Sponsors Link

6 Cara Terapi Patah Tulang Selangka Paling Ampuh dan Mudah Diikuti

Sponsors Link

Terapi Patah Tulang Selangka adalah teknik terbaik yang bisa di lakukan. Setiap orang yang mengalami kondisi patah tulang di bagian selangka tentu ingin segera pulih dan bisa melakukan aktivitas seperti biasa. Namun banyak sekali perjuangan yang harus di tempuh mereka. Umumnya, kondisi seperti ini selalu di sarankan dengan teknik medis seperti operasi. Sayangnya tidak semua orang menyukai cara pengobatan yang di anggap lebih rumit tersebut. Untuk itu, Terapi Patah Tulang Selangka bisa di lakukan dengan berbagai cara.

ads

Anda juga harus mengetahui apa yang di maksud dengan patah tulang selangka. Katakan saja patah tulang, yakni suatu kondisi tulang yang tidak kokoh lagi seperti semula alias telah retak atau patah akibat beberapa kondisi seperti benturan keras, jatuh, atau bisa juga akibat dari pukulan keras dan luar biasa. Jadi, patah tulang selangka ini penderitanya telah mengalami patah dibagian tulang selangkanya. Saat mengalami kondisi seperti ini, seseorang di sarankan untuk lebih banyak istirahat di samping melakukan penanganan yang tepat.

Pengertian lainnya, patah tulang selangka disebut juga dengan fraktur klavikula yaitu cedera yang biasa terjadi akibat terjatuh atau tabrakan dengan bertumpu pada bahunya. Dampak getaran yang cukup kuat muncul akibat benturan disalurkan dari lengan atau tangan menuju ke tulang selangka dan hingga mematahkannya. Tulang selangka adalah dua tulang yang berada di bagian kanan dan bagian kiri dada atas, tepat di bawah leher. Kedua tulang inilah yang menghubungkan antara tulang dada atau sternum dengan tulang belikat. Nah, bagi Anda yang tengah mengalami penyakit tulang dada menonjol, segera ketahui penyebab dan tindakannya supaya tidak lebih parah lagi keadaannya.

Patah tulang selangka bisa menyerang siapapun tanpa mengenal waktu terjadinya, bisa secara tiba-tiba akibat kejadian yang sudah di sebutkan di atas. Salah satunya bisa juga terjadi pada bayi akibat dari proses persalinan. Berikut tanda-tanda dan gejala patah tulang selangka yang perlu Anda ketahui

Tanda Patah Tulang Selangka

  • Pembengkakan

Untuk pembengkakan ini pastinya bakal terjadi pada bagian yang terserang alias selangka, selain itu rasa sakit yang ditimbulkan luar biasa. Nah, untuk mengatasi kejadian seperti ini Anda bisa mengikuti cara mengobati tulang belakang yang wajib dicoba berikut.

  • Tumbuh Benjolan

Tidak hanya mengalami bengkak saja, para penderita biasanya juga akan mengalami benjolan yang tidak begitu nyaman dan terasa empuk saat disentuh.

  • Memar Kulit

Pada kulit akan terjadi memar seperti alergi yang umum terjadi sehingga menyebabkan kulit bewarna kemerah-merahan.

  • Sulit Gerakkan Bahu

Gejala yang timbul lainnya adalah sulitnya dalam menggerakkan lengan dan bahu. Hal ini dikarenakan selangka dan bahu memiliki syaraf yang saling terhubung. Namun, jika yang sedang Anda alami itu adalah nyeri sendi bahu lengan, segera ketahui gejala, penyebab serta pengobatannya supaya keadaan tidak semakin parah.

  • Pemerosotan Bahu

Tidak hanya akan sulit digerakkan saja karena bahu juga akan terlihat lebih merosot ke bawah dan ke depan karena akibat dari beban lengan.

  • Mati Rasa

Salah satu tanda lainnya yaitu timbulnya kesemutan atau mati rasa saat syaraf di lengan yang mengalami luka. Tidak hanya penderita patah tulang selangka saja yang akan mengalami mati rasa, para penderita Tumor Tulang juga bisa mengalami kejadian seperti ini yang mana dapat berdampak buruk bagi kesehatan kalau dibiarkan saja.

Sponsors Link

Penyebab Patah Tulang Selangka

  • Terjatuh

Pada saat terjatuh dan mendarat pada bahu, atau pada lengan yang lurus bisa mengakibatkan terjadinya patah tulang selangka secara tiba-tiba, baik sementara atau permanen. Selain bisa menimbulkan patah tulang selangka, seseorang yang terjatuh bisa saja terkena cedera tulang rusuk, tulang pinggul geser, dan beberapa kejadian yang lain.

  • Kecelakaan

Patah tulang selangka juga di sebabkan dari terjadinya kecelakaan mobil, motor, atau bahkan bersepeda. Akan tetapi kalau kecelakaannya tidak terlalu parah, kejadian seperti ini masih bisa ditanggulangi.

ads
  • Olahraga

Tanpa banyak yang tahu bahwa olahraga bisa menyebabkan patah tulang selangka. Hal ini akibat dari hantaman langsung ketika berolahraga pada bagian bahu.

  • Kelahiran

Bayi yang masih baru lahir mempunyai kondisi tulang masih muda, ini yang membuat tulangnya sangat sensitif bila di pegang tanpa teknik tepat. Namun, bagi sang Ibu tentunya juga pada penasaran mengapa bisa mengalami sakit tulang ekor pasca melahirkan, untuk mengetahui penyebabnya Anda bisa mengetahuinya pada pembahasan kenapa sakit tulang ekor setelah melahirkan berikut.

Demikian dari gejala dan juga penyebab terjadinya patah tulang selangka. Untuk Terapi Patah Tulang Selangka sebagai langkah aman yang bisa anda lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Terapi dengan Alat Bantu

Proses penyembuhan satu ini adalah dengan menggunakan penyangga lengan yang berbentuk segitiga. Tujuannya untuk menahan lengan dan tulang kembali ke posisi yang normal. Kemudian tulang dibiarkan untuk kembali bersatu dengan sendirinya.

  1. Pemberian Obat Khusus

Jenis obat yang bisa diberikan adalah obat penghilang rasa sakit untuk membantu mengatasi rasa sakit yang muncul. Untuk obat yang digunakan ini juga berbeda tentunya dengan obat tradisional penyakit lordosis karena sudah ada takaran dan komposisinya sendiri-sendiri.

  1. Operasi

Jalur medis memang menjadi pilihan paling utama ketika terjadi patah tulang selangka. Salah satunya dengan melakukan operasi yang memberikan peluang pemulihan tulang cukup besar. Hal ini juga akan di lakukan apabila terjadi patah tulang parah seperti tulang patah dan merobek jaringan serta kulit luar atau tulang tidak bisa sejajar dengan baik. Akan tetapi bagi Anda yang tidak mau melakukan operasi karena berbagai hal, Anda bisa mengikuti teknik penyembuhan patah tulang tanpa operasi ini.

  1. Terapi Pijat

Jika anda menginginkan pemulihan lebih alami bisa juga dengan melakukan pijat terapi patah tulang selangka. Adapun jenis pijat yang bisa menyembuhkan patah tulang adalah refleksi. Lalukan pada terapis yang sudah profesional sehingga mengerti teknik.

Sponsors Link

  1. Latihan Gerak

Anda bisa melakukan latihan gerak setiap hari secara perlahan. Dengan teknik ini pelan-pelan kondisi tulang akan sedikit membaik. Cara yang satu ini juga merupakan salah satu pengobatan paling ampuh untuk pengapuran tulang ekor, Anda bisa menyimak ulasan selengkapnya mengenai cara dan gejala pengapuran tulang ekor berikut.

  1. Terapi Clavicular Strap

Clavicular strap adalah sebuah terapi dengan memanfaatkan balutan elastis yang digunakan untuk menarik bahu ke belakang, mengurangi dan mengimobilisasi tulang yang telah patah.

Terapi Patah Tulang Selangka ini bisa anda lakukan dari sekarang untuk memberikan rangsangan lebih cepat demi kesembuhan sehingga tubuh bisa digunakan untuk beraktivitas sebagaimana mestinya.

Sponsors Link
, ,




Post Date: Tuesday 03rd, April 2018 / 14:43 Oleh :
Kategori : Pengobatan