Sponsors Link

6 Khasiat Jengkol untuk Tulang yang Harus Anda Ketahui Sekarang Juga!

Sponsors Link

Ketika mendengar istilah “jengkol” hal pertama kali kita pikirkan adalah baunya yang tidak sedap dan sangat menusuk hidung, apa lagi jika dikonsumsi akan membuat bau nafas dan bau kentut tidak karuan. Oleh sebab itu lah, kebanyakan orang tidak mengggemari si jengkol ini karena illfeel dengan baunya. Apakah Anda termasuk orang-orang yang tidak suka jengkol? Tahukah Anda bahwa di balik baunya tidak menyenangkan, khasiat jengkol untuk tulang sangatlah penting. Buah dari tanaman yang bernama ilmiah Archidendron pauciflorum ini bisa dikonsumsi dalam kondisi segar maupun diolah dulu sebagai masakan agar khasiat jengkol untuk tulang bisa dirasakan. Khasiat dari jengkol yang positif bagi kesehatan mampu mengalahkan baunya yang menyengat. Jika kebetulan sedang mengalami kelainan pada tulang, jengkol bisa dijadikan obatnya. Untuk itu, di bawah ini adalah beberapa khasiat jengkol untuk tulang yang sebaiknya diketahui:

ads
  1. Membentuk Jaringan dalam Tubuh

Dalam tiap biji jengkol terdapat kadar protein yang cukup tinggi sehingga merupakan makanan yang baik untuk pertumbuhan tulang dan jaringan. Protein dalam kedelai dan kacang hijau tidaklah sebanyak dalam jengkol. Oleh karena itu, dengan rajin mengonsumsi jengkol akan mempermudah jaringan tubuh dibentuk. Jaringan sendiri adalah sekumpulan sel yang menyatu untuk melakukan satu fungsi biologis tubuh. Ada tiga jenis jaringan yakni jaringan otot polos, jaringan otot jantung, hingga jaringan otot rangka. Jaringan otot rangka inilah yang vital perannya dalam membentuk fungsi otot dan tulang manusia.

  1. Menambah Jumlah Produksi Kolagen

Selain mengandung protein tinggi, jengkol juga kaya akan kandungan zat besi. Zat besi ini penting dalam sistem enzimatik tubuh khususnya dalam proses sintesis kolagen. Terdapat kurang lebih 90% kolagen tipe 1 dalam protein tulang. Zat besi dari jengkol berperan untuk membantu metabolisme tulang melalui pengaktifan dan penonanktifan vitamin. Kolagen yang cukup akan baik agar kondisi tulang tetap sehat.

  1. Membantu Produksi Eritrosit

Khasiat jengkol untuk tulang selanjutnya didukung lagi oleh kandungan zat besinya. Zat besi sangat vital dalam menjaga jumlah sel darah merah (eritrosit) tubuh. Kekurangan eritrosit menyebabkan anemia, anemia ini mempengaruhi sistem metabolisme tulang. Metabolisme tulang dan produksi eritrosit yang buruk akan membuat manusia mudah lelah dan lemas.

  1. Mencegah Osteoporosis dan Menguatkan Tulang Gigi

Kandungan lain di dalam buah jengkol adalah senyawa fosfor dan kalsium. Kedua senyawa tersebut penting bagi tulang manusia karena dapat meminimalisir pengikisan tulang yang rapuh atau keropos  sehingga jengkol termasuk makanan pencegah osteoporosis. Kalsium berperan penting pula untuk menguatkan tulang dan gigi agar tidak mudah goyah dari gusi.

  1. Membantu Pertumbuhan Janin

Untuk ibu hamil, jengkol termasuk dalam makanan pembentuk tulang janin, namun tetap jangan berlebihan dalam megonsumsinya. Hal tersebut sebab kandungan kalsium fosfor dalam jengkol sangat berkontribusi dalam proses pembentukan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

  1. Menangani Rheumatid Arthritis

Rheumatid asrthritis yaitu penyakit dalam hal autoimun yang ada hubungannya dengan persendian. Penyebabnya dikarenakan sistem imun dalam tubuh salah penanganan dalam mengahadapi zat asing sehingga imun tubuh malah salah menyerang bagian bantalan yang melindungi jaringan dan cairan di sekitar persendian. Keadaan ini akan membuat sendi penderitanya merasakan nyeri dan kaku bahkan membengkak atau termasuk ciri-ciri dislokasi sendi. Asupan zat besi yang banyak sangat diperlukan, salah satunya ada dalam jengkol untuk memulihkan ciri-ciri radang sendi tersebut. Itulah beberapa khasiat jengkol untuk tulang, jika macam-macam penyakit tulang yang sudah disebutkan tidak pulih dengan jengkol, Anda bisa datang ke dokter untuk diagnosa yang lebih lanjut.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Monday 11th, February 2019 / 04:04 Oleh :