Sponsors Link

Tulang Lutut Sering Bunyi: Gejala, Penanganan dan Cara Mengobatinya

Sponsors Link

Lutut menjadi salah satu tumpuan tubuh yang bisa menyangga layaknya tulang kaki paling bawah. Tugas tulang lutut sendiri tentu saja membantu kaki beraktivitas seperti lari, jalan, jongkok. Itulah sebabnya kenapa tulang lutut bisa di tekuk karena membantu tubuh jongkok. Sehingga bisa di katakan bahwa lutut sangatlah penting. Lantas bagaimana jika kondisi lutut kurang baik? Pastinya penderita merasa terganggu sekali. Salah satu masalah fisik yang tak kalah sedikit di keluhkan beberapa orang yakni Tulang Lutut Sering Bunyi.

ads

Kebanyakan orang menyampaikan bahwa sering terdengar bunyi “krek” dari lutut. Khususnya pada saat mereka bangkit dari duduk ataupun saat mengubah posisi tidur. Bahaya atau tidaknya, seseorang selalu khawatir akan kondisi ini. Padahal belum pasti lutut yang berbunyi patut di waspadai. Ada beberapa faktor mengapa Tulang Lutut Sering Bunyi, dan anda harus memahami gejalanya serta cara mengobati atau bentuk penanganan.

Adapun mengapa tulang lutut sering bunyi bukan tanpa penyebab. Sesuatu yang menjadi pemicu dari hal ini adalah bertambahnya usia. Demikian karena jaringan yang melapisi tulang  yakni tulang rawan yang dapat tumbuh di tempat tak biasa. Namun adakalanya hal itu di sebabkan oleh faktor lainnya. Sedangkan pada waktu jongkok, suara “krek” berasal dari sebuah gesekan antara permukaan kasar yang saling bersilangan.

Lantas pentingkah untuk mengetahui apa saja gejala dari lutut yang menimbulkan bunyi ini? Pastinya cukup penting, entah sekedar sebagai informasi dan ilmu pengetahuan atau sebagai ilmu bekal kedepannya. Tetapi, setiap orang pastilah mendambakan kondisi fisik yang sehat. Tambahan lain, berdasarkan sumber lainnya memaparkan jika kondisi seperti ini (bila tidak disertai rasa sakit) disebabkan oleh adanya gelembung udara dalam sendi. Untuk keadaan yang satu ini lebih di kenal dengan nama crepitus atau krepitasi.

Gejala Tulang Lutut Sering Bunyi

  • Mudah Capek

Mulai terasa capek, terutama di bagian lutut sampai ke bawahnya. Penderita akan merasakan lelah tak biasa sebagai bentuk gejala umumnya. Selain masalah pada kaki, mudah capek juga bisa menjadi gejala kifosis, ciri ciri kanker tulang, dan beberapa kejadian lainnya.

  • Terasa Berat

Pada bagian lutut terasa berat sekali dibandingkan dengan biasanya. Hal ini sebagai tanda kedua bahwa tulang lutut akan dan sering menimbulkan suara.

Memang tidak banyak gejala dari kondisi ini. Namun ketika seseorang telah mengalaminya, efek susulan mungkin akan ada seperti misalnya rasa nyeri, sakit atau bisa juga bengkak. Namun semua tetap kembali pada kondisi keparahannya. Untuk menghindari rasa takut atau gelisah, sebaiknya anda memahami penanganan yang tepat.

Penanganan Tulang Lutut Sering Bunyi

  • Konsultasi Medis

Lakukan konsultasi kepada dokter adalah langkah yang paling utama bentuk penanganan. Dengan begitu dokter akan memeriksa kondisi pasien mulai dari keluhan yang di sampaikan. Sehingga akan ada solusi terbaik yang akan di sampaikan.

  • Pemeriksaan Fisik

Langkah kedua dengan melakukan pemeriksaan fisik yang bertujuan untuk memantau rentang gerak sendi serta mengevaluasi stabilitas sendi lutut itu sendiri. Sehingga cukup penting jika anda melewatkan pemeriksaan fisik.

  • Rontgen

Mengambil foto rontgen atau xray dengan tujuan guna mengetahui kondisi yang terjadi pada tulang atau sendi. Untuk langkah ini bisa Anda terapkan juga ketika mengalami ngilu pada lutut, tulang lutut bergeser, pengapuran sendi lutu maupun penyakit lainnya yang tidak bisa dipandang secara kasat mata.

  • Melakukan MRI

Magnetic Resonance Imaging yang tujuannya adalah untuk mengetahui struktur jaringan lunak hingga arthroscopy secara langsung. Dengan begitu untuk permasalahan yang terjadi pada lutut dapat di deteksi dengan mudah dan cepat, dan bisa mendapatkan saran pengobatan yang tepat.

Sponsors Link

Nah, demikianlah penanganan untuk lutut yang seringkali menimbulkan bunyi. Sedangkan untuk cara mengobatinya bisa anda lihat dari beberapa hal di bawah ini. Namun sebelum menginjak pada poin penting cara mengobati, perlu anda ketahui juga bahwa kondisi yang seperti ini akibat dari kurangnya nutrisi glukosamin.

Cara Mengobati Tulang Lutut Sering Bunyi

  • Konsumsi Nutrisi

Seperti yang sudah di sebutkan, nutrisi penting untuk lutut adalah glukosamin serta kondroitin. Keduanya merupakan suplemen yang sangat baik di konsumsi. Kegunaan dari kedua nutrisi tersebut adalah menetralisir. Selain itu, nutrisi glukosamin ini sendiri juga dapat menambah cairan lutut berkurang guna menjaga kesehatannya tetap baik.

  • Pola Hidup

Mampu mengatur pola hidup sehat. Ini juga menjadi salah satu bentuk dari cara mengobati. Sedangkan praktiknya, pola hidup sehat yang bisa di lakukan adalah menjalankan olahraga teratur dan tetap memperhatikan kondisi fisik di saat telah lelah. Selain itu juga harus bisa menjaga pola makan yang benar, tidak sekedar makan dan kenyang saja.

  • Mempertahankan Berat Tubuh

Pertahankan agar berat badan anda tetap ideal, karena jika terlalu kurus tentu tidak baik. Begitu juga dengan kondisi badan terlalu gemuk atau obesitas juga tidak sehat. Selain bisa membuat tulang lutut sering bunyi, kelebihan berat badan juga bisa menyebabkan sakit persendian lutut yang lebih parah.

  • Banyak Konsumsi Air Putih

Banyak minum air putih, minimal adalah 8 gelas per harinya. Dalam keadaan apapun, mineral sangat penting sekali. Bahkan anda tidak boleh mengurangi takaran standar yang di tentukan jika menginginkan tetap mempunyai badan sehat.

Itulah yang bisa di sampaikan mengenai gejala, pengobatan serta penanganan dari tulang Lutut Sering Bunyi yang dapat Anda ketahui mulai sekarang. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Sunday 14th, October 2018 / 16:49 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang