Sponsors Link

6 Cara Pencegahan Dislokasi Sendi yang Mudah Dilakukan

Sponsors Link

Sendi merupakan salah satu organ tubuh yang memiliki peran aktif dalam membantu pergerakan tubuh. Untuk itu penting sekali untuk anda menjaga fungsi – fungsi sendi di tubuh anda, agar dapat menunjang segala aktifitas anda. Sendi bisa saja mengalami berbagai gangguan terutama bagi para orang lanjut usia. Namun bagi anda yang masih muda juga bisa mengalami gangguan pada sendi, salah satunya adalah dislokasi.

ads

Dislokasi merupakan kelainan sendi yang menyebabkan sendi berada pada posisi tidak normal atau bergeser. Dislokasi sendi ini bisa menyerang berbagai sendi yang ada di dalam tubuh seperti lutut, pergelangan tangan dan kaki, dan bahu. Gangguan sendi ini dapat terjadi karna disebabkan oleh berbagai hal seperti saat melakukan olahraga hingga kecelakaan. Anda dapat menerapkan cara pencegahan dislokasi sendi dan jangan lupa untuk menghindari pantangan nyeri sendi lutut.

Dislokasi pada sendi ini sendiri dapat menyebabkan masalah yang lebih serius diantaranya yaitu kerusakan pada ligamen, saraf, hingga penyebab sakit lutut di usia muda. Segera lakukan penanganan apabila anda merasakan bengkak atau memar pada area sendi anda. Ciri –ciri lainnya dapat berupa sensai kesemutan, tidak bisa bergerak hingga mati rasa pada area sendi yang mengalami dislokasi.

Gangguan sendi dislokasi ini dapat menyerang berbagai kalangan usia, mulai dari dewasa, orang lanjut usia hingga anak – anak. Untuk itu anda –perlu mengawasi aktifitas anak anda, jangan sampai terjatuh dan mengalami dislokasi sendi. Selain waspada ada beberapa cara pencegahan dislokasi sendi pada anak yang dapat anda lakukan. Untuk itu simak penjelasannya dibawah ini !

  1. Ajari anak anda tentang keamanan dalam beraktifitas

Sebaiknya anda mengajari anak anda sedini mungkin tentang keselamatan dalam beraktifitas. Misalnya anda dapat mengajarkan anak anda untuk menggunakan pengaman lutut dan siku saat bersepeda. Tidak berlari – lari pada tempat yang licin atau tempat yang sempit. Sebaiknya hindari anak anda mengalami jatuh, karna otot dan organ pada anak – anak masih berkembang dan lemah.

  1. Selalu Awasi Anak-Anak anda

Awasi kegiatan anak – anak anda, terutama saat bermain di tempat outdoor. Anak – anak biasanya belum mengerti tentang mana hal yang baik dan buruk. Anak – anak juga suka bergerak aktif dan berlari – lari sehingga mudah sekali terjatuh. Lebih baik melakukan tindakan pencegahan sebelum mengobatinya. jangan lupa juga untuk memberikan asupan tambahan berupa vitamin pertumbuhan anak untuk menunjang aktifitasnya.

  1. Memakai Pakaian yang sesuai saat beraktifitas

Cara pencegaan dislokasi sendi selanjutnya adalah menggunakan pakaian yang nyaman dan sesuai untuk aktifitas anda dan anak anda. Misalnya saat bersepeda gunakanlah celana panjang dan pelindung kepala, lutut dan siku. Contoh lainnya adalah saat mengendarai motor, sebaiknya gunakan helm berstadar SNI agar agam dalam berkendara.

  1. Konsumsi makanan sehat penguat sendi

Mengkonsumsi makanan sehat memang terbukti dapat membantu tubuh mencegah berbagai penyakit, tak terkecuali dislokasi sendi. Sebaiknya anda mengkonsumsi makanan sehat yang dapat menguatkan sendi anda. Anda dapat mengkonsumsi makanan yang tinggi akan protein dan kalsium seperti susu, brokoli, kedelai, dan yoghurt. selain itu anda dapat mencoba makanan untuk mempercepat penyambungan tulang yang juga baik untuk sendi anda.

Sponsors Link

  1. Olahraga secara teratur

Olahraga secara teratur merupakan salah satu cara pencegahan dislokasi sendi yang terbukti sangat efektif. Dengan berolahraga secara teratur sendi akan menjadi kuat dan lentur. selain itu anda juga bisa mencoba olahraga untuk penderita patah tulang yang baik juga untuk sendi anda . Untuk itu anda jangan malas berolahraga, mulailah dengan melakukan senam ringan di pagi hari.

  1. Pemanasan sebelum olahraga

Salah satu cara pencegahan dislokasi sendi yang tidak kalah penting yaitu melakukan pemanasan sebelum melakukan olahraga. Hal ini penting sekali untuk mencegah cedera pada sendi anda. Lakukan pemanasan sebelum anda berolahraga terutama pada olahraga renang.

Itu tadi beberapa cara pencegahan dislokasi sendi pada anak – anak yang dapat anda lakukan. jika anda telah mengalami dislokasi pada sendi anda dapat mencoba obat tulang bergeser dan menghubungi dokter dengan segera. semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,




Post Date: Tuesday 22nd, May 2018 / 03:51 Oleh :
Kategori : Pencegahan