Sponsors Link

4 Vitamin Untuk Pertumbuhan Tulang Bayi yang Harus Terpenuhi

Sponsors Link

Pertumbuhan tulang pada bayi sangat penting untuk di perhatikan. Anda sebagai orang tua harus memberikan perhatian khusus bagi sang buah hati. Hal ini untuk menunjang tumbuh kembang mereka dengan sangat baik. Oleh karena itu selain perlakuan juga di butuhkan vitamin yang terbaik. Ketika bayi mulai menginjak usia 6 bulan, itu artinya bayi tersebut sudah siap menerima makanan padat. Untuk itu, bagi ibu-ibu yang memiliki bayi, perlu memikirkan lagi mengenai jenis makanan yang baik dan tepat untuk tumbuh kembangnya.

ads

Salah satu yang perlu diperhatikan oleh ibu adalah jenis makanan yang banyak mengandung Vitamin untuk Pertumbuhan Tulang Bayi. Lantas, mengapa ibu perlu memperhatikan kesehatan dan kekuatan tulang bayi ? Tulang sendiri memiliki fungsi penting di dalam tubuh, yakni untuk membentuk kerangka internal tubuh. Itu lah yang membuat tulang menjadi salah satu faktor penting untuk tumbuh kembang anak. Tak hanya itu saja, ada beberapa fungsi tulang lainnya.

Seperti mendukung organ tubuh, membantu bayi mudah bergerak, dan melindungi organ tubuh. Tulang bayi harus kuat dan sehat, sebab jika tidak, hal itu mampu mengganggu tumbuh kembang bayi. Tulang yang kurang kuat pun juga akan menyebabkan bayi akan rentan mengalami cedera fisik hingga bisa menimbulkan ciri-ciri cerebral palsy juga.

Tentu saja aneka jenis produk susu juga mampu membantu memperkuat tulang bayi. Pastikan jika anak anda sudah memasuki usia lebih dari 1 tahun, jangan lupa untuk diperkenalkan dengan susu sapi. Air Susu Ibu (ASI) sendiri juga memiliki kandungan kalsium yang tinggi untuk pertumbuhan tulang bayi.

Namun, kalsium yang ada di dalam susu sapi ternyata juga sangat baik untuk buah hati anda. Aneka olahan susu lainnya pun juga baik untuk membantu kekuatan tulang bayi. Tak hanya itu saja, ada beberapa Vitamin untuk Pertumbuhan Tulang Bayi. Simak penjelasan dibawah ini :

  1. Vitamin D

Vitamin D sendiri sangat bermanfaat untuk menyerap kalsium di dalam tubuh. Penyerapan tersebut akan membuat tulang dan gigi bayi semakin kuat. Jika bayi kekurangan vitamin D, tak hanya tulangnya saja, bahkan gigi pun lebih mudah bermasalah. Bahkan, bayi juga akan rentan terkena rakhitis dan tidak memiliki tinggi badan yang maksimal.

Sumber vitamin D yang bisa di peroleh secara langsung yakni dengan memberikan penjemuran pada bayi di jam pagi baik jam 7 atau jam 8. Pastikan waktunya tidak kurang dan tidak lebih dari itu. Serta, jangan terlalu lama anda menjemurkan bayi, cukup selama 15 menit saja. Kalau sudah cukup dewasa lagi dan dapat konsumsi segala jenis makanan, bisa berikan makanan pencegah rakitis berikut untuk melakukan pencegahan sejak dini.

  1. Kalsium

Perlu anda ketahui bahwa pentingnya kalsium untuk tubuh. Dalam hal ini berarti bukan hanya vitamin D yang di butuhkan oleh bayi. Kalsium sangat di anjurkan sekali untuk si bayi, sehingga anda harus menyertakan dalam daftar vitamin yang baik untuk pertumbuhan tulang si bayi. Kalsium adalah bahan utama dalam proses pembentukan dentim dan juga email gigi bayi sehingga wajib terpenuhi untuk menjaga pertumbuhannya secara maksimal.

Sumber kalsium bisa di dapat dari beberapa jenis makanan seperti ikan, susu, sayuran, keju, dan tak lupa kacang-kacangan. Kurangnya kalsium dalam tubuh menjadi salah satu penyebab tulang keropos yang perlu di hindari sebaik mungkin. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi bayi, mengingat di usianya yang masih sangat kecil keadaan tulangnya masih sangat muda.

  1. Fosfor

Selain kalsium dan Vitamin D, bayi juga membutuhkan fosfor untuk membantu pertumbuhan dalam proses pembentukan tulang pada manusia. Vitamin untuk Pertumbuhan Tulang Bayi yang satu ini mampu membuat asam basa di dalam tubuh secara seimbang. Sehingga proses pembentukan tulang mempunyai kadar kekuatan secara normal. Dan kalau sampai manusia kekurangan fosfor, maka akan jadi salah satu penyebab terjadinya osteomalasia yang perlu banget untuk dihindari.

Sponsors Link

  1. Vitamin A

Vitamin A merupakan salah satu nutrisi yang memiliki peranan penting bagi perbaikan jaringan di dalam tubuh. Tak hanya itu saja, Vitamin A juga membantu pertumbuhan tulang, dan produksi sel tubuh. Jenis makanan yang mengandung vitamin A adalah daging, produk susu, dan sayuran serta buah yang berwarna cerah.

Selain itu, untuk jenis Vitamin yang mudah untuk ditemukan ini menjadi salah satu jenis vitamin untuk pertumbuhan anak di bawah 1 tahun sehingga Anda sangat direkomendasikan untuk mencukupi kebutuhan vitamin A terhadap buah hati, namun jangan berlebihan karena kelebihan vitamin A dapat menyebabkan patah tulang.

Selain susu, keju, yogurt, dan es krim sebagai sumber kalsium untuk memenuhi kebutuhan kalsium secara alami, ternyata juga bisa melalui makanan hewani dan nabati. Seperti tempe, tahu, brokoli, kacang kedelai, rumput laut. Sedangkan untuk memenuhi vitamin D, bisa mengkonsumsi ikan, hati, dan telur.

Mengkonsumsi nutrisi dan vitamin penguat tulang dan sendi tersebut cukup penting bagi bayi, anak-anak, maupun orang dari segala tingkat usia. Bayi dan anak-anak membutuhkan nutrisi tersebut untuk membantu pertumbuhan tulangnya. Sementara orang dewasa sendiri untuk memelihara gigi dan persendian agar tetap kuat sehingga macam-macam penyakit tulang dapat dicegah dengan baik.  Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , , ,




Post Date: Friday 07th, September 2018 / 23:41 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang