Sponsors Link

8 Makanan Penyebab Nyeri Otot yang Perlu Dihindari

Sponsors Link

Timbulnya nyeri otot bisa terjadi setelah melakukan aktivitas berat yang membutuhkan tenaga, salah memposisikan tubuh, bahkan karena kurangnya asupan nutrisi atau mengkonsumsi makanan yang kandungannya bisa menyebabkan gangguan otot. Kali ini akan dibahas tentang beberapa jenis makanan penyebab nyeri otot termasuk macam-macam penyakit tulang lainnya, yaitu sebagai berikut ini:

ads

1. Makanan berminyak

Gorengan, makanan bersantan kental dan makanan berminyak lainnya selain bisa mengganggu kesehatan jika dikonsumsi berlebihan, juga bisa menjadi penyebab dan bisa memperparah nyeri otot. Makanan berminyak cenderung menjadi stimulan peradangan yang bisa menyebabkan otot radang dan nyeri. Sehingga hindari makanan berminyak untuk mencegah nyeri otot sekaligus bisa menjadi cara pencegahan lordosis.

2. Makanan dengan kandungan omega 6

Walaupun asam lemak omega 6 baik untuk tubuh, ternyata memiliki efek yang bisa menyebabkan dan membuat peradangan otot tambah parah jika tidak diimbangi dengan asam lemak omega 3. Jenis makanan dengan kandungan omega 6 sehingga menjadi jenis makanan penyebab nyeri otot adalah biji bunga matahari, jagung, kacang kedelai dan lain sebagainya.

3. Makanan beralkohol

Tidak hanya makanan beralkohol, makanan fermentasi yang mengandung alkohol juga dapat menjadi penyebab nyeri otot maupun kelainan pada tulang persendian. Alkohol selain bisa memicu gangguan organ tubuh, juga bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi yang bisa mengganggu pasokan oksigen ke otot dan menyebabkan nyeri otot.

4. Makanan kemasan

Makanan kemasan seperti makanan ringan banyak mengandung zat aditif juga sangat minim kandungan nutrisi untuk tubuh sehingga menjadi salah satu makanan penyebab nyeri otot. Makanan yang juga menjadi pantangan makanan untuk penderita skoliosis sebaiknya dihindari karena selain tidak bermanfaat juga kurang akan kandungan vitamin juga mineral untuk mendukung kerja dan fungsi otot.

5. Makanan cepat saji

Fast food atau makanan cenderung tidak memiliki nutrisi yang baik untuk tubuh. Makanan cepat saji yang juga menjadi pantangan penderita rematik banyak mengandung lemak, juga kolesterol yang bisa mengganggu aliran darah ke otot. Hal ini akan menyebabkan asupan oksigen ke otot berkurang dan membuat otot terasa nyeri.

6. Makanan mengandung protein kompleks

Berbagai jenis makanan dengan kandungan protein kompleks biasanya akan sulit dicerna tubuh dan menjadi makanan penyebab nyeri otot, karena akan meninggalkan residu berupa purin. Zat purin ini nantinya akan diolah tubuh menjadi asam urat, yang mana bisa menyebabkan otot terasa nyeri pegal.

7. Makanan yang manis

Kandungan gula yang tinggi dalam makanan manis selain dapat meningkatkan risiko diabetes juga menjadi salah satu penyebab nyeri otot dan menjadi pantangan kanker otot. Secara langsung, gula akan mempengaruhi aliran darah dan bisa meningkatkan produksi sitokin yang mana bisa memicu terjadinya peradangan termasuk peradangan otot.

8. Makanan yang asin

Selain menjadi pantangan penderita hipertensi, makanan asin yang mengandung garam juga bisa memperburuk keadaan penyakit ortopedi dan menyebabkan nyeri otot persendian yang kuat. Hal ini disebabkan karena garam dalam tubuh yang meningkat bisa mengganggu sirkulasi darah, yang juga berimbas pada pasokan oksigen ke otot yang terhambat dan menyebabkan nyeri pada jaringan otot.

Selain menghindari jenis makanan penyebab nyeri otot seperti yang telah dijelaskan di atas, sebaiknya juga dihindari minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh juga menghindari rokok. Demikian ulasan mengenai berbagai makanan yang bisa menyebabkan nyeri otot, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Thursday 08th, November 2018 / 09:46 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman