Sponsors Link

17 Cara Mengobati Sendi Rahang Terlengkap dan Mudah Untuk Dicoba

Sponsors Link

Nyeri rahang dapat menjadi kondisi yang melemahkan yang mempengaruhi kemampuan Anda untuk makan dan berbicara. Banyak hal yang dapat menyebabkan nyeri rahang, dari sinus dan telinga hingga gigi atau rahang Anda sendiri. Ini berarti sulit untuk mengetahui apakah nyeri rahang Anda disebabkan oleh masalah rahang atau sesuatu yang lain.

ads

Apa yang menyebabkan masalah sendi rahang?

Sebagian besar nyeri rahang adalah karena kelainan atau cedera pada sendi rahang Anda, tetapi ada kemungkinan penyebab lain juga. Berikut beberapa penyebab nyeri rahang:

1. Temporomandibular joint and muscle disorder (TMD)

TMD adalah penyebab paling umum dari sendi rahang. TMD juga kadang-kadang dikenal sebagai TMJ. Sendi temporomandibular adalah sendi engsel di setiap sisi rahang Anda. Beberapa hal dapat menyebabkan nyeri rahang TMD. Ini juga mungkin untuk mengalami TMD karena beberapa penyebab pada saat yang bersamaan. Penyebab TMD meliputi:

  • Nyeri dari otot-otot yang mengontrol gerakan rahang
  • Cedera pada sendi rahang
  • Stimulasi berlebih dari sendi rahang
  • Bagian sendi yang digantikan yang biasanya membantu melindungi gerakan rahang

Radang sendi dari sendi pelindung yang menutupi sendi rahang
Kerusakan pada sendi rahang atau otot-otot yang mengontrol gerakan rahang Anda dapat disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk:

  • Menggertakkan gigi di malam hari
  • Tanpa sadar mengatupkan rahang Anda karena stres dan kecemasan
  • Trauma pada sendi rahang, seperti tertabrak di wajah saat bermain olahraga

2. Sakit kepala klaster

Sakit kepala klaster biasanya menyebabkan rasa sakit di belakang atau di sekitar salah satu mata, tetapi rasa sakit dapat menyebar ke rahang. Sakit kepala cluster adalah salah satu jenis sakit kepala yang paling menyakitkan seperti tulang selangka menonjol.

3. Masalah sinus

Rongga sinus adalah rongga berisi udara yang terletak dekat dengan sendi rahang. Jika sinus terinfeksi dengan kuman, seperti virus atau bakteri, hasilnya bisa menjadi kelebihan lendir yang memberi tekanan pada sendi rahang, menyebabkan rasa sakit seperti ciri rahang bergeser.

4. Nyeri gigi

Kadang-kadang infeksi gigi yang parah yang dikenal sebagai abses gigi dapat menyebabkan nyeri yang diradiasikan ke rahang seperti penyakit spondylolisthesis.

5. Trigeminal neuralgia

Neuralgia Trigeminal adalah kondisi yang paling sering disebabkan oleh kompresi saraf pada saraf trigeminal yang memberikan sensasi ke sebagian besar wajah, termasuk rahang atas dan bawah.

6. Serangan jantung

Sebuah serangan jantung dapat menyebabkan rasa sakit di daerah lain tubuh selain dada, seperti lengan, punggung, leher, dan rahang. Wanita khususnya dapat mengalami nyeri rahang di sisi kiri wajah mereka selama serangan jantung. Segera hubungi 911 dan mintalah untuk dibawa ke rumah sakit jika Anda mengalami gejala berikut:

  • Ketidaknyamanan dada
  • Sesak napas
  • Berkeringat
  • Mual
  • Merasa lemah

Cara Mengobati Sendi Rahang


Berikut beberapa cara mengobati sendi rahang baik secara rumahan maupun cara lainnya yaitu:

1. Terapkan kompres panas atau es

Masukkan es dalam kantung plastik, bungkus dengan kain tipis, dan oleskan ke wajah Anda selama 10 menit. Kemudian lepaskan selama 10 menit sebelum mengoleskannya kembali. Pilihan lain adalah dengan menjalankan air hangat di atas kain lap, lalu menerapkannya ke area rahang Anda. Panas lembab dapat mengendurkan otot rahang yang terlalu aktif dan menghilangkan rasa sakit.

Anda mungkin harus membasahi kembali kain lap beberapa kali untuk mempertahankan panas. Anda juga dapat membeli kompres panas atau es di apotek atau online. Namun, mereka harus ditutupi kain setiap saat, atau mereka bisa membakar kulit Anda. Jika terasa terlalu panas atau terlalu dingin, keluarkan.

2. Obat penghilang rasa sakit tanpa resep

Obat-obatan seperti ibuprofen dan acetaminophen dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan seperti obat penyakit spondylolisthesis.

3. Pijat sendi yang terkena

Dengan menggunakan jari telunjuk dan jari tengah Anda, tekan area yang sakit di rahang Anda, seperti area tepat di depan telinga tempat sendi rahang Anda bertemu. Gosok dengan gerakan melingkar selama 5 hingga 10 putaran, lalu buka mulut Anda dan ulangi latihan. Memijat otot-otot di sisi leher Anda juga dapat membantu meredakan ketegangan.

4. Gaya hidup

Strategi gaya hidup untuk mengurangi nyeri rahang jangka panjang. Pengurangan stres: Cobalah teknik penghilang stres untuk mengurangi rahang yang mengepal. Ini bisa termasuk: yoga, jurnal, meditasi. Kegiatan ini dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit rahang Anda jika disebabkan oleh stres.

5. Hindari makanan yang kenyal

Makanan yang kenyal, keras, atau renyah dapat menyebabkan ketegangan pada sendi rahang dan menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan nantinya. Makanan yang harus dihindari termasuk: apel, dendeng sapi, mengunyah permen karet, dan es.

6. Hindari kafein

Secangkir joe pagi Anda dapat berkontribusi terhadap ketegangan otot Anda, yang dapat ditingkatkan dengan kafein. Menghindari kopi dan teh berkafein dalam jumlah besar dapat membantu mengurangi nyeri rahang Anda dari waktu ke waktu, tetapi Anda mungkin awalnya merasakan ketegangan otot akibat penarikan kafein ketika memotongnya dari diet Anda.

Kebanyakan dokter pertama-tama akan merekomendasikan metode perawatan non-invasif untuk nyeri rahang Anda. Jika Anda masih memiliki nyeri rahang setelah mencoba metode ini, Anda harus berbicara dengan dokter gigi Anda. Anda mungkin perlu intervensi lebih lanjut untuk menemukan bantuan untuk rasa sakit Anda.

7. Mouthguard

Sebuah mouthguard adalah pelindung gigi plastik dikenakan pada gigi atas atau bawah Anda yang custom-cocok untuk mulut Anda. Meskipun Anda dapat membelinya di apotek, dokter gigi akan membuat Anda yang lebih sehat dan bertahan lebih lama. Memakai satu saat sebelum tidur dapat membantu menghentikan Anda dari ketidaksadaran menggertakkan gigi.

8. Otot relaxer

Jika rasa sakit Anda tidak merespon pada mouthguard, dokter gigi Anda mungkin akan meresepkan otot relaxer untuk mengurangi ketegangan rahang. Namun, ini tidak selalu membantu orang dengan TMD seperti cara mengobati sakit leher tidak bisa menengok.

9. Suntikan botox

Metode pengobatan yang lebih invasif termasuk suntikan kosmetik Botox. Ketika disuntikkan ke otot rahang, toksin botulinum yang ditemukan di Botox dapat menjaga otot rahang Anda dari mengepal, mungkin membantu meredakan nyeri rahang karena TMD. Suntikan ini akan berlangsung selama berbulan-bulan sekaligus dan mungkin memerlukan suntikan ulang nanti.

10. Pembedahan rahang

Dalam kasus yang sangat jarang, dokter akan merekomendasikan operasi rahang untuk memperbaiki masalah TMD. Perawatan ini biasanya disediakan untuk orang-orang dengan rasa sakit dan nyeri yang parah yang disebabkan oleh masalah struktural pada sendi rahang.

11. Latihan rahang yang rileks

Istirahatkan lidah Anda dengan lembut di bagian atas mulut Anda di belakang gigi depan atas Anda. Biarkan gigi Anda menjadi terpisah saat melemaskan otot-otot rahang Anda seperti penyakit ALS.

12. Latihan ikan mas (pembukaan parsial)

Letakkan lidah Anda di atap mulut Anda dan satu jari di depan telinga Anda di mana TMJ Anda berada. Letakkan jari tengah atau jari telunjuk Anda di dagu Anda. Jatuhkan rahang bawah Anda setengah dan kemudian tutup. Harus ada resistensi ringan tetapi bukan rasa sakit. Variasi dari latihan ini adalah menempatkan satu jari pada setiap TMJ saat Anda menjatuhkan rahang bawah Anda setengah dan menutup lagi. Lakukan latihan ini enam kali dalam satu set. Anda harus melakukan satu set enam kali sehari.

13. Latihan ikan mas (pembukaan penuh)


Jaga lidah Anda di atap mulut Anda, letakkan satu jari di TMJ Anda dan jari lainnya di dagu Anda. Jatuhkan rahang bawah Anda sepenuhnya dan kembali. Untuk variasi latihan ini, letakkan satu jari pada setiap TMJ saat Anda benar-benar menjatuhkan rahang bawah dan punggung Anda. Lakukan latihan ini enam kali untuk menyelesaikan satu set. Anda harus menyelesaikan satu set enam kali setiap hari.

14. Chin tucks

Dengan bahu Anda ke belakang dan ke atas, tarik dagu Anda lurus ke belakang, menciptakan “dagu ganda.” Tahan selama tiga detik dan ulangi 10 kali seperti obat tbc tulang.

15. Menahan kembali mulut

Letakkan ibu jari Anda di bawah dagu Anda. Buka mulut Anda perlahan, dorong dengan lembut ke dagu Anda untuk resistensi. Tahan selama tiga hingga enam detik, lalu tutup mulut Anda perlahan.

16. Tutup kembali mulut dan Angkat Lidah

Remas dagu Anda dengan indeks dan jempol dengan satu tangan. Tutup mulut Anda saat Anda menempatkan tekanan lembut pada dagu Anda. Ini akan membantu memperkuat otot-otot Anda yang membantu Anda mengunyah seperti obat akromegali. Dengan lidah Anda menyentuh atap mulut Anda, perlahan buka dan tutup mulut Anda.

17. Gerakan rahang sisi ke sisi

Tempatkan objek ¼ inci, seperti penekan lidah bertumpuk, di antara gigi depan Anda, dan gerakkan rahang Anda perlahan dari sisi ke sisi. Saat latihan menjadi lebih mudah, tingkatkan ketebalan benda di antara gigi Anda dengan menumpuknya satu di atas satu sama lain.

Saat melakukan latihan TMJ, mulailah perlahan. Anda mungkin merasakan rasa sakit pada awalnya, tetapi itu harus ditoleransi dan berangsur-angsur membaik. Jika rasa sakitnya tidak dapat ditoleransi, konsultasikan dengan dokter Anda. Anda harus melakukan latihan TMJ ketika Anda sedang santai. Jika Anda melakukannya ketika otot Anda tegang, itu bisa mengalahkan tujuan. Jika rasa sakit Anda memburuk setelah melakukan latihan TMJ, buatlah janji dengan dokter Anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 20th, December 2018 / 04:22 Oleh :
Kategori : Pengobatan