Sponsors Link

4 Cara Melemaskan Otot Tangan Setelah Patah Tulang yang Paling Aman

Sponsors Link

Sudahkan anda mengetahui macam-macam penyakit tulang yang bisa saja menyerang anda kapan dan dimana saja? Patah tulang tidak hanya dialami pada bagian tubuh tangan dan kaki saja. Melainkan semua kerangka tubuh dapat mengalami patah tulang. Pernahkan anda merasa tulang ekor sakit saat duduk lama? Hal itu juga merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang harus diwaspadai. Tulang yang patah akibat benturan keras memang bisa disembuhkan. Dengan rutin melakukan fisioterapi dan melakukan konsultasi dengan dokter ortopedi, kemungkinan besar patah tulang yang dialami bisa disembuhkan. Namun tak jarang pula ditemui, beberapa orang yang belum bisa mengembalikan bentuk tulang pada keadaan aslinya. Patah tulang juga merupakan salah satu penyebab tulang ngilu.

ads

Patah tulang sangat menyiksa bagi orang yang mengalaminya. Bukan hanya karena sakitnya, melainkan juga karena ruang gerak yang terbatas. Orang yang mengalami patah tulang tidak akan boleh menggerakkan anggota badannya yang sakit selama beberapa bulan. Sebagai contoh, jika mengalami patah tulang bagian kaki. Maka selama kurang lebih 2 minggu, orang tersebut akan menon-aktifkan kegiatan menggunakan salah satu kakinya yang sakit. Hingga akhirnya, untuk menggunakan kaki yang sakit tersebut perlu melakukan beberapa langkah-langkah latihan jalan setelah patah tulang. Hal tersebuta juga akan menon-aktifkan kerja otot. Yang akhirnya otot tersebut akan lemas dan tidak memiliki tenaga untuk langsung melakukan suatu kegiatan.

Sama halnya dengan kaki, tangan pun juga demikian. Tangan yang mengalami patah tulang tidak akan melakukan aktifitas sehari-hari seperti biasanya. Sehingga ketika tulang yang patah sudah membaik, maka perlu dilakukan suatu latihan. Agar bisa mengembalikan fungsi otot tangan yang telah lama tidak bekerja. Cara melemaskan otot tangan setelah patah tulang dapat dilakukan dengan beberapa cara. Selain hemat, cara yang akan disajikan saat ini sangat mudah dan sederhana untuk dipraktekkan di rumah.

  • Towel Writing

Fisioterapi juga dapat dilakukan pada tulang tangan bengkok. Salah satu cara yang ditawarkan pada tulisan ini yakni towel writing. Untuk melakukan cara ini anda hanya perlu menyiapkan handuk kering serta niat dan kemauan untuk sembuh. Pegang kedua ujung handuk menggunakan kedua tangan. Kemudian lakukan gerakan memutar ke arah berbeda dari kedua tangan (jika tangan kanan ke depan, tanga kiri memutar ke arah belakang, jika diucapkan dalam bahasa jawa yaitu dipluntir-pluntir).

Lakukan gerakan memutar ini selama 10 kali. Jangan lupa berikan istirahat pada otot sekitar 15 detik, kemudian ulangi gerakan yang sama sebanyak 2 hingga 3 kali. Gerakan ini berfungsi untuk meningkatkan kekuatan dan kelenturan otot tangan. Jika anda merasa sudah bisa melakukan ini dengan mudah, celupkan handuk pada air, kemudian lakukan gerakan yang sama. Bertambahnya beban akan lebih melatih untuk menggunakan otot tangan.

  • Wrist Roll

Cara melemaskan otot tangan setelah patah tulang yang selanjutnya yakni dengan memanfaatkan gerakan dan tenaga dari luar yang masih berada didalam satu badan. Terapi tulang tangan bengkok jenis ini bisa anda gunakan setelah fisioterapis mengizinkan anda untuk melakukannya di rumah. Karena cara ini digunakan untuk meningkatkan luas gerak sendi pada tangan, maka cara melemaskan otot tangan setelah patah tulang ini tidak memerlukan alat apapun. Cukup siapkan benda untuk menopang kedua tangan anda (bisa menggunakan meja).

Caranya letakkan kedua siku tangan diatas meja. Tangan yang sehat kemudian memegang tangan yang sakit, anda bisa memegang telapak tangan ataupun pergelangan tangan. Kemudian lakukan gerakan memutar searah jarum jam dengan hitungan 10 kali putaran. Berikan istirahat pada otot tangan selama 15 detik, kemudian lakukan gerakan yang sama sebanyak 2 hingga 3 kali setiap sesi.

  • Grasping
Sponsors Link

Sesuai dengan asal katanya dari Bahasa Inggris yakni grasp yang artinya genggaman. Setelah anda mengetahui cara meluruskan tulang yang bengkok, langkah yang harus anda lakukan selanjutnya adalah melatih otot-otot anda agar memiliki kekuatan kembali untuk melakukan kegiatan sehari-hari. Salah satu contohnya otot tangan. Cara melemaskan otot tangan setelah patah tulang dapat anda lakukan dengan melakukan teknik menggenggam. Benda yang anda perlukan saat ini lebih dari satu dengan jenis yang sama.

Semisal adalah bola, anda perlu menyiapkan bola tenis (baik tenis meja maupun tenis lapangan). Usahakan diameter atau besar benda tersebut sesuai dengan lebar telapak tangan anda (Baca juga: cara membesarkan tulang tangan). Letakkan bola besar di telapak tangan, kemudian lakukan gerakan meremas-remas pada bola tersebut, lanjutkan pada bola kecil setelah penggunaan bola besar dirasa cukup. Gerakan meremas dilakukan dengan hitungan 3 x 10 kali. Setelah hitungan gerakan sampai pada 10 kali, istirahatkan otot anda selama 15 detik.

  • Prayer Streetch
Sponsors Link

Cara melemaskan otot tangan setelah patah tulang yang satu ini berfungsi untuk meningkatkan elstisitas, luas gerak sendi, dan kekuatan yang dimiliki otot. Cara ini juga tidak memerlukan alat apapun. Cukup dengan niat dan tekat anda untuk segera pulih. Caranya yakni letakkan telapak tangan anda menempel pada telapak tangan yang kiri (berbentuk seperti orang budha saat beribadah).

Angkat lengan tangan anda hingga dada, dan bentuk siku anda hingga 90 derajat. Berikan dorongan kepada kedua tangan dengan arah yang berlawanan. Dengan hitungan 10 detik, turunkan posisi anda. Lakukan gerakan 2 sampai 3 kali dengan waktu istirahat 15 detik. Berbeda dengan yang mengalami patah tulang bahu, anda bisa mencoba untuk melakukan latihan dengan pendulum exercise. Selain karena tulang patah, pengaruh minuman es pada tulang juga merupakan salah satu penyebab tulang tangan ngilu.

Maka dari itu, bagi semua orang yang membaca artikel ini dan utamanya bagi anda yang mengalami patah tulang, untuk selalu mengkonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D. Yang mana makanan tersebut merupakan salah satu cara untuk menambah kepadatan tulang. Khusus bagi anda yang mengalami patah tulang tangan, dapat mengkonsumsi makanan untuk patah tulang tangan. Semoga tulisan tentang cara melemaskan otot tangan setelah patah tulang ini bisa memberikan manfaat bagi semuanya.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Wednesday 18th, April 2018 / 04:06 Oleh :
Kategori : Pengobatan