Sponsors Link

8 Gerakan Senam yang Mudah untuk Melemaskan Otot Pinggang yang Bisa Anda Coba

Sponsors Link

Pinggang adalah salah satu bagian tubuh yang rentan mengalami pegal dan ngilu. Hal tersebut dikarenakan pinggang berfungsi untuk menopang sebagian berat badan ketika kita dalam posisi duduk. Pekerjaan dengan posisi duduk yang terlalu lama biasanya yang paling mungkin menyebabkan otot pinggang tegang dan tulang belakang sakit, jika terjadi cedera bahkan bisa menyebabkan tulang pinggul geser. Beberapa orang memilih untuk mengoleskan salep untuk otot tegang, beberapa yang lainnya memilih untuk melakukan senam untuk melemaskan otot pinggang seperti berikut ini.

ads
  1. Berbaring Menekuk Lutut

Gerakan senam untuk melemaskan otot pinggang yang pertama dilakukan dalam posisi berbaring lalu tekuk bagian lutut kaki. Tangan diletakkan di lipatan sendi lutut dan paha lalu tarik perlahan ke arah dada. Salah satu kaki dibiarkan tetap lurus. Tahan posisi ini kurang lebih 30 detik lalu lakukan bergantian pada sisi satunya. Gerakan ini bisa meminimalisir bahaya syaraf kejepit di pinggang juga.

  1. Memiringkan Pinggang

Gerakan memiringkan pinggang termasuk senam untuk melemaskan otot pinggang yang relatif gampang dipraktekkan. Dalam posisi berbaring, tekuk lagi bagian lutut. Beri tekanan pada pinggang agar mengarah ke lantai sambil menarik bagian perut ke arah atas dan bawah. Sambil tetap perlahan bernapas, tahan posisi ini 5 detik.

  1. Memutar Pinggang

Masih dalam posisi berbaring dan lutut tetap ditekuk, kedua tangan dalam posisi menyilang di atas dada. Kepala ditengokkan ke arah kanan sambil lutut diputar ke arah kiri. Lalu rilekskan lutut dengan menurunkannya perlahan. Kembali ke posisi awal dan bergantian ke bagian sebelahnya.

  1. Mengangkat Pinggang

Posisi awal gerakan senam untuk melemaskan otot pinggang ini serupa dengan gerakan sebelumnya. Setelah pinggang ditekan ke lantai, pantat di angkat setinggi mungkin. Bertahanlah dalam pose tersebut kurang lebih 5 detik dan tetap bernapas perlahan.

  1. Menggerakkan Perut Bawah

Dengan posisi awal serupa, tempelkan punggung ke lantai dengan cara menarik otot perut ke arah atas dan ke arah bawah. Tariklah lutut menuju dada dan kaki satunya diangkat ke atas. Tahan 5 detik, lalu kaki diturunkan. Bergantian dengan kaki lainnya gerakan ini berulang.

  1. Melakukan Pose Kuda

Pose kuda sebagai cara melemaskan otot pinggang ini dipraktekkan dengan cara membungkuk seperti hendak merangkak tapi diam, pandangan mata menghadap lantai. Dengan perlahan, punggung dilekukkan ke bawah sesuai kemampuan. Kemudian, wajah diangkat dan menghadap ke atas sambil punggung dibungkukkan ke atas. Otot perut akan terkontraksi dengan gerakan ini. Lakukan secara berulang. Postur ini sekaligus mencegah timbulnya spasme otot pinggang.

  1. Menggoyangkan Pinggul

Gerakan senam selanjutnya ialah tetap diawali dengan posisi kuda dan pandangan ke arah lantai. Kemudian pinggul digoyangkan seperti kuda mengibaskan ekornya. Arah gerakan pinggul menuju bahu. Kembali ke posisi awal lalu gantian dengan sisi pinggul lainnya.

  1. Memanjangkan Pinggang

Dibuka dengan pose kuda, kemudian lutut diarahkan ke kepala. Salah satu kaki diluruskan sambil tatapan mata tetap lurus ke arah depan. Tahan beberapa detik dan kembalilah ke pose awal. Gerakkan senam ini secara bergantian antar kaki.

Itulah beberapa gerakan senam untuk melemaskan otot pinggang yang bisa dilakukan sendiri di rumah sambil mengurangi konsumsi makanan penyebab nyeri otot. Anda juga bisa menggunakan obat untuk melemaskan otot kaku.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Tuesday 12th, March 2019 / 02:58 Oleh :
Kategori : Pengobatan