Sponsors Link

8 Efek Samping Operasi Tulang Selangka yang Perlu Anda Kenali

Sponsors Link

Sama seperti yang telah di bahas di lain kesempatan, bahwa operasi memiliki efek samping yang harus diketahui. Sedangkan apa saja yang bisa di lakukan operasi adalah pertulangan, seperti yang pernah di singgung. Tulang adalah pondasi badan untuk melakukan aktivitas dan juga bergerak. Jadi apabila terjadi hal-hal buruk pada tulang, entah ringan atau berat tetap saja sebaiknya segera melakukan pengobatan.

ads

Karena jika sudah dalam kondisi yang parah, tanpa operasi pun tulang akan semakin parah. Operasi sendiri akan di jalankan sesuai prosedurnya. Adapun kondisi tulang yang boleh melakukan operasi jika keadaan telah parah dan berbagai penanganan tidak mengatasi. Akan tetapi melakukan operasi akan menjumpai efek sampingnya. Nah, tugas anda disini adalah untuk mengetahui apa saja yang menjadi efek sampingnya.

Terkena benturan atau mengalami kecelakaan lalu lintas bisa membuat anda mengalami patah tulang selangka. Jika sudah begitu, biasanya dokter akan melakukan beberapa tindakan untuk menyembuhkan patah tulang selangka. Seperti pemberian obat, operasi akan dilakukan jika sudah dirasa patah tulang selangka fatal, hingga terapi. Jika anda yang mengalami patah tulang selangka melakukan pengobatan sesuai anjuran dokter, kemungkinan besar kondisi anda akan mulai membaik.

Setiap orang yang mengalami patah tulang selangka sembuh dalam waktu yang berbeda-beda. Tergantung tingkat keparahannya, posisi tulang, serta usia. Pada umumnya, orang dewasa membutuhkan waktu cukup lama, yakni 6 hingga 8 minggu. Sementara anak-anak biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3 sampai 6 minggu.

Mengapa kesembuhan lebih cepat anak-anak ? Karena anak-anak masih mampu memproduksi kolagen yang lebih dibandingkan orang dewasa. Namun untuk kolagen ini sendiri sebenarnya bisa dipercepat pada orang dewasa, caranya yakni mengkonsumsi berbagai jenis vitamin untuk tulang rawan berikut.

Sementara itu, pengertian tulang selangka atau klavikula adalah dua tulang yang ada di kanan dan kiri dada bagian atas, tepatnya di bawah leher. Kedua tulang tersebut berfungsi menghubungkan tulang dada dengan tulang belikat. Efek Samping Operasi Tulang Selangka, beberapa orang menginginkan kesembuhan secara sempurna.

Tak sedikit pula orang yang memutuskan melalui jalan operasi agar tulang selangka bisa segera pulih. Pelaksanaan operasi hanya diperlukan jika patah tulang selangka terjadi sudah cukup parah. Jangan sampai Anda mengalami akibat patah tulang yang tidak diobati ini sebab kejadiannya benar-benar akan menjadikan keadaan semakin parah.

Teknik yang kerap di gunakan untuk operasi patah tulang selangka adalah memasang plat dan sekrup untuk penyambungan tulang. Anda bisa langsung menanyakan pada dokter mengenai keuntungan serta resikonya. Berikut ini Efek Samping Operasi Tulang Selangka :

  1. Terasa Nyeri

Salah satu efek samping Operasi Tulang Selangka yang sering dikeluhkan oleh beberapa pasien pasca operasi adalah rasa sakit atau nyeri yang luar biasa. Apalagi ketika pasien menghirup nafas, tulang di bagian dada terasa sakit. Apakah berbahaya ketika mengalami rasa nyeri pada tulang selangka? Jawabannya bisa diketahui pada link tersebut.

  1. Infeksi

Infeksi bisa saja terjadi saat operasi tulang selangka dilakukan dengan pemasangan pen pada tulang. Akan tetapi hal ini jarang terjadi, hal ini dikarenakan prosedur sebelum melakukan operasi mengharuskan untuk mensterilkan semua peralatan medis untuk mencegah terjadinya infeksi.

Sponsors Link

  1. Ngilu

Efek Samping Operasi Tulang Selangka, pemasangan pen pada tulang memang sering dikeluhkan oleh beberapa pasien. Rasa ngilu akan muncul ketika cuaca dan suhu yang dingin. Hal tersebut memang wajar, pasalnya pen sendiri terbuat dari bahan logam. Namun hal ini beda lagi kejadiannya ketika Anda mengalami tulang ngilu dan badan lemas yang masih cukup mudah penanganannya.

  1. Memicu Komplikasi

Menurut ahli medis, pemasangan pen pada tulang selangka yang cukup lama bisa menimbulkan komplikasi lainnya. Terutama pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Jika pen tersebut tidak dilepas, bisa mengganggu pertumbuhan tulangnya. Ketika pen tulang tidak dilepas maka akan menimbulkan berbagai macam bahaya dan akibat yang mungkin lebih parah dibanding sebelumnya.

  1. Bekas Luka

Efek Samping Operasi Tulang Selangka, melakukan operasi tentu saja sudah siap memiliki bekas luka di area yang dilakukan tindakan. Bagi kaum hawa hal ini bukan sesuatu yang menyenangkan. Sehingga wanita yang mengalami patah tulang selangka lebih memilih terapi dibandingkan operasi. Namun banyak pula yang memutuskan operasi demi kesembuhan tulang selangkanya.

Sponsors Link

  1. Biaya yang Besar

Bukan lagi rahasia, jika memilih operasi akan menguras kantong. Operasi tulang selangka memang menghabiskan banyak biaya dibandingkan penyembuhan dengan metode lainnya. Karena itu, pastikan terlebih dahulu kondisi finansial cukup dan sanggup mengatasi biaya untuk perawatan tersebut. Mungkin dengan cara terapi patah tulang selangka ini Anda bisa lebih menghemat biaya cukup banyak.

  1. Lengan Tidak Bisa Digerakkan

Efek Samping Operasi Tulang Selangka, salah satunya yakni lengan tidak bisa digerakkan. Terlebih jika anak-anak yang baru lahir, anak tersebut sering tidak bisa menggerakkan lengannya.

  1. Berair

Setelah melakukan operasi, tentunya pasien merasa sakit dan tentunya lokasi yang mengalami operasi akan terlihat basah. Adapun basah ini bisa karena pengaruh obatnya saja. Akan tetapi kalau kejadian tersebut disertai dengan tulang selangka bengkak, wajib waspada dan segera konsultasikan kepada Dokter ahli.

Demikian dari efek samping Operasi Tulang Selangka yang perlu Anda ketahui agar dapat memutuskan memilih lanjut melakukan operasi dengan tingkat kesembuhan lebih cepat atau menerapkan metode tradisional saja. Sebaiknya periksakan segera pada dokter untuk menemukan solusi.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Monday 08th, October 2018 / 23:39 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang