Sponsors Link

16 Makanan Pencegah Osteoporosis Untuk Semua Usia

Sponsors Link

Osteoporosis tergolong  dalam macam-macam penyakit tulang. Penyakit ini menyerang pada kepadatan tulang, sehingga massa kepadatan tulang menurun dan menyebabkan keropos pada tulang. Pengeroposan tulang (Osteoporosis) berbeda dengan pengapuran tulang (Osteosrthritis) yang sering kali dianggap sama. Ciri tulang keropos dapat diamati mulai sejak dini. Karena gejala osteoporosis dapat menyerang siapa saja, utamanya bagi seseorang yang telah lanjut usia. Selain itu, asupan vitamin untuk tulang keropos yang kurang juga dapat menyebabkan munculnya osteoporosis sejak dini. Untuk menghindari osteoporosis sejak dini, selain olahraga teratur juga diperlukan mengkonsumsi makanan pencegah osteoporosis. Makanan pencegah osteoporosis yang dibutuhkan harus mengandung kalsium dan vitamin D. Untuk mengetahui beberapa makanan tersebut dapat disimak pada penjelasan berikut ini :

ads

1. Susu Dan Beberapa Olahan Susu

Penyebab tulang keropos salah satunya adalah kurangnya kalsium untuk tulang. Susu beserta beberapa olahan susu mengandung kalsium serta protein yang dapat menguatkan dan menyehatkan tulang. Sehingga tulang dapat tumbuh dengan baik karena kecukupan nutrisi yang dibutuhkan.

2. Kacang

Kacang juga merupakan makanan pencegah osteoporosis yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan tulang. Nutrisi seperti kalsium, magnesium, mangan dan fosfor dapat membantu dalam memberikan kepadatan tulang. Konsumsi kacang almon serta kacang pistachio merupakan cara untuk menambah kepadatan tulang yang sangat lezat bukan.

3. Sayur

Vegetarian akan sangat suka dengan makanan ini. Selain bisa dijadikan sebagai menu diet, sayuran juga dapat membantu meningkatkan kepadatan tulang. Sayur yang dapat dikonsumsi seperti brokoli, kembang kol serta bit. Kalsium serta vitamin D yang ada didalam sayur sebagai makanan pencegah osteoporosis dapat meningkatkan kepadatan tulang sebagai bentuk pencegahan osteoporosis. Selain itu, penderita diabetes rentan tulang keropos juga dapat mengkonsumsi sayur sebagai salah satu alternatif untuk mengobatinya.

4. Ragi

Dalam 100gr ragi memiliki kandungan kalsium sebesar 330-350mg. Makanan pencegah osteoporosis yang satu ini dapat ditemui pada makanan tape dan yang lainnya. Konsumsi ragi yang cukup juga dapat membantu dalam mengobati serta mencegah osteoporosis.

5. Kurma

Buah khas yang disuguhkan selama bulan Ramadhan ini juga diketahui memiliki kalsium dan magnesium yang sangat baik untuk tulang. Kandungan nutrisi buah yang datangnya dari Negara Saudi Arabia ini dapat meningkatkan kepadatan tulang. Selain berkhasiat sebagai makanan pencegah osteoporosis, buah kurma juga dapat mengatasi beberapa penyakit lainnya.

6. Buah-Buahan

Buah merupakan salah satu makanan yang mengandung banyak vitamin untuk tulang keropos. Buah memang tidak memiliki kandungan kalsium atau vitamin D yang cukup seperti makanan lainnya. Akan tetapi vitamin C yang berada dalam jeruk, jambu biji, pisang, apel, strowberi, dan nanas berfungsi untuk memperkuat tulang.

7. Kedelai dan Pati

Kedelai termasuk dalam salah satu kategori makanan makanan penyebab tulang keropos jika dikonsumsi terlalu berlebihan. Tapi perlu diketahui pula bahwa kedelai dan pati dapat melawan osteoporosis jika dikonsumsi dengan dosis yang tepat serta sesuai anjuran dokter. Karena kandungan kalsium yang berada dalam kedelai mampu memberikan kepadatan serta kekuatan bagi tulang. Kedelai serta jenis kacang lima dan lentil dapat anda konsumsi dengan tidak berlebihan.

Sponsors Link

8. Ikan

Makanan pencegah osteoporosis yang satu ini banyak digemari oleh sebagian besar orang. Ikan tuna, salmon serta sarden memiliki kandungan kalsium serta mineral yang juga dibutuhkan tulang dapat menjaga kepadatan. Konsumsi ikan diperbolehkan untuk kesehatan tulang dengan catatan tidak terlalu berlebihan.

9. Suplemen Kalsium

Pencegahan tulang keropos dapat dilakukan secara cepat dan instan. Yakni dengan mengkonsumsi suplemen kalsium. Biasanya konsumsi jenis suplemen ini harus sesuai dengan anjuran dokter. Karena jika dosis berlebih atau kurang akan menjadi bumerang dalam mencegah tulang keropos.

10. Omega-3

Omega-3 yang bisa ditemui dalam biji labu, biji rai serta minyak ikan merupakan salah satu cara mencegah osteoporosis. Omega-3 yang instant juga sudah banyak di produksi seperti scott’s emulsion yang sudah banyak dijual di apotek. Selain itu, omega-3 juga dapat digunakan untuk menyembuhkan penyakit rematik serta nyeri tulang.

11. Telur

ads

Telur merupakan makanan sumber protein tinggi. Selain itu telur juga mengandung vitamin D yang dibutuhkan oleh tulang. Itulah alasan mengapa telur juga masuk dalam kategori makanan pencegah osteoporosis.

12. Sayuran Hijau Tua

Jika tadi sudah dibahas mengenai sayuran. Poin ini merupakan pembahasan mengenai sayuran yang memiliki warna hijau tua. Jenis sayuran yang memiliki warna hijau tua dapat dikonsumsi sebagai makanan pencegah osteoporosis. Akan tetapi, waspada terhadap sayur bayam juga perlu, karena bayam memiliki kandungan oxalat yang dapat mencegah penyerapan kalsium bagi tulang.

13. Hati Sapi

Makan hati mungkin sudah sering ditemui dalam kegiatan sehari-hari. Akan tetapi konsumsi hati sapi yang memiliki nutrisi bagi tulang mungkin jarang sekali untuk dikonsumsi. Dengan beberapa alasan seperti tidak suka hati sapi hingga mahalnya hati sapi. Hati sapi mengandung mineral fosfor, selenium, zinc, tembaga, dan zat besi sangat dibutuhkan untuk tulang. Bagi penderita osteoporosis ataupun yang memiliki gejala osteoporosis yang tidak suka hati sapi, sebaiknya pikir-pikir ulang ya buat tidak mengkonsumsinya. Karena nutrisi mineral yang dimiliki hati sapi juga dapat mendukung kesehatan tulang.

14. Sereal

Makanan untuk mengobati tulang keropos yang satu ini bisa dibilang sebagai makanan modern. Meski begitu, sumber serat yang ada didalam sereal mengandung kalsium dan magnesium yang dibutuhkan untuk kesehatan serta kekuatan tulang.

15. Sinar Matahari

Sinar matahari memang bukan sejenis makanan yang bisa dikunyah dan ditelan. Sinar matahari merupakan sumber vitamin D alami yang bisa digunakan sebagai makanan yang baik untuk tulang keropos. Bukan sebagai makanan yang bisa dikunyah melainkan sebagai makanan yang dapat membantu mengatasi osteoporosis.

16. Olahraga

Makanan pencegah osteoporosis terakhir yang juga bukan merupakan makanan melainkan olahraga juga sangat dibutuhkan dalam melatih kekuatan tulang. Akan tetapi olahraga yang dilakukan dengan catatan tidak memberatkan tulang.

Itulah beberapa makanan pencegah osteoporosis yang dapat dikonsumsi dengan mudah dan aman. Selain itu juga menyehatkan bagi tulang. Semoga tulisan ini bisa memberikan manfaat dan mencegah osteoporosis menyerang.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 07th, May 2018 / 04:51 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman