Sponsors Link

8 Obat Pengapuran Tulang Pinggang dan Leher Secara Alami

Sponsors Link

Dalam dunia medis, pengapuran tulang disebut juga sebagai medis osteoarthritis. Salah satu penyebab adanya pengapuran tulang ini adalah adanya peradangan sendi yang diakibatkan adanya bantalan di ujung tulang yang menipis secara bersamaan. Nah, penipisan bantalan tersebut dapat membuat rusaknya bantalan yang sering terjadi di antara sendi dan bagian tulang sekitar sendi. Di sinilah pengapuran tulang terjadi.

ads

Faktor Terjadinya Pengapuran Tulang

Rusaknya sendi dan daerah sendi yang tidak dapat diperbaiki dengan sempurna ini sebenarnya masih menjadi bahan perdebatan di dunia medis, khususnya di tulang. Namun, para ahli memberikan pendapat bahwa adanya beberapa faktor terjadinya pengapuran tulang yang terjadi pada tulang manusia dan berikut ini adalah beberapa faktornya: (Baca juga: Penyebab Tulang Ngilu)

  1. Wanita – Wanita, lebih cenderung memiliki penyakit tulang, termasuk pengapuran tulang dibandingkan dengan pria. Mungkin itu sebabnya wanita cenderung lebih banyak penyakitnya dibandingkan dengan pria.
  2. Faktor Usia – Mungkin kebanyakan penyakit tulang ini disebabkan oleh adanya faktor usia atau usia yang sudah mulai lanjut. Maka dari itu, kebanyakan lansia mulai merasakan nyeri pada tulangnya.
  3. Cedera – Cedera yang disebabkan adanya benturan tulang atau kecelakaan bisa juga mengakibatkan terjadinya pengapuran tulang. Jadi, cedera tulang ini lebih sangat berbahaya dibandingkan dengan faktor penyakit tulang lainnya. (Baca juga: Ciri-Ciri Kanker Tulang Belakang)
  4. Pekerjaan – Pekerjaan yang memiliki tekanan besar pada tulang akan memberikan kecenderungan mendapatkan penyakit pengapuran tulang. Pekerjaan kuli bangunan yang memiliki resiko terjadinya pengapuran tulang. Maka dari itu, seseorang yang memiliki pekerjaan berat seperti kuli bangunan harus sering-sering memperhatikan tulangnya.
  5. Obesitas – Ternyata, obesitas atau berat badan yang terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya pengapuran pada tulang. Dengan adanya berat badan yang berlebihan akan membuat beban pada sendi-sendi yang fungsinya menahan berat tubuh. Tak hanya pengapuran tulang, bahwa obesitas ini juga bisa menyebabkan terjadinya rematik tulang.

Beberapa faktor pengapuran tulang di atas, masihlah pendapat. Masih belum ada kepastian yang jelas apa penyebab dari terjadinya pengapuran tulang. (Baca juga: Penyakit Tulang Belakang)

Baca juga:

Mengatasi Pengapuran Tulang

Jika sudah memahami apa itu pengapuran tulang dan beberapa penyebabnya, maka saatnya Anda mengatasinya. Pengapuran tulang ini bisa diobati atau diatasi dengan tangan sendiri tanpa bantuan dokter. Jika Anda mulai merasakan adanya pengapuran pada tulang Anda, maka Anda perlu mengubah pola hidup Anda menjadi pola hidup yang sehat. Berikut ini adalah cara mengatasi pengapuran tulang secara alami dan dapat dilakukan sendiri tanpa adanya bantuan obat ataupun dokter.

1. Olahraga

Memang olahraga merupakan suatu aktivitas yang direkomendasikan sangat penting bagi tubuh. Olahraga merupakan satu di antara pola hidup yang sehat dan baik. Dengan melakukan olahraga secara teratur akan dapat menguatkan otot-otot yang bekerja di area sekitar sendi yang mengalami pengapuran. Sehingga akan membuat sendi-sendi tulang dapat lebih stabil lagi dan mengurangi resiko pengapuran tulang. Namun, jangan olahraga secara berlebihan yang membuat otot-otot Anda bekerja lebih ekstra. Hal ini tidak baik bagi tulang dan otot Anda. (Baca juga: Cara Terapi Tulang Belakang)

2. Mengurangi Berat Badan

Sudah diketahui di atas kalau obesitas atau berat badan yang berlebih merupakan salah satu faktor penyebab terjadinya pengapuran tulang. Maka dari itu, solusi mudahnya adalah mengurangi berat badan dengan cara berdiet. Hal ini dapat mengurangi tekanan tulang agar tidak bekerja lebih ekstra lagi dan tidak terjadi pengapuran tulang.

Baca juga:

3. Obat Pereda Sakit

Sebenarnya, pencegahan pengapuran tulang ini dapat diatasi atau dicegah sejak usia dini. Sehingga tidak akan mengalami keterlambatan dalam melakukan pencegahan terjadinya pengapuran tulang. Cukup dengan melakukan pola hidup yang teratur dan olahraga yang rutin, maka Anda bisa mengatasi dan mencegah pengapuran tulang. Lebih mengantisipasi sejak dini, daripada terlambat mencegah terjadinya pengapuran tulang. Namun, jika pengapuran tulang semakin hebat menyerang sendi tulang Anda, lebih baik segera mengubah pola hidup Anda menjadi lebih sehat dan baik lagi. Anda bisa menggunakan obat pereda sakit tulang. Umumnya menggunakan obat oles pada otot agar tidak terjadi nyeri dan kejang pada otot. Hal ini bisa mengurangi resiko terjadinya pengapuran tulang. (Baca juga: Makanan yang Mengandung Kalsium)

4. Air Panas atau Dingin

Ketika terasa sakit dan nyeri pada tulang, Anda bisa menggunakan air panas atau dingin pada tulang Anda. Kompres dengan menggunakan kain yang sudah dicelupkan pada air panas atau dingin lalu temple ke bagian yang nyeri. Di sini bisa mengatasi terjadinya pengapuran pada sendi-sendi tulang Anda. Perbedaan antara air panas dengan air dingin adalah bahwa air panas ini dapat melemaskan otot-otot yang sedang tegang sedangkan air dingin ini untuk menetralisir dan meredakan otot yang kejang dan nyeri juga kram. (Baca juga: Cara Meluruskan Tulang Belakang)

5. Alat Bantu

Pada umumnya, pengapuran tulang ini akan ditandai dengan munculnya rasa sakit dan nyeri pada sendi-sendi bagian kaki. Karena kebanyakan pengapuran tulang ini lebih banyak menyerang ke tulang kaki. Kenapa tulang kaki? Karena tulang kaki lebih banyak bekerja dibandingkan dengan tulang tangan atau tulang yang lainnya. Alat bantu dapat memberikan penurunan kinerja pada otot-otot tulang yang bekerja ekstra. Dengan adanya alat bantu ini, Anda bisa mengurangi resiko terjadinya pengapuran pada sendi-sendi tulang Anda.


Terapi untuk Pengapuran Tulang

Dalam mengatasi pengapuran tulang, selain menggunakan metode pengobatan di atas, juga bisa melakukan terapi untuk menghilangkan dan mengurangi resiko pengapuran tulang. Berikut ini adalah beberapa terapi yang bisa Anda gunakan untuk pengobatan alternatif pengapuran tulang. (Baca juga: Cara Mengobati Tulang Ekor Sakit)

1. Terapi Okupasi

Pada dasarnya, pengapuran tulang ini bisa dikatakan merupakan penyakit yang umum menyerang manusia. Dengan kata lain, pengapuran tulang ini bisa saja semua orang mengalami hal ini. Namun yang membedakan adalah pengapuran ringan dan berat. Jika pola hidup Anda sehat, maka pengapuran tulang yang terjadi adalah ringan dan lebih mudah diobati dan diatasi saat lanjut usia dibandingkan dengan orang yang pola hidupnya tidak sehat, dia akan mengalami pengapuran tulang yang hebat dan sulit untuk diatasi alias sudah terlambat penanganannya. Terapi okupasi ini dilakukan untuk memperkuat sendi tulang agar dapat beraktivitas sehari-hari tanpa merusak sendi tulang. Jika Anda pergi ke ahli terapis okupasi ini, Anda akan diberikan arahan untuk melakukan terapis di titik yang terasa sakit berlebihan pada sendi Anda.

Baca juga:

2. Terapi Fisik

Terapi fisik meruapakan terapi yang dilakukan untuk menguatkan otot dengan cara meningkatkan aktivitas gerak dengan mengurangi rasa sakit pada tulang. Selain itu, terapi fisik ini dapat memperkuat otot-otot sendi yang sedang mengalami penipisan hingga cenderung membuat pengapuran pada sendi-sendi tulang. (Baca juga: Obat Penyempitan Tulang Belakang)

3. Terapi Sepatu

Terapi sepatu ini merupakan terapi yang menerapkan pada pasien terapi untuk menggunakan sepatu khusus dengan tujuan mengurangi rasa sakit ketika berdiri ataupun berjalan. Beberapa obat-obatan dan terapis ataupun pengobatan alternatif di atas, jika tidak mengalami kondisi yang membaik, maka segera pergilah ke dokter tulang. Di sana, mungkin Anda disarankan untuk disuntik kortikosteroid, yaitu operasi dengan mengganti sendi pada tubuh Anda yang mengalami kerusakan. Sendi yang rusak tersebut akan digantikan dengan sendi buatan. (Baca juga: Penyebab Sakit Tulang Belakang Tengah)

Sebaiknya, jika Anda merasa nyeri pada kaki, jangan menganggap hal itu adalah hal yang remeh. Karena bisa saja Anda sedang mengalami pengapuran tulang. Jika rasa nyeri tersebut dibiarkan begitu saja, maka sendi Anda akan mengalami kerusakan dan pembengkakan. Tak hanya pada sendi tulang kaki, bisa juga menyerang pada sendi tulang lainnya seperti tulang punggung, lutut, pinggul, hingga tangan. Memang, rasa nyeri pada sendi ini akan terasa dan terjadi dengan sendirinya. Sebenarnya, rasa nyeri pada sendi bukanlah hal yang terjadi sendiri begitu saja, melainkan disebabkan oleh beberapa gejala seperti penurunan kelenturan sendi, lemasnya otot, dan penurunan massa otot. Namun, beberapa gejala tersebut, bukanlah gejala yang bertahan lama alias akan terganti dan mudah hilang, bahkan mudah datang begitu saja. (Baca juga: Gejala Osteoporosis)

Obat Alternatif Pengapuran Tulang

Adapun obat alternatif atau obat yang yang terbuat dari bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mencegah dan mengobati pengapuran tulang. Berikut ini adalah beberapa obat alternatif untuk pengapuran tulang leher dan pinggang secara alami sebagai berikut:

  • Sari Apel

Selain jahe, Anda juga bisa menggunakan sari apel yang berupa cuka untuk pengobatan alternatif dari bahan alami untuk mengobati pengapuran tulang. Karena, selain dapat mengobati kolestrol dan tipes, bahwa cuka sari apel ini juga bisa digunakan untuk mengobati pengapuran tulang. Kenapa? Karena di dalam sari apel terdapat kandungan anti inflamasi yang bisa menurunkan rasa sakit dan kakunya pada sendi tulang. Selain itu, sari apel juga dapat mengeluarkan racun pada sendi tulang Anda. Berikut ini adalah dua cara menggunakan sari apel sebagai bahan pengobatan alternatif alami untuk mengobati pengapuran tulang.

  1. Campurkan cuka sari apel dengan minyak zaitun dengan takaran masing-masing larutan 1 sendok makan. Nah, untuk cara ini bukanlah untuk dikonsumsi, melainkan digunakan sebagai bahan pijat. Sehingga, Anda bisa memijat dengan campuran minyak tersebut ke beberapa bagian yang nyeri.
  2. Gunakan cuka sari apel yang masih mentah dan belum melalui penyaringan. Anda bisa mengkonsumsi cuka sari apel tersebut dengan mencampurkan madu dan segelas air hangat dan diaduk rata. Cobalah untuk meminum ramuan ini sebanyak dua kali dalam sehari dan diminum sebelum makan.
  • Kayu Manis

Tak hanya untuk pengapuran tulang, bahwa bubuk kayu manis ini juga bisa mengendorkan otot-otot yang sedang mengalami ketegangan berlebih. Berikut ini adalah dua cara penggunaan bubuk kayu manis untuk pengobatan pengapuran tulang, sebagai berikut:

  1. Anda bisa menggunakan bubuk kayu manis menjadi minyak oles dengan cara mencampurkannya dengan sedikit madu. Oles dengan ramuan tersebut dan pijatlah pada bagian yang terasa nyeri dan lakukan hal ini 2 sampai 3 kali setiap harinya. Dengan cara ini, maka Anda bisa merasakan pengobatan yang lebih cepat dibandingkan dengan yang lainnya.
  2. Anda juga bisa menggunakan ramuan minuman dari campuran antara bubuk kayu manis dengan 1 sendok makan madu. Campurkan kedua campuran tersebut dengan segelas air hangat dan aduk hingga rata. Anda bisa meminum ramuan tersebut setiap pagi harinya. Namun, ada baiknya Anda meminumnya sebelum sarapan atau perut dalam keadaan kosong.
  • Jahe

Jahe, selain sebagai obat tenggorokan, juga bisa digunakan sebagai obat alternatif untuk pengapuran tulang. Diketahui dari penelitian studi tulang pada tahun 2001 bahwa ekstrak jahe memang sangat cocok dijadikan sebagai bahan obat alternatif yang alami. Dengan demikian, jahe sangatlah cocok untuk pengobatan pengapuran tulang yang terjadi pada Anda atau keluarga dengan penanganan sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara dari penggunaan jahe untuk obat alternatif pengapuran tulang, sebagai berikut:

  1. Jahe sangat berkhasiat dan memiliki banyak manfaat di dalam kandungannya. Dalam pengobatan pengapuran tulang, Anda bisa meminum 2 sampai 3 cangkir campuran jahe dan teh setiap harinya. Cukup menggunakan sepotong jahe yang diparut dan dimasak bersama air teh selama 10 menit. Anda juga bisa menambahkan madu secukupnya sebagai pemanis minuman tersebut.
  2. Anda bisa menggunakan jahe sebagai bahan minyak yang dioleskan ke bagian yang terasa nyeri dengan cara memijatnya. Namun, pemakaian minyak jahe ini hanya bisa digunakan beberapa kali saja dalam sehari. Karena jika digunakan berulang kali, maka sari jahe dalam minyak pun sudah larut alias hilang, sehingga tidak berkhasiat lagi.
  3. Selain kedua cara tersebut, Anda juga bisa menggunakan jahe sebagai bahan pengobatan pengapuran tulang dengan cara dikunyah. Anda bisa menyiapkan setiap harinya beberapa iris jahe yang masih segar untuk Anda kunyah. Atau, jika Anda tidak suka mengunyah jahe secara langsung, Anda juga bisa mencampurkannya dengan makanan. Namun, untuk mencampurkan ke makanan Anda, sebaiknya Anda gunakan jahe kering dan konsumsilah secara rutin agar pengobatan pengapuran tulang dapat berjalan dengan baik.
  • Kunyit

Menurut penelitian pertanian, bahwa kunyit ternyata merupakan bahan rempah-rempah yang dapat mengobati pengapuran tulang yang paling manjur. Tak hanya itu, ternyata kunyit juga bisa mengatasi jantung yang lemah. Hal ini dikarenakan bahwa kunyit memiliki antioksidan dan anti inflamasi yang tinggi yang dapat menyembuhkan dan memperlambat perkembangan sel penyakit dalam sendi. Berikut ini adalah beberapa cara penggunaan kunyit untuk mengobati pengapuran tulang.

  1. Anda bisa memasak makanan dengan mencampurkan bubuk kunyit untuk makanan sehari-hari Anda.
  2. Anda bisa menggunakan 300 mg ekstrak kunyit. Dosisi tersebut merupakan dosis yang bisa Anda gunakan untuk 3 kali dalam sehari. Namun, hal ini perlu berkonsultasi dahulu ke dokter. Karena takutnya akan kelebihan dosis dalam penggunaannya.
  3. Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan 1 sendok the kunyit dengan segelas susu yang dimasak hingga mendidih. Anda juga bisa menambahkan sedikit madu dan diminum sebanyak 2 kali dalam sehari. Minumlah ramuan tersebut setiap harinya untuk mengobati pengapuran tulang Anda dan rasakan efek baiknya pada ramuan kunyit tersebut.
  • Lidah Buaya

Lidah buaya atau nama latinnya aloe vera ini memang merupakan satu di antara jenis tanaman yang memiliki banyak khasiat yang bermanfaat. Umumnya, lidah buaya dapat mempercantik tubuh dan rambut kita. Padahal, lidah buaya juga dapat bermanfaat untuk pengobatan pengapuran tulang. Karena gel dalam lidah buaya ini sangatlah bermanfaat bagi tubuh kita.

Dalam penggunaan lidah buaya sebagai pengobatan pengapuran tulang ini cukup mudah dilakukan dan diterapkan. Yaitu cukup mengambil gel secukupnya saja dan diolesi ke bagian yang bengkak atau nyeri. Anda bisa mengolesinya secara teratur setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sehingga lidah buaya bukan hanya sebagai bahan pengobatan, melainkan juga sebagai bahan pencegahan.


  • Teh Hijau

Pada umumnya, banyak orang yang menggunakan teh hijau sebagai bahan alternatif yang alami sebagai pengobatan alternatif yang alami unatu segala penyakit. Nah, satu di antaranya adalah pengobatan untuk pengapuran tulang. Ya, walaupun pernah ada statement bahwa meminum teh itu berbahaya bagi tubuh, namun berbeda halnya dengan teh hijau yang memiliki kandungan antioksidan dan anti inflmasi untuk mengobati pengapuran tulang dan sendi secara berangsur, sendi akan terasa membaik.

Anda bisa menggunakan teh hijau ini secangkir dan menambahkan sesendok teh daun hijau. Untuk menikmatinya, setelah matang, Anda bisa menutup teh tersebut selama beberapa menit dan bisa juga Anda tambahkan sedikit madu sebagai pemanisnya. Anda bisa meminumnya 2 sampai 3 cangkir setiap harinya.

  • Temulawak

Sudah pernah dengar? Kalau temulawak ini bisa menggemukkan badan atau member nafsu makan pada anak-anak? Bahkan temulawak ini dipercayai dapat mengobati pengapuran tulang pada sendi-sendi kita lho. Karena temulawak memiliki kandungan minyak atsiru, kurkuminoid dan sifat anti inflmasi yang baik untuk pengobatan pengapuran tulang. Tak hanya itu, bahwa temulawak juga dapat dijadikan sebagai obat infeksi pada lambung.

Anda bisa menggunakan temulawak ini sebagai bahan pengobatan pengapuran tulang dengan cara menyiapkan 20 gram temulawak dan rebus dengan air. Nah, air tersebut, bisa Anda minum secara rutin setiap harinya untuk mengobati pengapuran tulang Anda. Mudah bukan?

  • Terong

Terong sebagai bahan pengobatan pengapuran tulang. Selain sebagai pengobatan pengapuran tulang, bahwa terong juga bisa membantu kesehatan jantung dan otak. Bahkan terong pun juga bisa membuat sendi dan tulang yang nyeri dan mengalami pembengkakan bisa normal kembali. Berikut ini ada dua cara penggunaan terong untuk pengobatan tulang.

  1. Siapkan 60 gram terong dan direbus dengan bahan lain seperti hjahe merah 15 gram dan air 600 ml. masaklah hingga air menurut hingga 200 ml dan tuang dengan cara disaring ke gelas. Jangan lupa untuk didinginkan terlebih dahulu sebelum diminum. Pada dasarnya, bahwa rebusan campuran terong dan jahe merah ini dapat menurunkan resiko pengapuran tulang yang sudah parah dengan meminum sebanyak 3 kali dalam sehari setiap harinya. Selain itu, minuman ini juga tidak memiliki efek samping yang buruk bagi tubuh kita. Jadi, sangat baik untuk dijadikan bahan obat pengapuran tulang yang tidak berefek samping.
  2. Siapkan 100 gram terong dan 3 batang serai juga 30 gram sambiroto. Rebuslah dengan air 600 ml dan tunggulah hingga mendidih atau air surut hingga 200 ml. seperti cara di atas, yaitu saring dan dinginkan larutan tersebut dan minumlah hingga 3 kali dalam sehari setiap harinya untuk mendapatkan efek yang baik untuk obat pengapuran tulang.

Itulah ulasan mengenai obat-obat pengapuran tulang yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah tanpa harus pergi ke dokter. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda, keluarga, dan kerabat Anda.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 22nd, August 2017 / 15:51 Oleh :
Kategori : Pengobatan