Sponsors Link

Tulang Belakang Sakit – Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Sakit bagian tulang belakang bisa menjadi sangat mengganggu aktivitas seseorang. Karena rasa nyeri biasanya akan menjadi sangat ngilu.  Penyebab nyeri pada tulang belakang bisa disebabkan karena beberapa faktor. Selain bisa karena faktor usia, bisa juga karena pola hidup yang tidak sehat.

ads

Penyebab Tulang Belakang Sakit

Penyebab sakit pada bagian tulang belakang, bisa saja dikarenakan Anda terserang beberapa penyakit. Walaupun dengan gejala yang sama namun bisa saja penyebabnya berbeda. Hal ini bisa saja sering terjadi sehingga membuat seseorang menjadi sering mengira-ngira sebuah penyakit. Berikut adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan nyeri pada tulang belakang:

  1. Penyakit anyklosing spondylitis

Penyakit pertama yang bisa mengakibatkan timbulnya rasa nyeri pada bagian tulang belakang adalah bisa dikaitkan dengan adanya peradangan di pertemuan antara 2 anggota tulang. Jika lebih spesifik lagi biasanya rasa nyeri akan dirasakan pada pertemuan tulang di daerah punggung yang cenderung berada di bagian bawah. Kondisi ini tentu saja aan mengganggu pada aktivitas sehari-hari dengan intensitifitas yang cukup besar. Nyeri tulang belakang ini bisa menghambar pada kinerja Anda karena merasa sangat tidak nyaman baik ketika sedang duduk, berjalan, berbarik atau berdiri.

2. Slipped disc

Tulang belakang pada bagian punggung  tersusun menjadi beberapa cakram yang bisa menyempurnakan posisi dan juga bisa bermanfaat untuk mengoptimalkan kinerja sesuai dengan fungsi normalnya. Hanya saja jika pada kondisi tertentu kondisi kesehatan cakram ini terusak atau bahkan terancam sehingga akan mengakibatkan rasa sakit yang sangat luar biasa menyerang pada penderita. Kondisi ini disebabkan karena cakram tersebut sangatlah berdekatan dengan jalinan syaraf yang ada di bagian syaraf dan juga sekitarnya. Kerusakan yang terjadi pada cakram tulang punggu biasanya akan berdampak pada syaraf dan juga akan mengakibatkan rasa nyeri yang berkelanjutan.

3. Gejala arthritis

Penyebab nyeri tulang belakang selanjutnya adalah bisa saja disebabkan karena ada manifestasi pada gejala artritis. Yaitu salah satu gejala yang disebabkan karena adanya peradangan di bagian tulang manusia. Walaupun akhirnya tidak bisa menutup kemungkinan karena penyakit ini bisa saja menyerang tidak hanya pada bagian tulang belakang saja. Rasa nyeri biasanya akan sangat sering dirasakan oleh penderita justru pada bagian persendian khusunya di untuk bagian anggota gerak seperti kaki, tangan dan juga bagian punggu bawah atau lebih tepat berada di bagian pinggang.

Salah satu penyebabnya bisa saja karena pola hidup tidak sehat yang semakin mempengaruhi karena kemunculan keluhan bagian radang sendi. Sehingga ada baiknya Anda mengurangi konsumi makanan yang terlalu banyak mengandung purin, seperti seafood, jeroan, melinjo dan juga jenis lainnya yang terlalu berlebihan mempunyai kandungan purin.

4. Frozen shoulder

Walaupun tidak khusus bisa menyerang di bagian tulang belakang, namun keluhan yang mengakibatkan rasa nyeri ini bisa juga dirasakan dan juga terus merambat hingga bagian tulang punggung. Salah satu gejala yang paling utama sering dirasakan adalah di bagian bahu. Rasa nyeri dan juga kaku saat sedang digerakkan paling utama bisa menjadi salah satu hal yang paling sering dikeluhkan oleh banyak penderita. Kurangilah menanggung beban yang terlalu berlebihan pada bagian pundak dan juga usahakan untuk selalu memilih posisi tidur yang dirasakan sangat nyaman sehingga bisa meminimalisir keluhan yang bisa diderita oleh pasien.

5. Whiplash

Kondisi whiplash paling utamanya sebenarnya akan menyerang pada bagian tulang leher, hanya saja keluhan bisa sampai untuk mencapai dibagian tulang punggung khususnya pada bagian atas. Kasus yang sangat sering terjadi karena nyeri yang ditimbulkan oleh cedera dengan langsung melukai pada bagian leher. Pola hidup yang buruk dan tidak pernah memperhatikan pada keselamatan leher bisa menjadi salah satu pemicunya. Sehingga sebaiknya sebisa munggking Anda meminimalisir aktivitas yang akan mengancam pada kesehatan tubuh.

6. Tumor atau kanker tulang

Sponsors Link

Tumor atau kangker tulang adalah salah satu tanda tidak normalnya pertumbuhan pada sel penyusun dari suatu jaringan. Sehingga dalam hal ini pada penyusunan yang terjadi di bagian tulang belakang rasa nyeri akan muncul dengan disertai penurunan sistem imunitas tubuh dengan secara umum. Selain itu nafsu makan juga akan semakin berkurang dan tubuh akan terasa semakin mengalami pelemahanan sehingga akan menimbulkan ragam abnormalitas di daerah tulang belakang. Pada bagian tumor sel yang abnormal maka pertumbuhannya masa ada dalam skala jikan namun jika sudah mengarah pada kondisi kangker maka harus mendapatkan penanganan medis dengan segera. Penyembuhan nya bisa dengan cara menggunakan obat kemoterapi yang akan dianjurkan oleh dokter, namun bisa juga dengan mempertimbankan prosedur pengangkatan tumor.

7. Faktor khusus pada tulang belakang bukan karena penyakit

Penyebab lain dari rasa nyeri yang terjadi pada bagian tulang belakang bisa saja disebabkan karena faktor usia dan juga umum yang semakin tua sehingga rasa nyeri yang ada di bagian punggung tidak dapat mereda. Kondisi lainnya juga bisa saja disebabkan karena seseorang menderita obesitas. Pada ibu hamil rasa nyeri pada bagian tulang belakang bisa saja dirasakan karena semakin bertambahnya beban yang harus ditopang. Kebiasaan buruk dengan terlalu banyak konsumsi alkohol dan juga merokok mempunyai manifestasi pada kemunculan rasa nyeri tulang belakang. Bahkan kondisi psikologis yang tidak stabil yang biasa menyerang penderita depresi juga biasanya akan lebih rentan untuk menyerang dan mengakibatkan rasa nyeri pada bagian tulang belakang.

8. Menderita osteoporosis

Gejala terjadinya pengeroposan pada tulang juga biasanya akan membidik pada daerah tulang belakang dengan cukup sering. Biasanya ini disebabkan karena faktor usia dan juga asupan nutrisi yang akan mempengaruhi pada manifestasi keluhan osteoporosis. Pengeroposan pada bagian tulang akan menurunkan kekuatan serta kepadatan tulang dan juga seringkali akan menimbulkan rasa nyeri yang bahkan bisa menyebabkan kondisi yang sangat serius. Memberikan asupan yang cukup pada jaringan tulang seperti konsumsi kalsium sangatlah dianjurkan agar bisa mencegah terjadinya kemunculan osteoporosis. Anda bisa mengkonsumsi susu dan juga sayuran yang kaya akan kandungan baik untuk tulang.

9. Abnormalitas tulang belakang

ads

Kita seirng mempelajari sejak kecil mengenai jenis kelainan pada tulang, biasanya akan dipelajari dari orang tua atau guru. Anda akan selalu diajari bagaimana posisi tubuh yang benar saat akan belajar sehingga tidak akan menyebabkan adanya kelainan yang akan mengancam pada postur tubuh. Karena jika sudah terjadi dan bahkan kondisinya semakin parah makan tindakan atau prosedur pembedahan harus dilakukan dengan segera agar mengurangi adanya rasa nyeri yang timbul dan juga memperbaiki postur tubuh agar kembali normal.

Karena jika tidak segera diatasi biasanya akan mengganggu pada aktivitas sehari-hari. Utamanya terdapat 3 kelainan pada tulang belakang yang tidak akan sulit untuk diidentifikasi. Yaitu lordosis, scoliosis dan juga kifosis. Lebih jelasnya lagi adalah kifosis merupakan kondisi postur pada tulang belakang yang cenderung membungkuk. Lordosisi adalah yang akan mengindikasikan pada postur tulang belakang yang akan terlalu tertarik pada bagian belakang. Sedangkan scoliosis merupakan postur tubuh yang tidak normal dan tulang belakang akan mengalami pembengkokan pada arah samping kanan atau pun samping kiri.

10. TBC tulang

Penyakit TBC memang identic dengan paru-paru. Namun tahukah Anda? Ternyata TBC juga bisa menyerang bagian tulang punggung. Pada kondisi yang sangat parah biasanya infeksi akan menyebabkan timbulnya rasa nyeri yang disertai adanya nanah. Kondisi tulang juga akan semakin menjadi lemah atau rapuh. Gaya hidup yang tidak sehat harus bisa mencegah adanya perkembangan dari penyakit ini. Sehingga akan lebih baik jika Anda mengusahakan untuk tetap menjaga kondisi lingkungan tempat tinggal agar tidak dalam kondisi yang lembab.

11. Gaya hidup buruk

Gaya hidup yang sangat buruk tentu saja akan mempengaruhi pada kesehatan tubuh salah satunya adalah nyeri pada bagian tulang belakang. Beberapa perempuan yang sangat suka menggunakan high heels juga biasanya akan sangat rawan terkena nyeri tulang belakang. Ini disebabkan karena postur tubuh yang terus saja dipaksakan dalam keseharian bisa memberikan beban yang lebih khusus pada bagian tubuh di belakang. Selanjutnya juga bisa dimasukkan ke dalam kategori gaya hidup yang buruk untuk kesehatan tulang belakang adalah saat akan memilih alas tidur yang kurang dan membuat Anda merasa sangat tidak nyaman. Kondisi ini bisa mengurangi kualitas istirahat dan juga akan menimbulkan adanya keluhan dan juga rasa pegal yang akan menggangu pada aktivitas sehari-hari.

Cara Mengatasi Tulang Belakang Sakit

Setelah Anda mengetahui penyebab dari timbulnya rasa sakit dibagian tulang belakang, selanjutnya Anda bisa mengetahui apa yang bisa dilakukan untuk mengatasi rasa sakit tersebut:

1. Operasi discectomy

Prosesdur operasi discectomy merupakan salah satu operasi tulang belakang yang biasanya akan dijadikan salah satu opsi terakhir dari tindakan medis. Karena operasi ini mempunyai resiko yang cukup tinggi untuk mengarah pada kegagalan apalagi bisa mengancam nyawa. Namun untuk menambah wawasan, bahwa operasi ini biasanya akan di lakukan jika seseorang mempunyai gangguan pada tulang belakangnya terutama ada masalah tonjolan disk yang dinilai sangat mengganggu dan sudah mempengaruhi syaraf pada daerah tulang belakang dan juga memberikan efek rasa nyeri yang cukup mengganggu.

2. Operasi laminectomy

Operasi lainnya adalah operasi laminectomy merupakan salah satu prosedur yang sangat erat kaitannya dengan ada gangguan pada syaraf tulang belakang karena gangguan abnormalitas di bagian disk tulang belakang sehingga akan memberikan perasaan nyeri atau sakit pada penderita. Sehingga untuk mengurangi keluhannya dokter akan memfokuskan operasi pada proses pengambilan tonjolan sama hal nya pada operasi sebelumnya, namun bedanya adalah penggunaan pedoman teori yang akan lebih mengarah pada dekompresi yang akan dilakukan pada area dimana terdapat penjepit syaraf yang secara abnormal ternyata memberikan efek rasa nyeri pada penderita.

3. Suntik kortikosteroid

Selanjutnya adalah melakukan penanganan suntik kortikosteroid. Suntik ini akan dilakukan pada area tulang belakang dan juga punggung dengan tujuan agar bisa mengatasi rasa sakit yang sering dirasakan. Suntik ini harus dilakukan oleh pengawasan ahli medis dengan menggunakan takaran atau dosis yang sesuai. Karena pada dasarnya obat suntikan ini nantinya akan memberikan efek samping sehingga penggunaan nya tidak disarankan jika dengan sembarangan atau tanpa ada saran dari dokter.

4. Biofeedback

Biofeedback adalah sejenis dari alat canggih yang bisa digunakan sebagai salah satu alat terapi pada tulang bagian belakang atau punggung tanpa harus konsumsi jenis obat tertentu. Dengan menggunakan biofeedback maka proses terapi akan berlangsung pada bagian syaraf pusat yang letaknya ada di otak dan maksimal dalam pengendalian rasa nyeri sehingga bisa lebih efektif. Selain itu, alat ini juga sangat mampu untuk membantu mengatur peredaran darah dan mengatur otot yang menegang sehingga bisa dengan efektif dimanfaatkan sebagai salah satu alat terapi yang paling cocok untuk bisa mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung atau tulang belakang dengan maksimal.

5. Bertemu psikolog

Psikolog? Apa ada hubungannya dengan sakit tulang punggung? Sebaiknya Anda jangan dulu berasumsi bahwa ternyata nyeri pada punggung Anda sangat dipengaruhi karena penyakit. Bisa saja ternyata nyeri pada punggung berhubungan dengan kondisi psikis. Karena buktinya sudah cukup banyak dan mereka yang mengalami kondisi nyeri pada bagian tulang belakang hanya dengan berkonsultasi pada psikolog sudah bisa mengatasi rasa nyeri tersebut. Mereka membutuhkan orang yang bisa diajak untuk berdiskusi secara efektif yang bisa memberikan dorongan tinggi dan memahami pasien nya. Dengan begitu pasien akan semakin merasa nyaman dalam menyampaikan masalahnya.

Dalam dunia psikologi yang memiliki hubungan serta melayani para penderita dengan sakit fisik seperti pada tulang punggung bagian belakang, maka biasanya psikolog akan bertugas untuk memberikan dorongan yang positif dan juga membantu para penderita semaksimal mungkin pada pikiran utamanya agar bisa merubah gaya hidup menjadi lebih sehat dan juga tidak menderita stres agar bisa mendukung penderita untuk bisa lebih aktif dalam bergerak sehingga kesehatan fisik yang menjadi masalah dalam tubuhnya tepatnya pada bagian tulang belakang akan ikut bisa ditangani dan juga disembuhkan, bagaimanapun pikiran dapat mengendalikan kinerja tubuh sehingga akan sedikit mengganggu jika tidak bisa dikendalikan dengan baik.

6. Akupunktur

Sponsors Link

Akupuntur merupakan salah satu pengobatan tusuk jarum yang bisa menjadi pilihan lainnya. Sebagai salah satu opsi yang sangat layak untuk dipilih menemui ahli akupuntur bisa Anda lakukan agar bisa mengurangi nyeri pada bagian punggung. Sebenarnya tidak hanya sakit punggung, karena akupuntur juga sudah sangat dipercaya bisa mengatasi berbagai jenis penyakit. Hanya dengan melakukan proses tusuk jarum pada bagian tertentu maka pengobatan alami yang jika dilakukan secara rutin ini mampu mengatasi adanya keluhan dari penyakit.

7. Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation

Stimulasi yang terjadi pada jaringan syraf dengan lebih memfokuskan untuk penggunaan tenaga listrik serta tekanan rendah untuk bisa mengurangi nyeri pada punggu ini mungkin bisa mempunyai cara kinerja serta penyembuhan yang hampir sama dengan akupuntur untuk menusukan jarum ke dalam beberapa titik yang ada dalam tubuh agar bisa meredakan rasa nyeri. Namun perbedaan nya adalah jika melakukan stimulus syaraf canggih ini yaitu menggunakan media alat listrik yang biasa dimanfaatkan sebagai tukang blok bagi beberapa rasa sakit yang biasa menyerang di bagian punggung atau tulang belakang dan pastinya akan mengarah pada penggunaan teknologi secara medis yang mana jika akupuntur akan lebih cenderung pada pengobatan yang tradisional secara turun temurun.

8. Terapi pijat

Pada proses penyembuhan untuk meredakan nyeri pada bagian tulang belakang atau pun punggung akan sangat disarankan untuk Anda jika mau melakukan pemijatan adalah dengan menggunakan jasa oleh tenaga para ahli professional yang paling utamanya harus sudah berserfikasi dan juga terpercaya agar jika terjadi apa-apa bisa dipercayakan. Pada proses pemijatan juga akan mengarah dengan tujuan pengurangan rasa nyeri yang sering dirasakan. Dengan melakukan terapi pijat yang terarut Anda sudah bisa meningkatkan kesembuhan tubuh dan juga membuat tubuh pulih kembali. Misalnya saja di posisi yang abnormal kemudian terjadi pada sepanjang jejeran tulang belakang.

9. Terapi suhu

Selain menggunakan terapi pijat, Anda juga bisa memanfaatkan terapi suhu yang sangat bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri pada bagian punggung atau tulang belakang. Terapi suhu juga akan membantu untuk melancarkan sirkulasi pada darah dan juga area punggung utama. Caranya adalah dengan meletakkan kompres yang pertama dengan penggunaan air dingin setelah itu tunggu untuk beberapa saat lalu cobalah untuk menambahkan kompres lainnya dengan bergatian dengan kompres hangat yang bisa menjadi salah satu penyeimbang dan juga bisa memberikan efek kejut otot yang sangat baik untuk punggung sehingga Anda bisa mestimulus relaksasinya.

10. Berendam air hangat

Berendam atau mandi dengan menggunakan air hangat juga bisa Anda manfaatkan untuk meringankan keluhan nyeri pada bagian punggung yang sering sekali menyerang. Hal ini merupakan salah satu cara terbaik untuk bisa merelaksasikan bagian otot serta psikis Anda. Karena jika secara teori maka kemungkinan besar dengan merendam tubuh pada air dengan suhu tinggi juga tidak akan jauh berbeda dengan menggunakan terapi kejut yang menggunakan pergantiaan suhu yang berlawanan. Tidak ada salahnya jika Anda mencoba untuk mandi sekaligus merendam tubuh dengan air hangat agar bisa menurunkan intensitas tubuh terserang pegal-pegal yang mungkin Anda rasakan karena melakukan aktivitas seharian.

11. Olahraga

Saat Anda sedang terserang rasa nyeri pada bagian tulang belakang atau tulang punggung, sebaiknya Anda menghindari dengan tidur posisi rebahan. Ini sangatlah penting sebab saat Anda sedang merasakan nyeri pada bagian punggung maka ada baiknya Anda menggunakan waktu Anda untuk bisa menggerakan bagian badan dan mulai dari berjalan dengan sampai, berenang atau pun berlatih yoga. Karena jika langsung merebahkan tubuh dengan posisi punggung yang nyeri justru akan sangat berpotensi untuk memberikan rasa nyeri yang semakin parah.

12. Terapi fisik

Cara yang satu ini juga bisa menjadi salah satu opsi Anda untuk mengurangi keluhan rasa nyeri pada bagian punggu. Biasanya dengan melakukan terapi fisik akan memerlukan seorang ahli untuk bisa membimbing secara terarah dari mulai memperbaiki postur agar bisa menjadi lebih baik lagi atau juga melakukan latihan gerakan melenturkan otot agar bisa mengurangi rasa nyeri yang di keluhkan.

13. Obat medis

Ada cukup banyak obat untuk meredakan nyeri punggung yang sudah bisa Anda dapatkan di pasaran dan juga di apotek. Anda tingga menanyakan pada apoteker mana obat yang paling cocok. Atau jika memang Anda sangat ragu coba untuk berkonsultasi pada dokter lebih dulu agar bisa mendapatkan resep yang pas dan tidak menjadi berbahaya jika Anda konsumsi.

Yang paling aman jika memang Anda tidak ingin menggunakan resep dokter bisa coba dengan memilih obat oles yang dijual di apotek. Itulah pembahasan mengenai tulang belakang sakit yang perlu Anda ketahui.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Saturday 11th, November 2017 / 02:05 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang