Sponsors Link

21 Penyebab Tulang Belakang Sakit dan Nyeri

Sponsors Link

Tulang belakang merupakan salah satu komponen penting di dalam tubuh, karena tulang belakang yang menopang seluruh anggota tubuh. Selain itu, tulang belakang juga merupakan salah satu susunan tulang yang mengandung saraf. Bisa dibayangkan jika ada gangguan pada tulang belakang, maka akan sangat fatal akibatnya. Apalagi jika gangguan tersebut mengenai saraf. Maka biasanya akan ada rasa sakit dan nyeri. Namun bukan hanya penyakit yang bisa menyebabkan rasa sakit tersebut, melainkan juga faktor lainnya. Untuk lebih mengetahuinya, berikut 21 penyebab tulang belakang sakit dan nyeri.

ads

Inilah beberapa penyebab yang menimbulkan mengapa tulang belakang sering sekali mengalami sakit dan nyeri sebagai berikut:

1. Banyak aktivitas

Jika seseorang terlalu banyak melakukan aktivitas, terutama aktivitas berat, maka bagian punggung bisa saja mengalami rasa sakit, entah itu pada bagian bawah, tengah, atau atas dekat leher. Biasanya tulang belakang terlalu lelah, di tambah otot di bagian tersebut mengalami ketegangan. Untuk mengatasinya, kurangi aktivitas yang terlalu berat. (baca juga: Macam Macam Penyakit Tulang)

2. Kurang tidur

Beberapa orang yang mengalami tulang belakang sakit adalah kurang tidur atau kurang istirahat. Biasanya hal ini terjadi pada orang yang begadang untuk megerjakan tugas tambahan atau lembur hingga terasa nyeri pada bagian leher hingga ke punggung. Ada juga yang mengalami rasa sakit pada bagian pinggang belakang.

3. Terlalu banyak duduk

Untuk pekerja kantoran atau pelajar yang terlalu lama duduk mengerjakan tugas biasanya akan muncul rasa sakit dan lelah pada tulang belakang, khususnya di bagian bawah hingga ke pinggul. Hal ini terjadi karena sarat pada tulang belakang mengalami lelah dan juga peredaran darah yang menjadi kurang stabil karena terlalu banyak duduk.

4. Pilihan kasur salah

Kasur yang terlalu keras dan kasur yang terlalu empuk bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri pada tulang belakang. Hal ini dikarenakan tulang belakang menjadi tidak terbentuk sebagaimana mestinya saat tidur. Untuk itu, pilih kasur yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu empuk, agar penempatan tulang belakang serta saraf-saraf yang ada di dalamnya bisa sempurna.

5. Salah bantal

Penyebab tulang belakang sakit bagian atas bisa juga disebabkan karena salah bantal. Biasanya jika bagian kepala dan leher tidak mendapatkan posisi yang benar ketika tidur, saat bangun akan ada rasa sakit di bagian tersebut. (baca juga: Penyakit Tulang Belakang)

6. Salah posisi tidur

Posisi tidur yang salah atau posisi tidur yang tidak tepat juga bisa menyebabkan seseorang menderita sakit dan nyeri pada bagian tulang belakangnya, entah itu di bagian leher, punggung, atau pinggang. Hal ini dikarenakan posisi tidur yang salah tersebut terjadi berjam-jam selama tidur, sehingga biasanya ketika bangun, penderita akan mengalami rasa yang sakit di bagian tertentu.

7. Terlalu lama berdiri

Sponsors Link

Orang-orang yang terlalu lama berdiri (berdiri tegap tanpa berjalan) biasanya juga bisa menyebabkan sakit pada tulang belakang. Apalagi jika saat berdiri tidak diimbangi dengan kegiatan lain seperti berjalan, menengok kanan kiri, membungkuk, dan sebagainya. Biasanya rasa sakit ini terjadi pada bagian leher dan juga pinggang. Hal ini sering dialami oleh orang yang sedang melakukan upacara atau ritual. (baca juga: Cara Meluruskan Tulang Belakang)

8. Kurang bergerak

Kurang bergerak atau kurang berolahraga juga bisa menyebabkan sakit pada tulang belakang. Hal ini terjadi karena saraf pada tulang belakang menjadi lelah, sehingga timbul rasa sakit. Hal ini yang sering terjadi pada masyarakat perkotaan, dimana tidak ada waktu bagi mereka untuk berolahraga. Untuk mengatasi hal tersebut, sebaiknya mulai membiasakan diri untuk olahraga, walau jenis olahraganya tidak begitu terlihat, seperti menggunakan tangga daripada eskalator atau lift, berjalan kaki saat menuju tempat kerja, bersepeda di akhir pekan, dan sebagainya.

9. Cedera atau kecelakaan

Jika seseorang pernah terkena cedera atau kecelakaan, bisa jadi hal tersebut berpengaruh pada susunan tulang belakangnya. Apalagi jika benturan yang terjadi memang terjadi pada bagian belakang tubuh. Hal ini tentu akan menyebabkan rasa sakit, bahkan saat kecelakaan tersebut sudah cukup lama terjadi. Oleh karena itu, segera periksakan ke dokter jika ada keluhan rasa sakit yang berkepanjangan. (baca juga: Cara Mencegah Osteoporosis)

10. Pola makan salah

ads

Pola makan tidak sehat atau salah juga bisa berpotensi menyebabkan rasa sakit pada tulang belakang. Hal ini dikarenakan asupan nutrisi kurang, sehingga tulang belakang mengalami kerapuhan. Untuk itu, selalu atur pola makan dan diet sehat. Jika sedang diet, jangan hanya menghindari makanan berlemak saja, melainkan tambahkan nutrisi harian yang sesuai.

Selain, penyebab tulang belakang bisa sakit dan nyeri seperti yang sudah dijelaskan pada diatas. Ternyata juga ada penyebab lainnya yang dikarena anda terkena atau mengidap penyakit seperti yang ada dibawah ini:

1. Spina Bifida

Penyebab tulang belakang sakit dan nyeri yaitu spina bifida adalah penyakit tulang dibagian belakang bawaan. Cirinya adalah membran di sekitar sumsum tulang belakang tidak tertutup dengan baik, sehingga muncul gangguan dan kondisi yang tidak normal. Beberapa jenis spina bifida antara lain spina bifida okulta, meningokel, dan mielomeningokel. (baca juga: Kelainan pada Tulang)

2. Stenosis

Stenosis adalah penyakit tulang belakang yang disebabkan karena adanya penyempitan jarak antara ruas tulang yang satu dengan ruas tulang yang lain. Hal ini akan membuat munculnya tekanan pada sumsum tulang belakang, hingga saraf pada sumsum tulang belakang bisa terhimpit.

3. Skoliosis

Penyebab tulang belakang sakit dan nyeri yaitu skoliosis merupakan kondisi tulang belakang yang melengkung ke samping. Skoliosis memiliki beberapa gejala. Gejala yang paling terasa oleh penderita skoliosis adalah sulitnya bernapas dan rasa nyeri pada bagian tulang belakang.

4. Lordosis

Lordosis merupakan kelainan pada tulang belakang pada bagian bawah, yaitu di daerah dekat pinggul, dimana ada lengkungan yang berlebihan pada tulang belakang bagian bawah. Lordosis menyebabkan area pinggang menjadi pendek dan bagian panggul membentuk huruf C, gejala lordosis berbeda-beda setiap individu. (baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium)

5. Kifosis

Kifosis adalah kelainan tulang belakang yang menyerang bagian atas. Penderita kifosis biasanya memiliki postur tubuh yang bungkuk. Kelainan ini membuat ada lengkungan yang berlebihan pada bagian atas tulang belakang, sehingga muncul bentuk yang condong ke depan. Beberapa penderita kifosis bisa saja merasakan rasa nyeri di bagian punggung karena adanya ketidakstabilan postur tubuh.

6. Sindrom Klippel-Feil

Penyebab tulang belakang sakit dan nyeri yaitu sindrom Klippel-Feil adalah penyakit turunan langka. Ciri-cirinya adalah dua dari ruas tulang belakang pada bagian leher saling bergabung. Penderita penyakit ini memiliki kelainan pada tulang leher sehingga bagian leher sangat kaku dan sulit digerakkan. Gejala yang terjadi pada penderita dan paling mudah dilihat dengan mata telanjang adalah ukuran leher yang pendek.

7. Herniasi Diskus Degeneratif

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh hilangnya elastisitas dari diskus invertebralis kehilangan. Penyakit ini biasanya banyak terjadi pada orang lanjut usia karena penuaan. Gejala yang dialami oleh penderita hernasi diskus degeneratif antara lain nyeri leher, sulit menggerakkan tangan dan kaki, susah beraktifitask, serta nyeri bahu yang menjalar hingga punggung. (baca juga: Cara Cepat Meninggikan Badan)

8. Ankylosing Spondylitis (AS)

Sponsors Link

Penyebab sakit tulang belakang ankylosing spondylitis ini adalah karena adanya peradangan atau infeksi pada pertemuan antara dua ruas tulang belakang. Biasanya penyakit ini muncul jika ada peradangan pada tulang belakang bagian bawah, yaitu daerah yang terhubung antara tulang belakang dan bagian bawah tubuh. Gejala yang muncul adalah adanya rasa nyeri atau rasa sakit pada daerah tersebut dan biasanya menjalar hingga ke daerah lain.

9. Whiplash

Penyakit ini menyerang ruas di sekitar tulang leher, namun gejala yang ditimbulkan adalah rasa sakit yang menjalar hingga ke tulang punggung bagian atas. Penderita paling sering mengalami penyakit ini karena adanya cedera atau kecelakaan yang langsung mengarah ke tulang leher. Untuk mencegahnya, manusia wajib selalu menjaga aktivitasnya.

10. TBC tulang

Penyebab tulang belakang sakit dan nyeri yaitu TBC tulang. TBC tulang menyebabkan infeksi yang tidak berkesudahan pada tulang sehingga kondisi tulang akan semakin melemah ataupun rapuh. Bahkan untuk kasus yang lebih parah, TBC tulang bisa tulang belakang bisa terkena nanah. Untuk mencegah penyakit ini, ada baiknya menjaga gaya hidup bersih dan pola makan sehat. Selain itu, lakukan juga olahraga teratur.

11. Slipped disc

Jika cakram pada tulang belakang rusak atau tidak sempurna, maka akan ada rasa sakit yang teramat parah yang dirasakan. Hal ini dikarenakan susunan syaraf juga terganggu, atau posisinya yang tidak sesuai dengan kondisi normal yang seharusnya. Oleh karena itu jika ada rasa sakit berkelanjutan di daerah tulang belakang, segera periksakan ke dokter.

Itulah 21 penyebab tulang belakang sakit dan nyeri yang disebabkan karena penyakit dan juga aktivitas seahari-hari. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, August 2017 / 04:46 Oleh :
Kategori : Gaya Hidup