Sponsors Link

7 Obat Penyakit Spondylolisthesis Terbukti Ampuh Langsung Sembuh

Sponsors Link

Spondylolisthesis merupakan satu jenis kelainan pada tulang belakang, di mana terjadi pergeseran ke depan pada ruas-ruasnya. Pergeseran ini biasanya terjadi pada dua atau tiga tingkat yang mana bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti usia, cedera, bawaan lahir dan lain sebagainya. Kondisi spondylolisthesis ini harus segera ditangani dan diobati, karena bisa menyebabkan ketidaknyamanan pada punggung, gangguan postur tubuh atau daerah lain yang terkena. Sebelum dilakukan penanganan maupun obat penyakit spondylolisthesis, pasien akan melalui pemeriksaan terlebih dahulu seperti berikut ini:

ads
  • X ray yang juga sering digunakan untuk mendiagnosis macam macam penyakit tulang lainnya, untuk mengetahui gambaran kerusakan yang dialami.
  • MRI, yang digunakan untuk mengetahui secara tepat di mana kemungkinan ruas tulang belakang yang mengalami gangguan.
  • Tes darah, yang diperlukan untuk mengantisipasi jika ada gejala penyakit lain yang dialami pasien.

Penanganan awal dalam pengobatan spondylolisthesis, biasanya pasien dianjurkan untuk berolahraga seperti latihan penguatan, aerobik atau lainnya untuk menurunkan berat badan. Seperti halnya dengan teknik pengobatan ankilosis, untuk penanganan dan obat penyakit spondylolisthesissendiri bisa dilakukan dengan dua cara yaitu secara medis dan alami. Berikut ini adalah beberapa cara pengobatan untuk penanganan spondylolisthesis yang bisa digunakan:

1. Obat obatan anti inflamasi

Obat obatan yang bersifat anti inflamasi atau anti radang digunakan untuk mengatasi jika terjadi peradangan pada ruas tulang belakang yang mengalami pergeseran, dengan mengurangi hormon yang menyebabkan peradangan dan rasa sakit.

2. Obat obatan NSAID (non steroid)

Merupakan obat anti inflamasi non steroid yang dapat membantu meredakan peradangan dan sakit pada tulang belakang. Obat obatan jenis jenis ini yang biasa digunakan untuk mengatasi penyakit ortopedi adalah seperti ibuprofen, naproxen, diclofenac dan lainnya yang penggunaannya diawasi dokter.

3. Obat obatan analgesik

Obat obatan yang bersifat analgesik juga bisa dipakai sebagai obat penyakit spondylolisthesis, yang mana obat jenis ini bekerja dengan meredakan nyeri yang timbul. Salah satu jenis obat obatan analgesik yang sering digunakan adalah paracetamol atau tramadol.

4. Obat obatan anti depresan

Contoh obat anti depresan yang sering dipakai adalah seperti amitriptyline, yang mana harus dikonsumsi dengan resep dokter. Obat obatan anti depresan yang juga sering digunakan untuk obat spasme otot ini berfungsi untuk meredakan nyeri yang kronis pada punggung.

5. Suntikan kortikosteroid

Pengobatan yang satu ini digunakan dengan cara menginjeksikan kombinasi antara steroid dengan anestesi, pada daerah yang mengalami nyeri. Penggunaan suntikan kortikosteroid yang juga sering dipakai dalam penanganan sakit tulang belakang bawah ini harus dilakukan dengan pengawasan dokter yang sudah ahli.

6. TENS (transcutaneous electrical nerve stimulation)

Metode TENS sebagai salah satu obat penyakit spondylolisthesisini digunakan dengan bantuan suatu perangkat, yang bisa mengeluarkan denyut elektrik di daerah tulang belakang yang mengalami gangguan spondylolisthesis.

7. Kompres dingin dan hangat

Mengompres yang sering dipakai sebagai cara mengobati tulang bengkak ini juga bisa digunakan untuk mengatasi kondisi spondylolisthesis ini, bisa dengan cara kompres dingin atau dengan kompres hangat. Untuk metode kompres yang sesuai, sebaiknya dikonsultasikan kepada dokter yang menangani terlebih dahulu.

Di samping penanganan dan pengobatan di atas, jika spondylolisthesis yang dialami sudah kronis atau parah biasanya akan dilakukan terapi atau pembedahan. Demikian informasi mengenai berbagai penanganan serta obat penyakit spondylolisthesis. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 05th, December 2018 / 03:06 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan