Sponsors Link

4 Senam Untuk Penderita Osteoporosis yang Paling Direkomendasikan

Sponsors Link

Ketika seseorang mengalami osteoporosis atau pengapuran tulang, pada umumnya akan menjadi rentan terkena gangguan pada tulang seperti mudah patah atau retak yang terutama akan terasa sakit pada daerah punggung, pinggul atau pergelangan tangan.

ads

Pada saat mengalami osteoporosis sebagian orang menganggap bahwa jika tubuh sering digunakan bergerak, akan memperparah gejalanya. Justru ketika tubuh aktif bergerak atau sering digunakan untuk beraktivitas maupun olahraga malah bisa meringankan gejala osteoporosis, serta dapat meningkatkan kepadatan dan kekuatan tulang. Nah pada artikel kali ini akan dibahas tentang olahraga dan senam untuk penderita osteoporosis yang bisa dicoba, yaitu sebagai berikut:

1. Senam osteoporosis

Saat ini sudah terdapat senam khusus untuk penderita osteoporosis, yang tersiri dari dua jenis yaitu senam terapi osteoporosis dan jenis senam pencegahan osteoporosis. Prinsip dari senam osteoporosis ini adalah untuk melatih pembebanan dan daya tahan tulang. Gerakan di dalam kedua jenis senam ini pun berbeda, karena diperhatikan faktor keamanan dari penderitanya seperti faktor usia atau ciri-ciri tulang keropos yang dialami.

  • Senam terapi osteoporosis, yang dikhususkan sebagai senam untuk penderita osteoporosis aman digunakan untuk dewasa, lanjut usia atau dengan kondisi tertentu. Pada umumnya senam untuk terapi ini menggunakan gerakan yang ringan namun tetap akan memberikan efek segar dan bugar setelah senam.
  • Senam pencegahan osteoporosis, yang bertujuan sebagai cara mencegah osteoporosis secara alami sejak dini maupun untuk mencegah agar osteoporosis tidak semakin parah. Biasanya senam ini diikuti oleh penderita yang masih memiliki gejala awal atau yang masih sehat.

2. Senam aerobik

Sebenarnya tidak semua jenis aerobik diperbolehkan untuk penderita osteoporosis. Untuk mengatasi dan mencegah osteoporosis, dapat digunakan senam aerobik yang bersifat weight bearing aerobic physical activity. Jenis senam aerobik ini dapat dilakukan pating tidak 30 menit secara terus menerus, tidak hanya sebagai salah satu olahraga untuk pengapuran tulang namun juga dapat meningkatkan denyut jantung juga melancarkan saluran pernafasan. Sebagai salah satu senam untuk penderita osteoporosis, aerobik bisa melatih kekuatan tulang dan otot untuk menopang beban tubuh.

3. Senam yoga

Selain mengkonsumsi buah-buahan pencegah osteoporosis, melakukan yoga secara rutin dapat mencegah terserang osteoporosis maupun membantu menghentikan proses pengapuran tulang. Gerakan yoga yang tampak ringan, ampuh untuk melatih pembebanan dan kelenturan tulang agar dapat berfungsi dengan normal. Senam yoga ini dapat dilakukan oleh siapa saja baik wanita maupun pria di segala usia. Namun untuk melakukannya sebaiknya harus dilakukan dengan pengawasan trainer, karena untuk mendapatkan manfaatnya harus digunakan teknik yoga yang benar.

4. Tai chi

Senam tai chi untuk osteoporosis memiliki ritme gerakan ringan dan lembut yang sangat direkomendasikan untuk lanjut usia. Selain mengkonsumsi makanan pencegah osteoporosis, penderita osteoporosis dengan usia lanjut sangat aman melakukan tai chi sebagai senam untuk penderita osteoporosis. Senam tai chi dapat membantu meningkatkan keseimbangan dan kelenturan anggota gerak, menguatkan otot dan tulang, juga aman untuk mengurangi risiko penyakit seperti diabetes, hipertensi dan lainnya.

Sekian informasi mengenai beberapa senam untuk penderita osteoporosis yang paling direkomendasikan, baik sebagai upaya pencegahan tulang keropos secara alami sejak dini maupun untuk menghambat proses pengeroposan dan mencegah osteoporosis semakin parah. Lakukan secara rutin dengan diimbangi mengkonsumsi makanan yang memiliki nutrisi baik untuk menambah kepadatan tulang. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 29th, October 2018 / 04:25 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang