Sponsors Link

10 Cara Melemaskan Otot Tangan Yang Kaku yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Tangan merupakan salah satu bagian tubuh yang kerap digunakan untuk melakukan pekerjaan tertentu. Namun, ada kalanya otot tangan akan terasa kaku disertai dengan tulang terasa sakit dan ngilu. Hal ini tentu akan menganggangu pekerjaan yang akan dilakukan.

ads

Rasa ini juga akan menimbulkan ketidaknyamanan bagi seseorang. Tangan akan sulit digunakan untuk melakukan beberapa hal-hal yang ringan, seperti mengetik, mengangkat gelas, dan melakukan hal-hal lainnya.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab tulang ngilu dan otot terasa kaku. Salah satu penyebab tulang tangan ngilu hingga membuat otot menjadi kaku adalah aktivitas yang dilakukan secara berlebihan dan penyakit rematik yang diderita orang tersebut. Penyakit rematik akan membuat tulang mengalami peradangan dan peradangan ini dapat menjalar hingga ke bagian otot di sekitar tulang yang mengalami rematik.

Mengatasi otot tangan yang mengalami kekakuan merupakan suatu keharusan untuk dapat mengembalikan fungsi tagan seperti semula. Beberapa hal yang dapat kamu lakukan untuk melemaskan otot tangan yang kaku adalah:

Melakukan Peregangan Otot Tangan

Peregangan merupakan salah satu cara melemaskan otot tangan yang kaku yang mudah untuk dilakukan. Beberapa gerakan yang dapat dilakukan untuk melakukan peregangan adalah:

  • Mengepal/Mengenggam Tangan

Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuka telapak tangan. Kemudian posisikan jari-jari tangan berdiri tegak lurus. Mulailah latihan hari tangan untuk melemaskan otot dengan mengepal atau mengenggamnya, kemudian luruskan lagi. Saat mengenggam tangan, usahakan jari jempol terltak pada bagian paling luar dari jari-jari yang digenggam. Lakukan gerakan menggenggam dan meluruskan jari secara perlahan. Ulangi hal ini sebanyak mungkin, minimal 10 kali hingga merasakan otot-otot tangan mulai melemas.

  • Menekuk Jempol

Luruskan posisi-posisi jari tagan. Kemudian tekuk bagian jari jempol hingga menyentuh bagian telapak tangan di dekat jari kelingking. Tahan posisi jempol yang ditekuk ini selama 10 detik. Lalu luruskan kembali. Lakukan gerakan ini sebanyak minimal 10 kali berturut-turut.

  • Menekuk Jempol dan Telunjuk

Gerakan ini dilakukan dengan meluruskan seluruh jari tangan. Kemudian tekuk bagian jari jempol hingga menyentuk telapak tangan, lalu luruskan secara perlahan. Selanjutnya tekuk jari telujuk tangan yang sama hingga menyentuk bagian telapak tangan. Tahan beberapa saat dan luruskan kembali. Lakukan gerakan ini terus secara bergantian, tidak hanya pada satu tangan, namun juga kedua tangan jika keduanya mengalami kekakuan.

  • Membuat Huruf “O”

Gerakan ini dapat dilakukan dengan menekuk seluruh jari ke arah telapak tangan, namun jangan sampai menyentuk bagian telapak tangan. Arahkan keempat jari untuk mengarah ke arah jempol yang juga ditekuk. Berikan tekanan pada gerakan ini dengan mendiamkannya sesaat setelah ditekuk. Kemudian luruskan kembali selururh jari. 

  • Menekuk Empat Jari Tangan
Sponsors Link

Gerakan ini dapat dimulai dengan menggenggam seluruh jari. Kemudian angkat jari jempol atau ibu jari ke arah atas. Posisi ini akan membentuk lambang “OK” dengan posisi “L”. Berikan tekanan pada keempat jari yang ditekuk dengan menahannya beberapa saat. Kemudian, angkat dan luruskan kembali semua jari tangan. Lakukan gerakan ini beberapa kali secara bertahap.

  • Mengangkat Jari Tangan

Letakkan seluruh jari tangan di atas meja atau alas dengan permukaan yang datar. Lalu, angkatlah satu per satu jari tangan secara bergantian dalam selang waktu dua detik. Lakukan gerakan ini minimal sebanyak 10 kali. 

  • Menekuk Pergelangan dan Jari Tangan

Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara memegang sekitar pergelangan tangan kanan dengan menggunakan tangan kiri. Hadapkan jari ke arah bawah. Kemudian berikan tekanan sedikit kepada bagian pergelangan tangan. Hal ini akan meredakan tangan ngilu sebelah kanan dan otot tangan kanan yang kaku. Lakukan hal ini secara bergantian di kedua tangan jika tangan kiri juga mengalami masalah yang sama. Ulangi sebanyak 10 kali untuk masing-masing tangan.

Menggunakan Obat Tradisional

Sponsors Link

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meredakan otot tangan kaku dan tidak bisa digerakkan adalah dengan memberikan ramuan obat tradisional pada bagian otot tersebut. Beberapa obat yang dapat digunakan adalah:

1. Kamomil

Daun kamomil memiliki sifat anti radang. Hal ini membuatnya banyak digunakan sebagai obat untuk berbagai penyakit. Salah satunya adalah dengan menjadikannya obat herbal rematik kaki. Cara melemaskan otot tangan yang kaku dengan kamomil adalah mengoleskan minyak kamomil pada bagian tangan yang kaku.

2. Minyak Daun Mint

Minyak daun mint menjadi salah satu obat tradisional untuk melemaskan otot tagan yang kaku. Kamu dapat menggunakan minyak daun mint dengan mengoleskan minyak tersebut di bagian tangan yang mengalami kaku. Kamu dapat menggunakan minyak daun mint asli ataupun minyak urut yang memiliki kandungan minyak daun mint.

3. Cabai Merah

Cabai merah dapat menjadi salah satu cara untuk melemaskan otot tangan yang kaku. Cabai merah juga menjadi salah satu ramuan tradisional untuk rematik karena memiliki sifat anti radang. Untuk meredakan otot tangan yang kaku, kamu dapat mengoleskan cabai merah bersama dengan minyak zaitun di bagian tangan yang kaku. Kamu juga dapat menambahkan cabai ke dalam makanan yang kamu konsumsi. Kandungan capsaicin di dalam cabai merah akan membuat produksi zat kimia di bagian otot dapat ditekan. Hal ini dapat membuat otot tidak kaku lagi.

Demikian beberapa ulasan dari cara untuk melemaskan otot yang bisa anda lakukan untuk bisa anda lakukan dengan mudah.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 14th, May 2018 / 06:53 Oleh :
Kategori : Pengobatan