Sponsors Link

10 Penyebab Tulang Tangan Ngilu Sering Terjadi dan Terulang

Sponsors Link

Tangan merupakan salah satu organ gerak yang fungsinya sangat kompleks. Tangan tentunya diperlukan untuk melakukan kegiatan sehari-hari menjadi lebih leluasa. Tangan yang sakit pastinya akan menghambat aktivitas. Namun mungkin tangan sering terasa ngilu atau linu. Bahkan rasa ngilu tersebut seringkali mungkin terasa hingga ke tulang. Maka dari itu, penyebab tulang tangan ngilu harus diketahui untuk mencegah risiko penyakit pada sistem gerak tersebut dan bisa segera diatasi dengan tepat dan cepat.

ads

Lalu apa saja penyebab dari tulang tangan sering terasa ngilu? Berikut beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Segera lakukan pengobatan jika penyebabnya ternyata cukup serius. (Baca juga: Penyebab Tulang Belakang Sakit)

1. Osteoporosis

Salah satu penyebab tulang tangan sering terasa ngilu adalah osteoporosis. Osteoporosis adalah salah satu penyakit dan kelainan tulang yang rentan terjadi pada wanita lanjut usia. Gejalanya adalah ditandai dengan pengeroposan struktur tulang. Akibatnya tulang menjadi keropos dari dalam dan lemah. Hal ini bisa menciptakan rasa ngilu di dalam tulang. Jika pengeroposan tulang terjadi pada tangan, maka rasa ngilu tersebut akan terasa di bagian tangan.

Artikel Lainnya:

2. Osteoarthritis

Selain osteoporosis, penyakit tulang yang juga rentan terjadi pada manula adalah osteoarthritis. Perbedaan penyakit ini dengan osteoporosis adalah penyebabnya. Jika osteoporosis disebabkan oleh pengeroposan tulang, maka osteoarthritis disebabkan oleh pengapuran tulang. Namun kedua penyakit ini kurang lebih memiliki gejala yang sama. Salah satunya adalah muncul rasa nyeri atau ngilu di bagian tulang yang mengalami pengapuran, termasuk tangan. (Baca juga: Penyempitan Tulang Belakang)

3. Rematik tulang

Penyebab tulang tangan ngilu berikutnya adalah rematik tulang. Rematik tulang terjadi pada orang yang keseringan mandi di malam hari. Kebiasaan buruk tersebut bisa membuat persendian menjadi sering sakit atau ngilu. Biasanya rasa sakit yang muncul berasal dari bagian persendian seperti pergelangan tangan atau siku. Namun lama kelamaan akan merambat ke bagian tulang dan persendian lainnya. Hal ini dikarenakan mandi pada malam hari kurang baik akibat minimnya kandungan oksigen. Akibatnya, yang masuk ke dalam tubuh lebih banyak karbon dioksida dan juga radikal bebas. Maka dari itu hindari kebiasaan buruk ini. Mandilah di pagi hari selagi oksigen masih banyak terkandung di udara. (Baca juga: Gejala Osteoporosis)

4. Retak atau patah tulang

Tangan terasa ngilu dan sakit juga bisa terjadi jika tulang mengalami retak atau patah. Retak atau patah tulang itu sendiri bisa dikarenakan cedera seperti benturan atau kecelakaan. Namun ada juga patah atau retak tulang yang disebabkan oleh faktor penyakit tulang seperti osteoporosis atau osteoarthritis yang sudah menyebabkan tulang lebih lemah. Pada penderita kedua penyakit tersebut, mungkin tulang retak tidak akan terasa karena memang tulang bisa retak tanpa penyebab. Namun untuk kasus parah, ada baiknya segera diperiksakan ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.

Artikel lainnya:

5. Carpal tunnel syndrom

Carpal tunnel syndrom adalah sebuah kondisi dimana tulang tangan terasa ngilu, lebih sering terjadi pada bagian bawah tangan seperti pergelangan tangan. Namun bisa juga terjadi pada persendian pada bahu. Hal ini dikarenakan kegiatan yang terus menerus dilakukan dalam posisi yang tetap di bagian tangan, seperti mengetik terlalu lama, bermain piano terlalu lama, atau memainkan alat musik lainnya yang menggunakan lengan dan tangan. (Baca juga: Proses Pembentukan Tulang pada Manusia)


6. Peradangan tendon otot tangan

Rasa ngilu pada bagian tangan juga bisa terjadi bukan pada tulang, melainkan pada otot. Hanya saja, biasanya rasa sakit tersebut juga terasa hingga ke tulang. Salah satu penyebabnya adalah jika terdapat peradangan pada tendon otot tangan. Hal ini bisa menyebabkan rasa ngilu pada bagian tangan. (Baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium)

7. Penyakit trigger finger

Penyebab tulang tangan ngilu berikutnya adalah jika seseorang menderita penyakit trigger finger. Penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem gerak, terutama tangan. Penyebabnya adalah jika seseorang sering sekali membawa beban berat atau mengangkat beban selama bertahun-tahun. Gejalanya adalah rasa sakit atau ngilu. Contohnya jika terjadi pada kuli panggul, kuli bangunan, dan sebagainya.

Artikel lainnya:

8. Gangguan fungsi saraf

Rasa ngilu juga bisa terjadi jika di dalam tubuh saraf sedang terganggu. Jika saraf yang terjadi ada di bagian tangan yang dekat dengan tulang, maka bisa jadi muncul rasa ngilu yang berlebihan. Gangguan fungsi saraf ini sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor, misalnya gangguan virus atau bakteri yang menyebabkan tangan kehilangan fungsi motoriknya dan menyebabkan rasa sakit. (Baca juga: Penyebab Terjadinya Osteomalasia)


9. Tekanan otot yang berlebihan

Rasa ngilu pada tulang tangan juga bisa terjadi jika ada kegiatan atau tekanan pada otot yang terlalu berlebihan. Otot yang berkontraksi terus menerus tanpa diimbangi dengan relaksasi tentunya juga akan menciptakan rasa sakit tersendiri. Rasa sakit itu sendiri juga terkadang bisa terasa hingga ke tulang. Apalagi jika tulang juga ikut tertekan akibat kontraksi pada otot tangan itu sendiri. Biasanya kejadian ini terjadi ketika seseorang terlalu memforsir dirinya untuk berolahraga lebih dari kapasitas biasanya, sehingga otot menjadi tegang. Cara mengatasinya adalah relaksasi pada otot. Bisa juga dengan dibantu mandi dengan air hangat. (Baca juga: Penyebab Tulang Ngilu-Ngilu)

10. Syaraf terjepit

Orang Jawa sering menyebut hal ini sebagai kecetit, alias syaraf terjepit. Hal ini bisa terjadi jika seseorang memiliki postur atau gerakan tubuh yang salah dalam jangka waktu lama. Misalnya salah posisi tidur. Jika salah posisi tidur terjadi pada bagian tangan, maka bukan mustahil jika otot maupun tulang terasa ngilu karena syaraf bisa saja terjepit.

Artikel Terkait:

Demikianlah beberapa penyebab dari tulang tangan ngilu yang perlu diketahui untuk pencegahan risiko yang lebih parah di kemudian hari. Jika rasa ngilu tidak juga mereda dan berlangsung lama, ada baiknya mulai memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya, karena penderita yang satu bisa jadi memiliki penyebab yang berbeda dengan penderita yang lain. Tetap jaga asupan makanan yang sehat dan baik untuk tulang setiap harinya. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 19th, September 2017 / 03:17 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang