Sponsors Link

5 Perawatan Osteopenia Secara Alami yang Paling Dianjurkan

Sponsors Link

Osteopenia merupakan suatu kondisi dimana tulang mengalami penurunan kepadatan di bawah normal. Kondisi ini terkadang disamakan dengan kejadian osteoporosis, padahal osteopenia belum mencapai kondisi osteoporosis. Terdapat beberapa perbedaan osteopenia dan osteoporosis, dan ketika seseorang mengalami osteopenia biasanya berpeluang menderita osteoporosis. Osteopenia adalah gangguan tulang yang mengalami penipisan dan bisa semakin parah seiring bertambahnya usia seseorang. Untuk menanganani hal ini, ada beberapa tips yang bisa dilakukan sebagai upaya perawatan osteopenia secara alami, antara lain:

ads

1. Menerapkan pola hidup sehat

Untuk mencegah tubuh terserang penyakit, salah satu cara yang paling mendasar adalah menerapkan dan menjaga pola hidup yang sehat dalam keseharian. Pola hidup sehat disini tidak hanya dalam menjaga pola makan namun juga menghindari kebiasaan tidak sehat. Contohnya seperti meningkatkan pola tidur yang baik, cukup istirahat dan lainnya yang bisa mempengaruhi kesehatan tulang dan mengurangi risiko terjadinya macam-macam penyakit tulang.

2. Rutin melakukan olahraga

Osteopenia dapat menyebabkan kekuatan tulang menjadi menurun, sehingga salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan meningkatkan kekuatan tulang. Olahraga menjadi metode paling mudah dilakukan sebagai perawatan osteoponia karena bisa melatih, menjaga sekaligus meningkatkan kekuatan tulang. Contoh olahraga yang bisa dilakukan secara rutin untuk kekuatan tulang seperti olahraga untuk pengapuran tulang maupun olahraga ringan seperti jalan pagi, menari maupun memanjat tangga

3. Meningkatkan asupan nutrisi tulang

Perawatan osteopenia juga dapat dengan memastikan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan tulang seperti makanan yang mengandung kalsium tinggi, vitamin D ataupun nutrisi lainnya. Sumber makanan yang mengandung nutrisi tersebut contohnya adalah susu beserta olahannya, sayuran yang berwarna hijau gelap seperti brokoli atau bayam, ikan laut, kacang kedelai dan olahannya dan lain sebagainya. Walaupun begitu, pastikan mengkonsumsi sewajarnya dan jangan berlebihan agar manfaatnya bisa diperoleh dengan baik.

4. Memenuhi kebutuhan Vitamin D

Salah satu jenis vitamin dari berbagai macam vitamin penguat tulang dan sendi adalah vitamin D. Di dalam tulang, vitamin D memiliki peran untuk meningkatkan kemampuan tulang dalam menyerap nutrisi seperti kalsium. Vitamin D bisa diperoleh dengan mengkonsumsi buah, sayur maupun suplemen. Selain itu, tubuh juga bisa memproduksi vitamin D sendiri terutama jika terkena sinar matahari pagi. Sehingga dengan berjemur di bawah matahari pagi sekitar 30 menit sambil olahraga ringan atau jalan pagi sangat dianjurkan ketika mengalami penyakit osteopenia.

5. Melakukan latihan kekuatan dan keseimbangan otot

Selain melakukan olahraga ringan secara rutin, perawatan osteopenia lebih lanjut bisa dengan melatih kekuatan dan keseimbangan otot persendian. Latihan ini sangat disarankan untuk mencegah gejala osteopenia bertambah parah sekaligus bisa mengatasi apabila terjadi ciri-ciri pengapuran tulang. Caranya adalah dengan melakukan latihan abstraksi hip dengan menggerakkan tubuh bagian bawah, yang bisa dilakukan secara rutin setidaknya dua sampai tiga kali dalam seminggu.

Jadi dari ulasan di atas dapat diketahui bahwa untuk merawat kondisi osteopenia dengan cara yang alami adalah dengan mengaplikasikan gaya hidup yang sehat dalam keseharian, baik dari memenuhi asupan makanan dan meningkatkan kebiasaan yang sehat. Tidak hanya sebagai cara perawatan osteopenia, cara di atas juga berfungsi menjadi upaya atau cara mencegah osteoporosis agar tidak terjadi. Demikian ulasan mengenai beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat kondisi osteopenia secara alami yang bisa dilakukan, semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 12th, November 2018 / 02:28 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang