cedera kaki dapat dicoba dengan berdiri dan menempelkan tangan di dinding. Kaki yang cedera disimpan pada satu langkah di belakang kaki yang normal. Peregangan dapat dilakukan selama 15 hingga 30 detik. Latihan itu dapat diulang 2 hingga 4 kali sehingga kondisi ligamen menjadi lebih baik.


8. Penggunaan Aloe vera atau Lidah Buaya

Lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk kebaikan kulit dan rambut. Lidah buaya dapat dijadikan obat untuk pergeseran tulang. Cara penggunaan lidah buaya ini adalah dengan mengambil gel lidah buaya. Gunakan cotton bud basah kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang cedera. Gel kemudian dibiarkan mengering. Zat gliserin dapat juga ditambahkan agar menjadi lebih kental.

9. Penggunaan Minyak Esensial Serai

Minyak esensial serai memiliki banyak kandungan yang diantaranya zat anti-bakteri, zat analgesik dan zat antiseptik. Kandungan – kandungan tersebut dapat melancarkan peredaran darah. Otot dan sendi juga terasa lebih nyaman karena kehangatan yang dapat dirasakan. Penggunaan minyak ini dapat diterapkan tiga kali sehari.

10. Pemanfaatan Jahe

Jahe sangat bermanfaat untuk memberikan kehangatan. Rasa hangat akan memberikan rasa nyaman. Banyak olahan makanan yang berasal dari jahe. Jahe juga banyak dijadikan obat herbal diantaranya obat batuk, masuk angin, dan pergeseran tulang. Bahan baku jahe sangat mudah ditemukan dan harganya cukup terjangkau. Pembuatan obat dari bahan baku jahe sangat mudah dilakukan.

Cara mengobati bagian tubuh yang sakit dengan cara menyiapkan air 8 gelas yang dituangkan pada wadah. Irisan jahe yang telah dibersihkan dimasukan ke dalam air tersebut. Besar siung jahe 2 hingga 3 inci. Ramuan tersebut dididihkan dan selama lima menit. Larutan jahe didiamkan hingga asap panas hilang. Handuk atau kain bersih direndam pada air jahe yang masih hangat tersebut. Bagian tubuh yang cedera dibalut dengan handuk yang telah direndam. Pengobatan dengan ini dianjurkan untuk dilakukan setelah 2 hingga 3 hari .

11. Memakai Kubis

Kubis selain menjadi makanan yang enak dapat pula digunakan menjadi obat alternatif untuk cedera. Kubis kaya akan vitamin dan fitonutrien membuat proses penyembuhan cedera lebih cepat. Daun kubis yang paling luar sebaiknya di buang. Daun bagian dalam dihancurkan sehingga diperoleh ekstrak. Daun kubis terlebih dahulu dipanggang di dalam oven dengan berlapis alumuniun foil. Suhu yang digunakan suhu sedang. Kubis yang telah hangat ditempelkan pada bagian tubuh yang cedera. Cedera yang telah ditempelkan kubis kemudian dibalut oleh perban.

12. Minyak Jarak

Minyak jarak mengandung asam risinoleat yang berguna untuk meredakan cedera pada pergelangan. Zat tersebut akan meringankan inflamasi atau peradangan pada bagian cedera. Banyak orang yang sudah merasakan khasiat dari penggunaan minyak jarak. Penggunaan minyak ini hanya dengan menuangkan pada wadah. Gunakan kain katun untuk pengoles pada anggota tubuh yang keseleo. Letakkan kain tersebut selama kurang lebih 30 menit. Lakukan hal tersebut selama 2 hari berturut – turut. Terapi ini dapat diterapkan selama 3 kali sehari. Pemulihan pada anggota badan tersebut akan berproses lebih cepat.

13. Pemanfaatan Minyak Zaitun

Minyak zaitun sangat baik digunakan untuk minyak goreng. Minyak zaitun adalah salah satu obat yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Minyak zaitun yang digunakan untuk menjaga kesehatan tubuh dapat dikonsumsi 1 sendok selama satu hari. Pada pengobatan cedera pergeseran tulang, minyak zaitun dapat dipanaskan terlebih dahulu sebanyak satu sendok. Minyak zaitun hangat kemudian diterapkan kepada daerah yang mengalami cedera. Hati – hati jika akan dilakukan pemijatan. Lakukan pengolesan minyak ini dalam beberapa menit saja. Pengolesan dapat diaplikasikan dalam tiga kali sehari. Otot akan menjadi lebih rileks dan peredaran darah menjadi lebih lancar.

Cara lain dalam mengaplikasikan minyak zaitun dapat dilakukan dengan mencampurkan 1 sendok minyak zaitun dengan 1 kuning telur. Ramuan tersebut kemudian diaduk rata. Setelah ramuan tercampur dengan baik, kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami cedera. Biarkan beberapa saat hingga ramuan mengalami penyerapan. Kain katun bersih membungkus daerah cedera yang telah diberi minyak zaitun. Proses pengobatan dilakukan berulang ulang hingga keadaan terasa membaik.

14. Memakai Kunyit

Kunyit adalah rempah yang mudah didapatkan. Salah satu bumbu dapur ini sudah dikenal sebagai penyedap masakan. Bahan alami ini mampu mempercepat proses kesembuhan pada kaki. Jika cedera disertai dengan peradangan, kunyit akan mampu untuk mengurangi rasa sakit. Agar ramuan menjadi lebih efektif, penambahan jeruk nipis sebanyak 1 sendok. Takaran kunyit yang digunakan yakni 2 sendok saja. Pasta kunyit dapat langsung digunakan pada anggota tubuh cedera selama 10 jam sekali.

15. Penggunaan Bawang Putih

Bawang putih adalah rempah dapur yang memiliki khasiat anti bakteri. Penggunaan bawang putih cukup efektif dalam mendukung penyembuhan pada cedera. Bahan bawang putih dapat dicampurkan dengan minyak almond sebanyak 1 sendok teh. Pengobatan dengan minyak almond dapat dilakukan sebanyak 3 kali dalam sehari.


16. Penggunaan Bawang Merah

Bawang merah adalah salah satu obat mujarab untuk penghangat badan. Penggunaan pada anggota tubuh yang cedera akan mengakibatkan peredaran darah lancar. Sebelum digunakan, bawang terlebih dahulu disimpan pada kulkas. Bawang kemudian dioleskan pada bagian tubuh yang mengalami pergeseran tulang. Perawatan ini dapat dilakukan berulang selama 8 jam sekali. Penanganan yang baik pada tulang cedera adalah salah satu upaya pencegahan kanker tulang.

17. Imobilisasi

Imobilisasi dapat dilakuakan dengan pemasangan gips atau pen. Fungsi gips pada patah tulang dan tulang geser sama efektif untuk menyembuhan lebih cepat.

18. Operasi

Operasi adalah jalan terakhir saat semua pengobatan sudah tidak dapat mengembalikan tulang ke posisi awal maka diperlukan operasi.

19. Terapi

Terapi dilakukan sesuai dengan arahan dan prosedur dari tenaga medis.

20. Rehabilitasi

Rehabilitasi adalah perawatan yang dilakukan paska operasi untuk memperbaiki dan memulihkan pergerakan sendi.

Tulang adalah bagian yang menopang tubuh kita, untuk itu pentingnya untuk menjaga kesehatan tulang dan berhati-hati dalam aktivitas. Tulang yang bergeser perlu pernyembuhan yang intensif agar segara pulih. Demikianlah pembahasan mengenai cara menyembuhkan tulang geser, semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Tuesday 31st, October 2017 / 07:12 Oleh :
Kategori : Pengobatan