Sponsors Link

6 Makanan Penyebab Kram Otot yang Perlu Dihindari

Sponsors Link

Kram otot adalah satu kondisi dimana jaringan otot mengalami kondisi kekauan dan ketegangan seperti tertarik, yang bisa menyerang bagian otot mana saja dan pada umumnya dialami di daerah jari kaki, betis atau perut. Pada saat terkena kram otot biasanya akan muncul rasa ngilu dibarengi dengan nyeri selama beberapa detik hingga menit.

ads

Kondisi ini bukanlah gejala kelainan pada tulang, namun adanya gangguan pada otot karena kondisi tertentu seperti kelelahan atau kekurangan oksigen. Sehingga penanganan kram otot bisa dilakukan dengan mudah bahkan bisa hilang sendiri setelah beberapa saat. Akan tetapi pada beberapa kasus dimana penderita mengalami penyakit tertentu, kram otot bisa diperparah dengan mengkonsumsi makanan penyebab kram otot seperti berikut ini:

1. Makanan cepat saji atau fast food

Fast food memiliki kandungan zat lemak trans maupun lemak jenuh tinggi, yang tidak hanya membuat gemuk karena menumpuk di perut tapi juga bisa menjadi salah satu pemicu kram otot tambah parah. Zat yang tidak penting di dalam fast food bisa memperparah kondisi jika seseorang menderita gangguan otot atau tulang dan bisa menjadi penyebab kaki sering kram.

2. Makanan kemasan atau makanan ringan

Makanan ringan seperti chips, kripik atau makanan olahan pabrik lainnya yang banyak dijual di supermarket juga bisa termasuk makanan penyebab kram otot menjadi semakin parah. Makanan sejenis ini sebagian besar menggunakan banyak bahan tambahan makanan seperti pewarna, pengawet, perasa dan lainnya yang mana tidak memiliki manfaat untuk kesehatan.

3. Minuman kemasan

Seperti halnya makanan ringan atau kemasan, minuman kemasan juga banyak mengandung zat aditif seperti pewarna, pengawet, kadar gula yang tinggi atau lainnya. Sehingga harus dihindari mengkonsumsi minuman kemasan ketika menderita gangguan otot atau tulang agar tidak menyebabkan timbulnya ciri-ciri kram otot, malah harus memperbanyak konsumsi air putih.

4. Minuman bersoda atau berkarbonasi

Di samping minuman kemasan rasa-rasa, minuman bersoda atau berkarbonasi juga harus dihindari agar tidak menimbulkan kram otot karena menderita penyakit ortopedi. Minuman bersoda menjadi salah satu jenis makanan penyebab kram otot bertambah parah, apalagi ketika tubuh mengalami dehidrasi yang bisa menyebabkan darah terhambat alirannya ke otot.

5. Makanan berminyak atau berlemak

Jenis makanan yang berminyak maupun berlemak tidak hanya menjadi makanan penyebab kram otot bertambah parah, namun ternyata juga menjadi makanan pantangan kanker otot. Misalnya saja gorengan, jeroan, daging atau lainnya karena bisa mengakibatkan aliran darah ke otot menjadi tersumbat dan menyebabkan otot kekurangan asupan oksigen yang bisa menjadi penyebab munculnya kram otot.

6. Makanan terlalu manis

Berbagai makanan yang terlalu manis atau banyak akan kandungan gula tidak hanya bisa memperparah diabetes, namun juga bisa menjadi penyebab tulang ngilu-ngilu dan sakit disertai dengan kram otot. Kandungan gula dapat menganggu sistem imun tubuh, sehingga tidak hanya bisa memudahkan munculnya kram otot namun juga bisa memicu gangguat otot dan persendian lainnya.

Jadi dapat disimpulkan bahwa kram otot pada dasarnya tidak akan muncul akibat mengkonsumsi makanan tertentu. Hanya saja jika penderita memiliki penyakit atau macam-macam penyakit  tulang, kram otot bisa terpicu dengan mengkonsumsi makanan penyebab kram otot seperti di atas. Demikian ulasan mengenai beberapa makanan yang bisa memicu dan menyebabkan kram otot semakin parah yang harus dihindari, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 05th, November 2018 / 03:03 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman