Sponsors Link

Menakjubkan, 4 Khasiat Brokoli untuk Tulang yang Wajib Anda Ketahui!

Sponsors Link

Apakah Anda akrab dengan sayuran yang bentuknya seperti miniatur pohon? Ya, itu brokoli yang memang kepala bunganya sangat rapat tersusun sehingga nampak seperti miniatur pohon. Brokoli juga hampir serupa penampakan kembang kol versi warna hijau. Brokoli sendiri adalah salah satu sayuran hijau yang termauk dalam keluarga kubis-kubisan. Asal sebenarnya dari wilayah Italia dan baru dikenal pada abad ke-6. sekarang, sudah sangat mudah mendapatkann brokoli di pasar, swalayan, atau kebun. Selayaknya hampir semua sayuran, brokoli kaya akan kandungan nutrisi yang berkhasiat untuk kesehatan tubuh. Jika ada masalah kelainan pada tulang, brokoli bisa membantu. Zat nutrisi yang khas adalah senyawa fitonutrien, vitamin, dan mineral yang punya khasiat brokoli untuk tulang.

ads

Kandungan Nutrisi Brokoli

Sudah disebutkan bahwa brokoli kaya akan kandungan nutrisi, nah, untuk mengetahui lebih lanjut tentang khasiat brokoli untuk tulang, alangkah lebih baiknya Anda tahu kandungan nutrisi brokoli. Dalam segelas brokoli yang disajikan atau sekitar 156 gr brokoli, inilah kandungan di dalamnya:

  1. Makronutrien

Kebutuhan tubuh akan serat terpenuhi 21%, plus kandungan protein sebesar 7%, omega-3 nya 8% dari angka kebutuhan asupan harian tiap orang. Dilengkapi juga dengan paduan senyawa beta karoten, fitonutrien, sulfur dan anti oksidan yang cukup.

  1. Vitamin

Dari angka kebutuhan asupan harian manusia, brokoli secara penuh 100% mampu mencukupi kebutuhan vitamin K serta C, 42% untuk memenuhi kolat, lalu 13% sampai 19% kebutuhan akan vitamin A, B2, E, B5, B6, serta kolin terpenuhi. Asupan B1 serta B3 tercapai 5% sampai 8%.

  1. Mineral

Dari keseluruhan kebutuhan asupan harian manusia dalam hal mineral, chromium mencapai 53%. pottasium 11% sampai 13%, mangan dan fosfor berkisar 15%, lalu zat-zat lain seperti zat besi, zinc, magnesium, dan kalsium sebesar 5% hingga 8%. Kandungan mineral berlimpah inilah yang menjadikan khasiat brokoli untuk tulang mampu bekerja.

Khasiat Brokoli untuk Tulang

Setelah mengetahui kandungannya yang kaya nutrisi, lalu apa khasiat brokoli untuk tulang?

  • Penting untuk Pertumbuhan Tulang dan Gigi Anak

Tulang dan gigi pada anak-anak masih dalam tahap pertumbuhan sehingga cenderung belum terlalu kokoh dan kuat. Apa lagi gigi anak masih gigi susu yang dalam proses berganti menjadi gigi tetap. Maka, brokoli yang mengandung mineral kalsium, zat besi, magnesium, dan berbagai vitamin akan membantu proses pertumbuhan karena sifat mineralnya mudah diserap oleh tubuh, khususnya tulang anak. Brokoli juga termasuk dalam makanan penumbuh tulang hidung.

  • Meminimalisir Munculnya Penyakit Osteoporosis

Selain tulang pada anak, tulang orang yang sudah tua juga sudah sangat rentan akan keropos dan mengalami penurunan kualitas. Penyakit osteoporosis biasa menjangkit dalam kondisi tersebut dan jika sudah terserang osteoporosis harus pergi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat. Namun, Anda bisa mencegahnya sebelum terlambat dengan rajin mengonsumsi makanan pencegah osteoporosis misalnya brokoli. Kandungan magnesiumnya juga cocok sebagai makanan untuk penderita rematik.

  • Memperlancar Aliran Peredaran Darah

Beberapa ciri-ciri kram otot, persendian, dan macam-macam penyakit tulang disebabkan karena aliran peredaran darah yang tidak lancar atau mendapat tekanan yang tidak sesuai porsi. Brokoli yang kaya nutrisi, khususnya vitamin B dengan berbagai variannya, akan mampu mengurangi resiko terjadinya aterosklerosis (keadaan ketika arteri menyempit atau menebak karena penumpukkan plak). Vitamin B akan menghalangi tumbuhnya plak homosistein dalam arteri tersebut. Sirkulasi darah yang lancar akan membuat otot, persendian, dan tulang sehat.

Berbagai khasiat brokoli untuk tulang juga disempurnakan dengan banyaknya manfaat brokoli untuk otot. Adapun cara pemasakannya boleh direbus, dikukus, maupun dimakan dalam keadaan segar. Tapi, kami menyarankan lebih baik dikukus karena tidak akan menghilangkan kandungan nutrisinya. Merebus juga bisa asalkan tidak lama-lama karena sia-sia jika nutrisinya hilang.

 

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Thursday 07th, February 2019 / 02:36 Oleh :