Sponsors Link

Dislokasi Sendi Pergelangan Tangan: Gejala, Bahaya dan Pengobatannya

Sponsors Link

Beberapa orang pasti pernah mengalami dislokasi, apa itu? Secara umum dislokasi merupakan terjadinya pergeseran atau lepasnya tulang dari ruang sendi yang telah menyokong terjadinya pergerakan. Adapun misalnya yakni pada sendi panggul dan pangkal paha, tulang bahu dengan lengan atas, atau pada kasus lain yakni terjadi pada lengan bawah dengan telapak tangan (pergelangan tangan).

ads

Tetapi berdasarkan penelitian, dislokasi pada regio ini bisa diasosiasikan dengan adanya patah dari salah satu tulang yang ada pada sendi pergelangan tangan, jika tidak begitu parah maka hanya akan mengalami pergelangan tangan nyeri dan bengkak saja, namun kalau sudah parah akan terjadi komplikasi. Kondisi yang seperti ini cukup sering ditemukan pada UGD atau ruang gawat darurat. Dalam kasus Dislokasi Sendi Pergelangan Tangan, telah terjadi pergeseran pada tulang-tulang kecil yang disebut dengan tulang karpal.

Bahkan hal ini bisa terjadi kerusakan ligamen juga. Ligamen merupakan sebuah jaringan ikat yang menghubungkan tulang dengan tulang. Adanya pergeseran tulang serta kerusakan ligamen mampu memicu perubahan bentuk dari pergelangan itu sendiri. Dislokasi seringkali dikaitkan dengan adanya patah tulang, hal itu berlandaskan beberapa alasan seperti berikut ini:

  • Pergelangan tangan telah dilindungi oleh penyambung otot yang kuat. Sehingga dibutuhkan daya atau energi cukup besar untuk dapat menyebabkan lepasnya tulang dari persendian ini, yang kemungkinan juga bisa menimbulkan ciri ciri patah tulang pergelangan tangan berikut.
  • Apabila terjadi gerakan memutar dan tertarik pada pergelangan tangan, hal itu bisa menyebabkan adanya robekan yang telah terjadi cukup hebat sehingga memungkinkan patah pada tulang pergelangan tangan.
  • Masalah lainnya yakni kemungkinan adanya trauma langsung yang menyebabkan selain adanya dislokasi, juga terjadi patah pada tulang lantaran besarnya daya yang diterima.

Sedangkan beberapa aktivitas yang sering di kaitkan dengan terjadinya Dislokasi Sendi Pergelangan Tangan yaitu seperti di bawah ini:

  • Mengalami kecelakaan kendaraan bermotor
  • Kecelakaan dalam kerja
  • Kecelakaan saat sedang olahraga
  • Tergelincir dan jatuh pada permukaan yang licin

Penyebab dari dislokasi ini harus anda pahami sebelum melakukan perawatan. Hal paling utama yang menimbulkan kejadian ini adalah cedera. Dislokasi yang di akibatkan oleh cedera, terutama benturan keras yang dialami oleh sendi. Beberapa faktor yang mampu meningkatkan risiko kondisi ini adalah:

  • Olahraga – Kemungkinan aktivitas olahraga yang di maksud yakni seperti ketika bermain basket, sepak bola, senam, atau gulat.
  • Kecelakaan – Terjadi kecelakaan dalam kendaraan bermotor maupun kecelakaan lainnya.
  • Genetik – Faktor gen adalah garis keturunan, yang beberapa orang bisa saja terlahir dengan kondisi ligamen cukup lemah. Hal itu akan menyebabkan seseorang tersebut rentan mengalami dislokasi maupun menjadi penyebab cedera acl.
  • Orang Lanjut Usia – Lansia memang seringkali di kaitkan dengan kondisi fisiknya, terutama dislokasi ini. Orang lanjut usia mempunyai kecenderungan untuk jatuh dan juga mengalami dislokasi.
  • Anak-anak – Penyebab lainnya yakni karena masih anak-anak. Dalam maksud ini, mereka (anak-anak) cenderung mempunyai aktivitas fisik yang tinggi. Tetapi jika tidak diawasi oleh orang dewasa, maka dislokasi dapat terjadi.

Gejala Dislokasi Pada Sendi Pergelangan Tangan

  • Sendi pergelangan tangan akan mengalami bengkak dan memar.
  • Terjadi warna merah atau menghitam seperti lebam pada sendi yang terkena dislokasi.
  • Ketidak normalan bentuk sendi yang mulai terjadi.
  • Sakit pada saat di gerakkan.
  • Mati rasa di sekitar sendi pergelangan tangan.

Diagnosis Penyakit

  • Foto Rontgen

Pengambilan foro rontgen guna menunjukkan adanya dislokasi atau kerusakan lain di area sendi yakni seperti patah tulang. Fungsi dari melakukan hal ini cukup banyak, mulai dari tulang bengkok karena jatuh, tulang dada menonjol, fraktur tulang tengkorak dan beberapa kejadian lainnya.

  • MRI

Dilakukan MRI untuk membantu dokter agar mampu menilai kerusakan pada struktur jaringan lunak di sekitar sendi yang telah mengalami dislokasi.

Sponsors Link

Pengobatan

Sedangkan untuk pengobatannya akan di sesuaikan dengan keparahan dislokasi yang sedang di alami. Adapun bentuk pengobatannya yakni sebagai berikut:

  • Reduksi

Reduksi merupakan salah satu tindakan yang dilakukan oleh dokter untuk berupaya mengembalikan tulang ke posisi semula. Ini juga merupakan obat tulang bergeser paling ampuh yang perlu diterapkan ketika Anda mengalami permasalahan dengan tulang Anda.

  • Imobilisasi

Dilakukan imobilisasi ketika tulang telah kembali ke posisi semula, dokter akan menghambat gerak sendi dengan menggunakan penyangga seperti gips, selama beberapa waktu ke depan. Perawatan ini juga ditujukan untuk penderita kelumpuhan akibat cedera tulang belakang.

  • Operasi

Langkah mutakhir yang bisa di lakukan dan di sarankan oleh dokter adalah operasi. Prosedur bedah dilakukan jika cara-cara lain telah gagal mengatasi. Terlebih lagi jika dokter tidak mampu mengembalikan tulang ke posisi semula atau ketika pembuluh darah, saraf, atau ligamen yang berdekatan dengan dislokasi telah mengalami kerusakan, maka dokter akan melakukan operasi.

  • Rehabilitasi

Usai penyangga sendi dilepas, maka pasien akan menjalani program rehabilitasi untuk memulihkan jangkauan gerak serta kekuatan sendinya.

Inilah pentingnya anda memahami tentang kondisi Dislokasi Sendi Pergelangan Tangan, terdapat penyebab, gejala sampai dengan pengobatan yang bisa anda ketahui sehingga ketika sewaktu-waktu Anda menemukan dugaan kejadian dislokasi, sudah mengetahui bagaimana ciri, penyebab hingga penanganannya yang baik dan tepat. Demikian artikel yang telah di sampaikan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Sunday 04th, November 2018 / 23:49 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang