Sponsors Link

6 Cara Mengobati Keseleo Pada Pergelangan Tangan yang Perlu Diketahui

Sponsors Link

Pernahkah anda mendengar kata keseleo? Atau apakah anda pernah mengalami keseleo itu sendiri?. Tentunya kita pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah keseleo. Keseleo atau yang bisa juga disebut dengan terkilir adalah suatu kondisi dimana adanya cedera pada ligament. Ligament ini merupakan jaringan yang menghubungkan dua atau lebih tulang pada sendi. Namun ternyata banyak juga orang-orang yang beranggapan bahwa keseleo sama dengan retak pada tulang, padahal kenyataannya perbedaan keseleo dan retak pada tulang tidak sama, karena retak pada tulang sebenarnya adalah patah tulang. Dan ciri-ciri patah tulang pergelangan tangan pun berbeda dengan keseleo.

ads

Keseleo dapat dialami siapapun, dengan usia berapapun. Namun biasanya keseleo memang lebih sering menghampiri seseorang dengan aktivitas fisik yang cukup aktif, atau bisa juga seseorang yang sedang melakukan suatu kegiatan yang mengakibatkan paksaan pada sendi sehingga ligament terpelintir dan robek. Ligament ini memang sangat penting, karena ligamentlah mengikat dan menyambungkan satu tulang dengan tulang lainnya. Keseleo biasanya terjadi di pergelangan kaki yang bisa saja menyebabkan otot kaki bergerak sendiri karena mungkin sebelumnya pernah mengalami benturan, namun apakah hanya pergelangan kaki saja yang rentan mengalami keseleo? Ternyata tidak. Di beberapa kasus pun pergelangan tangan juga rentan terjadi keseleo. Nah, untuk itu bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara mengobati keseleo pada pergelangan tangan, disini ada jawabannya.

Namun sebelum kita mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengobati keseleo pada pergelangan tangan, sebaiknya kita mengulas lebih dalam apa itu ligament. Sebelumnya kita sedikit telah mengetahui ligament, sebenarnya ligament bisa melebar dan akan kembali ke tempatnya saat seseorang bergerak. Meskipun demikian, ligament juga dapat robek dan hal inilah yang mengakibatkan keseleo atau terkilir. Sendi memang sangat rentan terkena keseleo jika ligament tadi secara tiba – tiba di dorong, dipelintir, atau juga terkena benturan cukup keras, ini juga bisa menjadi penyebab tulang tangan ngilu.

Orang – orang yang terlibat dalam aktivitas olahraga memang lebih memiliki kecenderungan untuk melukai ligament mereka. Keseleo memiliki beberapa gejala, diantaranya yaitu suara popping saat terjadinya luka, memar yang lumayan mengganggu penampilan, nyeri, bengkak, gerakan terbatas untuk sendi yang terkena. Apalagi jika keseleo terjadi di pergelangan tangan maka aktivitas kita sehari – harinya pun pasti akan sangat terganggu ya, dan jika itu terjadi maka secepatnya kita harus mengetahui cara mengobati keseleo pada pergelangan tangan.

Keseleo memag hal yang lumrah terjadi, meskipun demikian janganlah anggap remeh keseleo ini. Karena keseleo juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang yang patut di waspadai. Misalnya saja keseleo yang terjadi di pergelangan tangan bisa menyebabkan carpel tunnel syndrome (CTS). Si CTS ini menimbulkan gejala awal yang bisa kita deteksi sejak dini, diantaranya rasa tidak nyaman saat malam hari atau kesemutan, kesemutan ini bisa dibarengi dengan rasa nyeri pada tangan. Bahkan ada juga CTS dengan gejala hingga mati rasa atau kesemutan yang terjadi di siang hari.

Jenis-Jenis Keseleo

Ternyata keseleo juga di golongkan ke beberapa jenis bergantung pada tingkat keparahan yang dialami oleh pasien. Menurut American Academy of Othopedic Surgeons, jenis – jenis keseleo sendiri ada tiga yaitu diantaranya :

  • Keseleo kelas 1: Keseleo kelas 1 ini termasuk keseleo dengan tingkat keparahan yang paling ringan. Misalnya saja adanya sedikit peregangan dan beberapa kerusakan pada serat ligament.
  • Keseleo kelas 2: Di tingkat yang sedang yaitu ligament mengalami kerobekan pada setengah bagiannya.
  • Keseleo kelas 3: Di tingkatan yang terakhir ini memang tingkatan yang paling parah dibandingkan dua tingkatan sebelumnya. Jika di keleseo tingkat 2 ligament yang robek hanya setengah, maka pada kelas ini ligament robek secara lengkap.

Cara Mengobati Keseleo Pada Pergelangan Tangan


Keseleo yang terjadi di pergelangan tangan memang sangat mengganggu aktivitas kita sehari-harinya, karena bisa saja rasa sakit yang ditimbulkan atau tangan kaku tidak bisa digerakan. Ada sejumlah cara mengobati keseleo pada pergelangan tangan atau bagian tubuh lainnya yang bisa kita terapkan, yuk langsung saja kita lihat.

  • Protect (melindungi): Gunakanlah sarung tangan saat berkendara, usahakanlah sarung tangan yang melebihi pergelangan tangan agar melindungi pergelangan tangan kita saat terjadi kecelakaan. Untuk kaki, gunakanlah sepatu dengan tinggi yang melebihi mata kaki.
  • Rest (mengistirahatkan): Sebaiknya istirahatkanlah sendi selama 2 hingga 3 hari setelah mengalami cedera. Bila ingin berjalan, gunakanlah bantuan tongkat.
  • Ice (es): Saat cedera terjadi maka sebaiknya agar mengompres dengan es secepat mungkin selama 15 – 20 menit setiap 2 – 3 jam sekali. Anda perlu mengompresnya selama 3 hari terhitung setelah keseleo terjadi.
  • Compression (membalut): Perban elastis sangat membantu pengurangan bengkak akibat keseleo, gunakanlah perban elastis selama 2 hari. Perlu diingat untuk tidak menggunakan perban terlalu ketat, karena akan mengganggu aliran darah anda.
  • Elevation (menaikan): Ketika duduk, angkatlah pergelangan kaki hingga ketinggiannya sama dengan pinggul. Cara menobati keseleo pada pergelangan tangan dengan elevation yaitu dengan menggunakan penyangga lengan (arm sling) selama 2 hari. Menaikkan bagian tubuh yang keseleo sangat bermanfaat untuk mengurangi pembengkakan.
  • Makan makanan yang sehat: Khasiat buah pisang untuk tulang dan khasiat putih telur untuk otot dan tubuh memang sangat baik. Maka dari itu selain cara – cara diatas, konsumsi juga makan – makanan yang sehat untuk mempercepat pemulihan.

Demikian beberapa ulasan mengenai pengobatan untuk penyakit keseleo pada pergelangan tangan yang bisa anda ketahui untuk anda obati segera mungkin.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 04th, February 2019 / 03:59 Oleh :
Kategori : Pengobatan