Sponsors Link

7 Pantangan Makanan Untuk Penderita Skoliosis yang Harus Dihindari

Sponsors Link

Perhatikan Pantangan Makanan Untuk Penderita Skoliosis, karena hal ini berpengaruh pada kesembuhan seseorang. Sudah sering tersampaikan bahwa saat ini banyak sekali penyakit mengancam. Jenis gejala yang terjadi umumnya menyerang tulang, baik bagian manapun termasuk tulang belakang. Penyerangan tulang bagian belakang ini disebut dengan skoliosis yang tentunya anda harus bisa menjaga diri. Ketika penyakit ini telah menyerang, efek yang di timbulkan menyebabkan fisik menjadi tidak normal.

ads

Skoliosis adalah suatu penyakit yang menyerang tulang dan terjadi akibat dari kelainan tulang tubuh hingga menyebabkan suatu lekukan abnormal. Efek dari fisik penderita jika skoliosis terlalu lama tidak segera di atasi adalah punggung bagian belakang tampak bengkok terlihat jelas oleh mata. Oleh karenanya berbagai pengobatan sangat di butuhkan, mulai dari medis sampai dengan terapi alami yang mana bisa diketahui cara selengkapnya pada terapi skoliosis berikut. Serta disamping itu semua penderita juga harus berusaha menjalani hidup dengan pola sehat, mulai dari olahraga sampai dengan pola makan yang benar-benar di tata.

Ketika seseorang tidak siap untuk menjalani operasi, mereka akan memilih cara lain seperti terapi yang umumnya di lakukan pada terapis profesional. Selain terapi, olahraga skoliosis juga bisa mereka manfaatkan untuk mengurangi pembengkokan yang terjadi di punggung belakang. Adapun beberapa olahraga yang bisa mengurangi perkembangan skoliosis adalah sebagai berikut:

  1. Senam

Gerakan pada senam mengajak otot untuk aktif, minimal tidak seberat olahraga fisik lain. Namun justru dengan senam otot bisa terangsang perlahan dan mendorong tulang kembali pada posisi semula meskipun tidak bisa secara langsung. Anda pun juga harus sabar menunggu saatnya kapan tulang bisa pulih.

  1. Berenang

Olahraga yang cukup menitik beratkan pada punggung yakni berenang, baik secara sadar maupun tidak sadar. Dengan melakukan olahraga renang, penderita skoliosis sudah menemukan cara mudah untuk mengurangi rasa nyeri yang kadangkala timbul. Meskipun tidak bisa di katakan 100% bahwa berenang mampu menyembuhkan tulang secara totalitas. Perlu Anda ketahui bahwa berenang juga merupakan salah satu cara menguatkan lutut lemas yang sangat dianjurkan.

  1. Yoga

Mungkin untuk olahraga fisik yang satu ini penderita skoliosis sedikit merasa berat. Hal ini karena yoga seringkali menggunakan teknik yang tidak mudah bagi para pemula. Awalnya otot di paksa harus mengikuti setiap gerakan yoga ini, sehingga tidak sedikit orang merasa sakit. Akan tetapi setelah 5 – 7 hari melakukan yoga tubuh akan terbiasa dan rasa sakit sudah tidak terasa lagi. Dengan yoga, penyakit pembengkokan tulang akan sedikit berkurang karena gerakan Yoga ini merupakan teknik paling tepat dalam cara meluruskan tulang belakang.

Tiga olahraga fisik di atas merupakan daftar dari sekian banyak olahraga yang bisa di lakukan. Tidak perlu olahraga berat atau sering, karena nantinya malah membuat kondisi penderita drop. Lakukan saja cara tersebut secara rutin dua hari sekali agar tidak terlalu lelah. Sayangnya olahraga saja tidak cukup mendukung ekstra penyembuhan skoliosis. Untuk itu di perlukan sekali gaya hidup yang lebih baik, minimal dengan menekan menu harian anda pada daftar makanan atau minuman. Karena berikut ini ada beberapa Pantangan Makanan Untuk Penderita Skoliosis yang benar-benar anda hindari.

  1. Protein Hewani

Terkadang bingung juga, tubuh yang kurang akan protein bisa memicu kelemahan fisik yang lain. Sementara terlalu makan protein hewani mampu memicu penyakit tulang. Lalu bagaimana langkah yang tepat? Tentu saja anda harus menerapkan pola teratur. Sebenarnya ada bagian-bagian sendiri dimana seseorang harus makan protein dan dimana seseorang harus menghindarinya. Pada seseorang dengan kondisi skoliosis memang di sarankan untuk mengurangi asupan protein. Bukan berarti sama sekali tidak di perbolehkan, akan tetapi batasi mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung protein hewani. Umumnya di perbolehkan makan 1 kali dalam seminggu dalam porsi kecil.

Protein hewani yang di maksud adalah seperti daging sapi, daging ayam, telur. Sedangkan protein non hewani boleh anda konsumsi seperti tahu, tempe, kedelai asal jangan berlebihan. Hal ini karena ketika anda menelan banyak protein, senyawa sulfat yang di produksi tubuh menyebabkan kalsium keluar dari tulang. Selain itu, Protein ini merupakan salah satu vitamin untuk pertumbuhan anak terbaik untuk usia 1 tahun.

Sponsors Link

  1. Kafein

Pastinya kalau kafein sangat di larang bagi penderita skoliosis. Berdasarkan sebuah penelitian terbaru dilakukan Swedish Department of Toxicology’s National Food Administration, menemukan hasil bahwa seorang wanita yang meneguk 330 miligram kafein atau lebih dalam sehari atau setara dengan empat cangkir, mereka lebih mempunyai resiko patah tulang lebih banyak. Bayangkan saja jika penderita skoliosis meminum minuman dengan kandungan kafein setiap hari, bukankah hal itu justru memicu kerusakan tulang? Padahal skoliosis merupakan kondisi pembengkokan tulang. Namun, bagi Anda yang setelah melakukan operasi, sangat tidak disarankan mengkonsumsinya karena kafein merupakan pantangan setelah operasi tulang belakang yang perlu dihindari.

  1. Kandungan Fosfor

Sebuah penelitian baru telah dilakukan Framingham Osteoporosis Study, mereka mengukur kepadatan mineral tulang yang ada pada punggung dan juga pinggul. Langkah ini menjawab perbandingan 1.413 perempuan dan 1.125 laki-laki dengan frekuensi mengkonsumsi minuman ringan. Kesimpulan yang di peroleh yakni para peneliti menjawab bahwa minuman bersoda dan diet soda dapat menyebabkan keropos tulang pada wanita. Tentu saja pengeroposan ini memicu keburukan pada penderita skoliosis.

Kristine Cuthrell, RD sebagai ahli gizi telah berpendapat kalau hubungan antara Cola serta kehilangan kepadatan tulang ini bisa dikarenakan oleh substitusi soda susu yang baik guna mengurangi asupan kalsium. Jadi, sudah cukup jelas bahwa seseorang penderita skoliosis dilarang mengkonsumsi minuman bersoda.

  1. Vitamin A Dalam Jumlah Besar

Vitamin A sangat di butuhkan oleh tubuh kita. Kekurangan vitamin A menyebabkan beberapa hal seperti mata buram dan permasalahan lainnya. Tetapi, bagi penderita skoliosis dengan mengkonsumsi vitamin A berjumlah besar sangat di larang. Hal ini dikarenakan kelebihan vitamin A dapat menyebabkan patah tulang yang justru malah merugikan. Artinya, anda tetap bisa mengkonsumsi vitamin A asalkan tidak dalam jumlah banyak. Dengan kata lain, Pantangan Makanan Untuk Penderita Skoliosis diantaranya yaitu seperti Tomat, Wortel, Pepaya, dan semacamnya.

ads
  1. Minuman Ber-alkohol

Kepadatan tulang yang menurun bisa jadi di sebabkan oleh alkohol. Untuk itu bagi penderita skoliosis tidak di perbolehkan minum minuman yang mengandung alkohol. Hal ini karena cara kerja alkohol secara tidak langsung akan mengganggu penyerapan kalsium dan vitamin D. Tidak hanya itu, Alkohol juga menjadi salah satu pantangan radang sendi, pantangan makanan pengapuran tulang, pantangan setelah operasi tulang belakang, dan masih banyak lagi yang lain.

  1. Garam

Garam adalah salah satu bumbu dapur yang terolah dari air laut yang telah mengalami pengkristalan. Hampir semua masakan menggunakan bumbu ini, namun bukan berarti garam bisa di konsumsi dalam jumlah besar. Terutama kandungan natrium kloridanya yang berperan penting dalam tubuh, tetapi jika seseorang mengkonsumsi banyak garam cukup mengkhawatirkan untuk waktu jangka panjang kedepan.

Seperti yang di sampaikan oleh Dr Cosman dari National Osteoporisis Doundation menyatakan bahwa garam dapat menyebabkan ekskresi kalsium. Disarankan bagi setiap orang hanya boleh mengkonsumsi kuantiti garam 1.200 miligram per hari untuk menjaga kesehatan tulang. Sementara makanan olahan lainnya yang menjadi pantangan untuk di konsumsi penderita skoliosis adalah sebagai berikut:

  • Acar
  • Makanan Kaleng
  • Camilan / Lemak Tak Jenuh
  • Daging Olahan
  • Sereal Instan
  • Jus Kemasan
  • Bumbu Masak Instan
  • Mie Instan

Makanan dan minuman di atas bukan berarti sama sekali tidak boleh di konsumsi. Tetapi untuk menunjang kesehatan tubuh yang terserang skoliosis sebaiknya anda juga harus bijak dalam mengkonsumsi.

Sementara makanan atau minuman yang di anjurkan bagi penderita skoliosis adalah sebagai berikut:

  1. Sayuran

Penderita skoliosis harus bisa mengkonsumsi sayuran lebih banyak. Sayur merupakan makanan yang menyehatkan dan mampu menyegarkan tubuh. Khususnya untuk menghadapi kondisi penyakit tulang, dibutuhkan sekali kandungan vitamin K yang ada pada sayuran kangkung untuk mengurangi rasa nyeri. Namun jika sampai terjadi patah tulang, berikut 30 makanan untuk patah tulang tangan untuk mempercepat proses penyembuhan.

  1. Kalsium

Kalsium sangat di perlukan tulang untuk tumbuh kokoh. Sebagai salah satu cara agar kondisi tulang yang bengkok menjadi kuat adalah dengan minum atau makan yang mengandung kalsium. Bisa anda dapatkan dari susu yang mempunyai kandungan kalsium cukup guna pembentukan tulang.

Sponsors Link

  1. Vitamin B12

Salah satu fungsi dari vitamin B12 adalah memelihara kesehatan jaringan spons pada tulang serta membantu fungsi dan pertumbuhan tulang bagian belakang. Vitamin B12 banyak ditemukan pada makanan berikut:

  • Ikan (Salmon, Tuna, Kakap, Tenggiri, dan semua jenis ikan)
  • Susu dan semua minuman atau makanan olahan susu seperti yogurt, keju, dsb. Namun susu ini juga memiliki  14 khasiat susu untuk tulang yang paling baik untuk kesehatan dan perlu Anda ketahui.
  1. Vitamin C

Vitamin C dibutuhkan untuk pembentukan kolagen yang memang sangat diperlukan tubuh dalam menciptakan jaringan baru. Mengapa? Karena proses sangat membantu menyembuhkan kerusakan pada tendon, otot ligamen, dan sendi antar tulang belakang, sehingga dapat mempertahankan kekuatan tulang dan jaringannya. Makanan yang mengandung Vitamin C bisa anda temukan dari jenis-jenis berikut:

Aneka Sitrus:

  • Jeruk
  • Jambu Biji
  • Anggur
  • Strawberry

Itulah Pantangan Makanan Untuk Penderita Skoliosis yang wajib Anda hindari agar kejadian ini tidak semakin parah dan bahkan bisa membahayakan tubuh Anda.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 13th, April 2018 / 13:15 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman