Sponsors Link

10 Makanan Untuk Memperkuat Sendi Lutut yang Banyak di Sukai

Sponsors Link

Seiring bertambahnya usia seseorang, maka kemampuan tubuh untuk selalu beraktifitas dengan optimal dan maksimal akan berkurang, hal ini akan menyebabkan berbagai sakit persendian lutut. Rasa sakit pada daerah persendian dan juga tulang kerap dirasakan oleh sebagian besar orang yang sudah menginjak usia lebih dari 30 tahun. Hal ini mengakibatkan berkurangnya beberapa hal penting dalam tulang seperti kalsium dan juga cairan pelumas yang melindungi otot dan juga sendi.

ads

Setiap sendi pada tubuh manusia pasti memilki cairan pelumas atau cairan lengket yang disebut sebagai cairan sinovial. Hal ini berfungsi sebagai pelumas sendi untuk dapat gergerak dan juga memastikan tidak adanya gesekan antar tulang yang menyebabkan rasa nyeri dan linu ketika bergerak. Namun seiring bertambahnya usia dan juga bertambahnya berat badan seseorang, jumlah dan kualitas pelumas ini akan berkurang.

Hal ini akan menyebabkan fungsi dari cairan sinovial ini menjadi tidak optimal. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit saat sedang bergerak dan kadang terjadi pembengkakan pada daerah sendi. Agar sendi dan persendian Anda tetap sehat dan dapat berguna untuk selalu beraktifitas sampai hari tua nanti, maka Anda perlu melakukan diet sehat untuk menjaga kebugaran tubuh Anda dan juga terhindar dari diabetes yang merupakan salah satu penyebab nyeri sendi lutut.

Memperkuat Sendi Lutut Dengan Mudah

Sejatinya, makanan adalah sumber utama untuk menghasilkan energi bagi segala aktifitas sehari-hari. Makanan juga berfungsi untuk menjaga kesehatan tubuh, selain peran makanan terhadap energi, makanan juga memberikan tambahan cairan pelumas untuk sendi. Maka dari itu sumber makanan yang sehat sangat berkaitan erat dengan cairan pelumas pada sendi.

Berikut ini adalah beberapa sumber makanan yang mengandung berbagai nutrisi untuk menjaga kesehatan sendi, terutama untuk memperkuat sendi lutut Anda.

1. Salmon

Ketika seseorang berusia 30 tahun, biasanya orang tersebut akan mengalami robekan kecil pada tulang rawannya. Jaringan ada pada persendian dan memiliki bentuk seperti karet tersebut berfungsi untuk membantu Anda bergerak dengan lancar dalam segala aktifitas sehari-hari. Meskipun terkadanga robekannya sangatlah kecil, jika hal ini dibiarkan maka akan menyebabkan gangguan fatal seperti peradangan kronis dan sakit pada saat lutut digerakkan.

Maka dari itu dengan konsumsi ikan salmon akan membantu Anda mencegah dan paling tidak mengurangi peradangan kronis pada sendi lutut Anda. Mengkonsumsi ikan salmon juga dapat Anda terapkan sebagai cara menyembuhkan tulang retak Anda. Hal ini karena ikan salmon mengandung asam lemak omega 3 yang sangat tinggi. Lemak sehat ini akan sangat bermanfaat sebagai anti radang. Selain itu, ikan salmon juga mengandung berbagai vitamin, seperti Vitamin D yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang.

2. Almond

Peradangan yang terjadi dalam waktu yang relatif singkat sebenarnya tidak akan berbahaya bagi tubuh kita. Hal ini justru akan membantu tubuh melawan berbagai penyakit yang muncul pada tubuh kita. Tetapi jika peradangan berlangsung sedikit lama, maka hal tersebut akan menyebabkan datangnya radikal bebas yang akan merusak sel-sel dalam tubuh.

Maka dari itu, mengkonsumsi almond akan dapat mencegah radang pada sendi baik radang sendi lutut ataupun radang sendi bahu. Kacang yang mempunyai rasa gurih ini sangat kaya akan Vitamin E, Antioksidan yang akan membantu melawan segala radikal bebas sekaligus akan menjaga sel-sel pada sendi dari segala bentuk kerusakan. Hal ini juga berarti bahwa kacang Almond juga bisa untuk dikonsumsi untuk menjaga sendi lutut Anda tetap dalam kondisi yang prima.

3. Pepaya

Sponsors Link

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2004 menunjukkan hasil bahwa seseorang yang kekurangan Vitamin C akan lebih beresiko tiga kali lebih besar untuk mengidap rematik dan radang sendi baik di tangan ataupun kaki dan juga lutut. Dengan mengkonsumsi pepaya secara teratur dan dengan porsi yang benar, maka Anda akan selangkah lebih awal untuk membuat sendi pada lutut Anda menjadi lebih kuat.

Karena sejatinya buah tropis ini mengandung banyak Vitamin C dua kali lebih banyak daripada jeruk yang sudah lebih dahulu terkenal akan kandungan Vitamin C nya. Pepaya juga kaya dengan berbagai nutrisi seperti beta karoten, yang merupakan antioksidan yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan persendian.

4. Apel

Mengkonsumsi satu buah apel setiap hari dapat menghindarkan Anda dari berbagai penyakit Arthritis atau radang pada sendi. Apel memiliki berbagai nutrisi seperti antioksidan yang disebut dengan nama quercetin. Antioksidan ini akan membantu Anda dalam pembentukan kolagen dan juga dapat memperlambat penurunan produksi kolagen dalam tubuh.

Selain untuk menjaga tingkat elastisitas sebuah kulit, kolagen yang terdapat dam tubuh merupakan unsur penting yang ada di dalam tulang rawan yang berfungsi sebagai bantalan ketika terjadi beberapa penekanan dan benturan pada sendi. Quercetin ini paling banyak terdapat pada kulit buah apel, maka dari itu pastikan ketika Anda mengkonsumsi apel untuk menyertakan kulit apel pada setiap gigitan Anda. Semakin merah warna alami dari sebuah apel, maka semakin banyak pula kandungan quercetin di dalamnya.

5. Brokoli

ads

Brokoli merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung kalsium yang menjadi favorit bagi semua kalangan, baik itu anak-anak sampai dengan orang dewasa. Di dalam sebuah brokoli mengandung zat yang disebut sulforaphane. Zat ini akan membantu Anda dalam melawan radikal bebas yang mungkin akan menyerang kesehatan tubuh Anda.

Sayuran hijau ini juga memiliki kandungan kalsium dan nutrisi penting lainnya dalam jumlah yang cukup banyak untuk membantu menjaga kesehatan sendi Anda. Hal ini berarti jika Anda ingin memiliki sendi lutut yang kuat, maka konsumsilah berbagai olahan brokoli secara teratur. Jangan mengolah brokoli dengan keadaan terlalu matang, karena akan menyebabkan kandungan nutrisi di dalamnya menghilang selama proses memasak.

6. Kedelai Hitam

Kedelai hitam selain dimanfaatkan sebagai bahan baku sebuah kecap yang banyak digunakan sebagai campuran dalam suatu masakan. Ternyata kedelai hitam ini juga memiliki segudang manfaat lainnya yang terkandung dalam nutrisi didalam sebuah kedelai hitam. Kedelai hitam sendiri memiliki cukup banyak mangan dan anthocyanins. Mangan dibutuhkan untuk sendi agar tetap sehat dan terawat sampai hari tua nanti. Sedangkan Anthocyanins adalah salah satu jenis antioksidan yang mengurangi produksi enzim yang menyebabkan peradangan pada sendi. kedelai hitam juga sangat kaya akan protein.

Ketika proses pencernaan sedang berlangsung, protein akan berubah menjadi asam amino yang bermanfaat untuk membantu pembentukan proses tulang rawan dan juga memelihara jaringan tulang serta makanan untuk memperkuat sendi lutut Anda. Selain memanfaatkan kedelai hitam dengan berbagai cara seperti menambahkan kecap pada setiap masakan Anda, Anda juga bisa membuat sebuah sayur yang berbahan dasar atau sekedar dicampur dengan kedelai hitam.

7. Minyak zaitun

Minyak zaitun adalah salah satu jenis sumber nutrisi yang memproduksi lubricin. Ini adalah salahsatu jenis protein yang akan meningkatkan kemampuran cairan pelumas pada sendi untuk melindungi tulang rawan dan lutut Anda. Minyak zaitun juga diberikan julukan sebagai anti inflamasi. Ini karena dalam sebuah minyak zaitun memiliki senyawa yang disebut Oleocanthal.

Oleocanthal sendiri memiliki fungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan juga sendi Anda. Selain itu oleocanthal juga bermanfaat untuk mengurangi gejala peradangan pada sendi. Selain bermanfaat dalam menjaga kesehatan tulang dan sendi, minyak zaitun juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.

8. Paprika Merah

Paprika merah adalah salah satu jenis dari keluarga cabai, yang mana telah banyak dimanfaatkan oleh sebagian besar orang untuk sebagai bahan campuran dalam setiap masakan seperti pizza, pasta dan juga berbagai olahan masakan lainnya.

Di dalam sebuah paprika merah mengandung cukup banyak Vitamin C yang bermanfat bagi tubuh Anda untuk membuat kolagen. Kolagen sendiri sangat berpengaruh bagi tubuh untuk membuat kolagen. Dimana kolagen tersebut sangat penting untuk tendon, tulang rawan, ligamen dan juga persendian Anda, khususnya untuk persendian lutut Anda. Oleh karena itu konsumsilah paprika merah secara teratur dan juga sesering mungkin untuk menjaga kesehatan dan makanan untuk memperkuat sendi lutut Anda.

9. Ceri

Sponsors Link

Buah ceri adalah buah kecil yang kebanyakan berwarna merah yang sering digunakan untuk berbagai macam makanan dan juga minuman. Selain pemanfaatannya untuk campuran makanan dan minuman, buah kecil berwarna merah ini memiliki peran penting terhadap kesehatan tubuh Anda. Namun sebagian besar masyarakat banyak yang tidak tahu bahwa warna merah dari buah ceri ini memberikan sebuah manfaat dalam bentuk senyawa yang baik untuk kesehatan tulang dan sendi seperti halnya buah delima, blueberry yang juga memiliki manfaat terhadap kesehatan tulang dan persendian.

Hal ini dikarenakan zat yang terkandung dalam buah ceri yaitu anthocyanin sangat berperan penting terhadap kesehatan tulang dan sendi Anda. Sifat zat anti inflamasi yang terdapat dalam buah ceri akan membantu Anda dalam usaha meringankan nyeri sendi akibat cedera karena kekurangan cairan pelumas pada sendi Anda. Dengan kata lain, buah ceri dapat membantu Anda untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi khususnya persendian lutut Anda.

10. Bawang Putih

Bawang putih adalah sebuah rempah yang dapat dengan mudah Anda temukan di dalam dapur Anda. Pemanfaatan bawang putih sebagai sebuah obat alternatif sudah banyak digunakan dalam berbagai hal. Ini juga termasuk dalam menjaga, merawat serta makanan untuk memperkuat sendi lutut Anda. Dengan mengkonsumsi bawang putih, akan membantu kolagen yang sangat dibutuhakan oleh sendi untuk bertahan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu, bawang putih juga mampu untuk mencegah dan menghindarkan Anda dari berbagai masalah sendi lutut seperti nyeri dan juga radang sendi akibat kekurangan cairan pelumas sendi.

Beberapa jenis sumber makanan di atas dapat Anda manfaatkan untuk membantu menjaga serta memperkuat kesehatan persendian lutut dan juga sebagai cara menguatkan tulang kering Anda. Dengan mengkonsumsi nya secara teratur dan dengan cara yang benar, maka otomatis Anda selangkah lebih maju dalam usaha untuk menjaga kesehatan tulang dan sendi Anda.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 08th, January 2018 / 04:14 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman