Sponsors Link

7 Khasiat Ikan Gabus Untuk Tulang yang Wajib Anda Ketahui

Sponsors Link

Ikan gabus atau juga disebut dengan ikan kutuk di beberapa daerah, merupakan jenis ikan air tawar yang biasanya hidup di sungai berarus tenang atau danau. Di samping untuk lauk, ikan gabus masih dipercaya ampuh untuk mempercepat pengobatan luka, sehingga banyak yang masih mengkonsumsinya dengan tujuan tersebut hingga sekarang. Tentunya hal ini bukan karena tidak ada alasan yang mendasari, sebab ikan gabus memiliki kandungan albumin yang tinggi.

ads

Di mana albumin  merupakan protein plasma yang kandungan di dalam ikan gabus tidak terdapat pada jenis ikan lainnya, bahkan pada ikan bandeng maupun ikan salmon. Dengan kandungan utama protein albumin yang tinggi di dalamnya, membuat ikan gabus tidak hanya bisa meningkatkan kesehatan tubuh tapi juga mengatasi penyakit termasuk macam macam penyakit tulang. Pada artikel kali ini akan dibahas lebih jauh mengenai apa saja khasiat ikan gabus untuk tulang, seperti berikut ini:

1. Mencegah tulang terserang infeksi

Albumin merupakan salah satu protein penting yang diperlukan tubuh, tidak hanya meningkatkan kadar albumin dalam darah tapi juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Sehingga dengan khasiat ini dapat membantu mencegah tulang terkena infeksi seperti bakteri atau virus yang bisa menyebabkan penyakit ortopedi.

2. Memberikan nutrisi untuk tulang

Kandungan protein yang tinggi di dalam ikan gabus tentu bisa memberikan nutrisi pada tulang, namun di dalam ikan gabus juga terdapat kandungan lain yang juga bermanfaat. Khasiat ikan gabus untuk tulang lainnya adalah kandungan kalsium, zat besi, mineral dan fosfor yang juga dibutuhkan oleh tulang.

3. Membantu pembentukan jaringan otot

Ikan gabus dapat menjadi salah satu jenis makanan untuk cedera otot yang aman dan baik karena tingginya kandungan protein di dalamnya. Di mana protein adalah nutrisi yang penting dalam proses pembentukan juga pertumbuhan otot, sehingga dapat menjaga jaringan otot sehat dan lebih kuat untuk menyokong pergerakan tulang juga persendian.

4. Membantu meredakan peradangan

Saat mengalami cedera, tulang dan sendi biasanya akan mengalami pembengkakan atau peradangan yang menyebabkan rasa panas dan terbakar yang man akan semakin parah jika tubuh mengalami dehidrasi. Salah satu khasiat ikan gabus untuk tulang adalah menjaga keseimbangan cairan dan mengandung mineral yang dapat membantu cara mengobati tulang bengkak.

5. Mempercepat penyembuhan patah tulang

Ikan gabus sering dikonsumsi untuk meningkatkan kecepatan penyembuhan luka, seperti misalnya pada ibu setelah melahirkan. Di samping itu juga memiliki khasiat lain yaitu untuk mempercepat proses penyembuhan patah tulang pada kaki dan tangan atau bagian lainnya setelah operasi.

6. Memperkuat tulang persendian

Tulang dan sendi yang lemah akan menyebabkan rentan mengalami cedera yang bisa menyebabkan macam macam penyakit ortopedi. Khasiat ikan gabus untuk tulang jika dikonsumsi setiap hari bisa membantu pemenuhan asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk memperkuat tulang dan sendi secara alami.

7. Mengatasi gangguan tulang dan sendi

Ikan gabus memiliki kandungan zat kolagen yang mana ampuh untuk mengatasi berbagai gangguan nyeri pada tulang dan sendi. Selain menjadi salah satu makanan untuk kepadatan tulang yang baik, ikan gabus juga dapat meningkatkan fungsi tulang dan sendi agar bebas dari nyeri dan lebih fleksibel juga nyaman ketika dipakai untuk beraktivitas.

Demikian informasi mengenai beberapa manfaat dan khasiat ikan gabus untuk tulang juga persendian. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Friday 21st, December 2018 / 02:40 Oleh :