Sponsors Link

3 Cara Mengatasi Tulang Selangka Menonjol Paling Efektif dan Cepat Teratasi

Sponsors Link

Tulang selangka anda menonjol? Pastinya bukan tanpa sebab hal itu bisa terjadi. Ada baiknya anda memahami beberapa penyebab dari tulang selangka yang terlihat menonjol. Namun sebelumnya, anda juga harus mengerti tentang tulang selangka itu sendiri. Pada halaman ini akan di sampaikan serta bagaimana cara mengatasi Tulang Selangka menonjol.

ads

Tulang selangka biasa disebut juga dengan klavikula, yang merupakan tulang panjang dan tipis terletak memanjang di antara tulang dada, tulang belikat, dan juga tulang bahu. Tulang ini yang menghubungkan antara lengan ke tubuh dan juga terletak di daerah yang memiliki banyak saraf serta pembuluh darah. Selain kejadian tulang dada menonjol, tulang selangka menonjol banyak menjadi keluhan sebagian besar orang karena terkesan tidak nyaman.

Berikut ini adalah penyebab dari tulang selangka menonjol yang harus anda mengerti sebelum menyimak beberapa cara mengatasi Tulang Selangka menonjol.

  1. Cedera

Salah satu penyebab tulang selangka menonjol adalah cedera. Adapun cedera yang di maksud bisa berupa cedera fisik yang meliputi patah tulang, retak, ataupun terkilir pada tubuh bagian atas. Hal inilah yang bisa menyebabkan tulang selangka anda menonjol. Ini adalah penyebab yang paling umum bagi sebagian besar orang dengan kondisi tulang selangka menonjol dimana juga bisa memicu nyeri pada tulang selangka berkelanjutan juga. Cedera bisa diakibatkan oleh kecelakaan kecil ataupun besar.

Apabila anda adalah salah satu orang yang pernah atau sedang mengalami cedera, selain terdapat penonjolan tulang umumnya anda juga akan merasakan berbagai gejala seperti berikut ini:

  • Timbul bengkak dan kulit memar
  • Gerakan lengan yang sangat terbatas karena terasa sakit
  • Bahu yang terlihat seperti turun

Anak-anak serta remaja rentan sekali terhadap cedera ini karena tulang selangka umumnya mencapai kekuatan sempurna setelah seseorang menginjak pada usia 20 tahun. Selain itu, orang tua juga lebih banyak berisiko mengalami cedera tulang selangka lantaran suatu permasalahan seperti kepadatan tulang yang mulai melemah.

Guna mendiagnosis kondisi ini, memeriksakan ke dokter adalah langkah yang tepat. Setelah melakukan konsultasi, dokter biasanya menggunakan rontgen dan CT scan sebagai langkah utamanya. Kemudian, Anda juga disarankan untuk mengkonsumsi makanan untuk kepadatang tulang berikut untuk menunjang kesehatan lebih baik.

  1. Infeksi Tulang

Penyebab lain dari tulang selangka membenjol yakni karena suatu infeksi tulang. Infeksi tulang atau disebut juga dengan patofisiologi osteomielitis yakni salah satu kondisi yang menjadikan tulang selangka menonjol. Masalah kesehatan yang seperti ini dapat terjadi setelah cedera, prosedur bedah tertentu, atau setelah memasukkan saluran intravena di dekat tulang selangka itu sendiri.

Bukan hanya itu saja, tetapi hal ini juga dapat terjadi pada waktu darah dan jaringan di sekitar tulang selangka mengalami infeksi hingga akhirnya menyebar. Ketika sudah terjadi seperti ini, maka Anda disarankan segera melakukan pengobatan osteomielitis berikut.

Meskipun infeksi tulang selangka terbilang jarang sekali terjadi, namun anda tetap perlu mengetahui berbagai gejalanya untuk melakukan pencegahan agar tidak berkembang. Dibawah ini adalah gejala dari osteomielitis:

  • Terjadinya demam
  • Badan yang mulai menggigil
  • Terjadi pembengkakan yang terasa sakit di sekitar tulang selangka
  • Keluarnya cairan atau lebih tepatnya nanah dari benjolan
Sponsors Link

  1. Terlalu Kurus

Penyebab lainnya adalah terlalu kurus. Inilah penyebab paling umum dan yang banyak di alami dibandingkan penyebab yang lainnya. Ketika badan yang terlalu kurus maka tulang selangka kanan dan kiri akan sama-sama terlihat. Pastinya banyak orang yang mungkin tidak cukup percaya diri.

Cara mengatasi Tulang Selangka menonjol tetap tergantung dari penyebab utamanya. Akan tetapi secara keseluruhan, berikut ini berbagai cara yang bisa di tempuh dari berbagai penyebab yang harus anda ketahui.

  1. Program Penambahan Berat Badan

Cobalah untuk menambah berat badan anda sedikit saja. Minimal agar tidak terlalu kurus yang akan membuat tulang selangka anda terlihat menonjol dengan jelas. Anda bisa melakukan dengan tips-tips berikut ini:

  • Penuhi Asupan Protein

Mengapa harus protein? Karena nutrisi ini yang tidak mudah di pecah oleh air, sehingga cepat menjadi daging. Berbeda dengan karbohidrat yang akan hilang oleh tenaga atau aktivitas. Nah, untuk itu dalam melakukan program penambahan berat badan di perlukan asupan protein cukup.

Diantara makanan yang mengandung protein adalah seperti tempe, tahu, ikan laut dan telur. Selain itu, jenis makanan tersebut juga sangat baik untuk dikonsumsi ketika mengalami patah tulang sebab makanan yang mengandung protein termasuk ke dalam jenis makanan untuk mempercepat penyambungan tulang paling mudah didapatkan.

  • Banyak Minum Susu

Kandungam kalsium di dalam susu mampu memperkuat tulang, tetapi bukan hanya itu manfaatnya. Susu dapat menambah berat badan anda. Cara yang ampuh menambah berat badan dengan susu yakni mengkonsumsinya di malam hari menjelang akan tidur.

Sponsors Link

Sedangkan nutrisi lain yang bisa anda gunakan adalah keju. Campurkan keju ke dalam susu agar lebih cepat mendapatkan berat badan sesuai yang di inginkan. Sedangkan untuk yang lebih praktis, Anda dapat mengkonsumsi susu Anlene, dimana untuk khasiat susu anlene untuk tulang dapat dilihat pada link tersebut.

  1. Operasi

Cara yang kedua untuk menepis tulang selangka benjol adalah dengan jalan bedah apabila penyebabnya adalah cedera. Dengan prosedur bedah maka tulang anda akan di tata kembali untuk menghasilkan bentuk normal. Akan tetapi biayanya juga lebih mahal.

Selain itu, untuk langkah pengobatan serupa juga bisa Anda terapkan untuk mengobati tulang belakang menonjol keluar, tulang ubun-ubun menonjol, tulang panggul menonjol, dan penyakit parah lainnya sebab penanganan medis ini merupakan yang paling ampuh dalam pengobatan.

  1. Memperhatikan Pola Hidup Sehat

Adakah kaitan cara mengatasi Tulang Selangka menonjol dengan memperhatikan pola hidup sehat? Tentu ada. Di atas telah di sebutkan penyebabnya, yakni meliputi infeksi tulang. Sedangkan gejalanya seperti keluhan demam, panas, badan menggigil sampai dengan pembengkakan. Dengan memperhatikan pola hidup sehat, tentunya berbagai nutrisi, vitamin atau suplemen tidak akan anda lewatkan.

Tubuh yang cukup dengan vitamin akan mampu menghadapi serangan virus. Sehingga tidak terjadi perkembangan infeksi tulang. Untuk menjaga kondisi tubuh terutama tulang agar tetap fit dan sehat, rutin konsumsi vitamin penguat tulang dan sendi berikut untuk mencegah macam macam penyakit tulang. Inilah beberapa Cara Mengatasi Tulang Selangka Menonjol, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , , ,




Post Date: Sunday 21st, October 2018 / 23:57 Oleh :
Kategori : Pengobatan