Sponsors Link

Hanya 5 Menit, 6 Cara Menghilangkan Pegal di Telapak Kaki yang Bisa Anda Coba Sendiri!

Sponsors Link

Pada musim liburan atau setidaknya akhir pekan, kebanyakan orang menghabiskan waktunya dengan berjalan-jalan bersama teman-teman dan orang terdekatnya. Bisa dengan mendaki gunung, ke tempat wisata, atau sekadar jalan-jalan seputar mall. Nah, tentunya bagian tubuh yang paling banyak beraktivitas adalah kaki. Oleh karena itu, pasca jalan-jalan yang menyenangkan menyisakan tulang terasa ngilu dan pegal di bagian kaki.

ads

Apalagi jika salah memakai sepatu yang tidak terlalu nyaman untuk kaki. Bagian kaki yang paling dikorbankan adalah area tumit karena merupakan titik tumpu tubuh. Tentunya sangat diperlukan cara menghilangkan pegal di telapak kaki agar kaki kembali fit dan nyaman. Biasanya orang mengobatinya dengan memakai salep untuk otot tegang, namun ternyata pegal telapak kaki bisa ditangani dengan sederhana seperti  beberapa cara menghilangkan pegal di telapak kaki berikut ini:

  1. Merendam Kaki dalam Air Hangat

Cara mengilangkan pegal di telapak kaki yang pertama ini termasuk sederhana dan mudah Anda praktekkan. Mengapa harus air hangat? Ya karena air hangat ini mampu memperlancar aliran sirkulasi darah di bagian kaki, terutama telapaknya, sehingga kaki tidak lagi terasa nyeri tumit saat berjalan dan kaki pegal. Langkah pertamanya, rebuslah air lalu tuang ke ember atau baskom, tambahkan air dingin secukupnya agar air panas berangsur menghangat. Selanjutnya, masukkan kaki Anda ke baskom berisi air tersebut untuk merendam kaki. Tekan berulang bagian telapak kaki dengan ujung jarinya.

  1. Menempeli Kaki dengan Es Batu

Tak hanya air hangat, es batu yang dingin juga mampu memulihkan rasa pegal di kaki. Hal tersebut dikarenakan dinginnya es batu mampu membuat efek seperti mati rasa pada bagian kaki yang nyeri atau pegal. Langkah yang harus Anda lakukan adalah dengan mewadahi es batu ke kantong plastik untuk kemudian ditempelkan di area telapak kaki. Tekan-tekan kantong es batu di area yang nyeri terutama bagian tumit hingga pegalnya hilang.

  1. Merendam Kaki dalam Air Garam

Salah satu cara menghilangkan pegal di telapak kaki selanjutnya adalah dengan memanfaatkan air garam. Air garam membantu meredakan rasa sakit bahkan radang karena memiliki kandungan kristal sulfat yang tinggi sehingga garam termasuk dalam obat tradisional sakit tumit kaki. Dengan merendam kaki dalam air garam, pegal-pegal dan nyeri kaki akan terselamatkan.

  1. Memijat Telapak Kaki

Jika tidak ingin repot dengan harus membuat rendaman dan sebagainya, pijatan adalah jawabannya. Telapak kaki yang pegal bisa dipijat secara berulang dengan menggunakan minyak pijat atau minyak ziatun. Pijatan dilakukan pelan-pelan dan sesekali diberi tekanan di bagian tumit. Tekanlah memakai ujung jari tangan Anda guna melancarkan peredaran darah di kaki dan sebagai obat untuk melemaskan otot kaku.

  1. Mengoleskan Minyak Cengkeh ke Kaki

Minyak cengkeh ternyata mampu menstimulus sirkulasi darah hingga menghilangkan rasa pegal. Cara mengobati tumit kaki sakit dan pegal dengan cengkeh sangat mudah sekali, yaitu dengan mmengambil sedikit minyak zaitun lalu letakkan di wadah. Tambahkan cengkeh ke wadah tersebut lalu diamkan beberapa saat. Lalu tinggal oleskan ke tumit dan telapak kaki dengan dibarengi pijatan.

  1. Merendam Kaki dalam Air Cuka

Cuka tak hanya sekadar penyedap makanan dan pembersih perabot, namun juga sebagai pereda nyeri telapak kaki. Cara menghilangkan pegal di telapak kaki menggunakan cuka ini sangatlah mudah. Tinggal teteskan cuka ke suatu wadah lalu tambahkan air secukupnya. Kemudian rendamlah kaki di wadah tersebut. Termasuk efektif untuk meredakan pegal dan maupun sakit tulang telapak kaki.

Sponsors Link
, , , ,




Post Date: Wednesday 20th, February 2019 / 07:19 Oleh :
Kategori : Pengobatan