Sponsors Link

Luar Biasa, 5 Khasiat Minyak Ikan untuk Tulang yang Belum Anda Ketahui!

Sponsors Link

Minyak ikan adalah suplemen yang dikemas sebagai pil, cairan, maupun kapsul, terbuat dari banyak macam ikan misalnya ikan salmon, tuna, sarde, serta makarel. Minyak ikan bisa dikonsumsi secara langsung dan banyak khasiatnya untuk kesehatan tubuh. Hal tersebut dikarenakan di dalam minyak ikan terdapat kandungan omega 3 yang merupakan asam lemak esensial. Nah, asam lemak esensial tersebut bisa diperoleh melalui minyak ikan karena tubuh manusia tidak memperoduksinya secara alami. Dalam setiap suplemen minyak ikan ada dua asam lemaknya, yakni asam ekosapentanoat (EPA) dan asam dokosaheksanoat (DHA). Dalam beberapa produk minyak ikan yang dimodifikasi bentuknya, biasanya ada tambahan berbagai vitamin seperti vitamin E, A, B, bahkan D. Sebab kaya akan kandungan nutrisi tersebutlah, banyak khasiat minyak ikan untuk tulang. Jika terdapat kelainan pada tulang, konsumsilah minyak ikan untuk meredakan sakit. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

ads
  1. Meredakan Nyeri Sendi

Khasiat minyak ikan untuk tulang yang pertama adalah sebagai pereda nyeri sendi. Nyeri sendi bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, misalnya ciri-ciri dislokasi sendi, keseleo, asam urat, kecelakaan yang mengakibat cedera. Penyebab nyeri sendi paling umum adalah karena gejala arthritis atau ciri-ciri radang sendi yang ditandai dengan adanya kerusakan sel tubuh dilanjut dengan pelepasan dari sistem autoimun.

Dua asam DHA dan EPA dalam minyak akan akan meredakan nyeri sendi dengan cara berubah menjadi senyawa resolvin ketika masuk ke tubuh manusia. Senyawa resolvin sifatnya adalah sebagai anti-radang sehingga dapat melawan peradangan di sendi. Anda juga bisa mengonsumsi ramuan tradisional untuk nyeri sendi.

  1. Meringankan Osteoarthritis

Osteoarthritis adalah penyakit di daerah persendian juga khususnya bagian lutut, punggung, pinggul, dan tangan. Biasanya terdapat luka di area persendian tersebut. Minyak ikan dengan kandungan omega 3 nya mampu meringankan gelaja sakit osteoarthritis ini.

  1. Memadatkan Volume Tulang

Seiring bertumbuhnya tubuh manusia, akan ada masanya tulang semakin terkikis termakan usia misalnya terjadi pengeroposan tulang sendi lutut. Hal tersebut dikarenakan mineral pembentuk tulang semakin berkurang sehingga tulang semakin keropos. Oleh karena itu, khasiat minyak ikan untuk tulang akan membantu menambah kepadatan tulang dengan memenuhi asupan mineralnya. Suatu penelitian pernah melakukan percobaan dengan tikus sebagai objeknya. Sebagian tikus diberi asam omega 3, sebagiannya lagi diberi asupan asam omega 6. Hasilnya, tikus dengan omega 6 mempunyai tulang yang rapuh karena kekurangan mineral. Sedangkan tikus dengan asupan asam omega 3 tumbuh dengan tulang yang kepadatannya ideal.

  1. Menjaga Tulang Tetap Sehat

Omega 3 dalam minyak ikan yang di dalamnya terdapat dua asam lemak esensial menjadikan khasiat minyak ikan untuk tulang semakin banyak. Minyak ikan ini mampu menjaga kualitas sel, kulit, dan tulang agar tetap sehdat dan terhindar dari penuaan dini.

  1. Meringankan Penyakit Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis atau penyakit ALS yaitu penyakit yang menjangkiti bagian saraf otak serta tulang belakang. Penyebabnya bisa bermacam-macam, yakni sistem autoimun, keturunan, jenis kelamin, dan usia. Oregon Health and Science University pernah membuat pernyataan bahwa mengonsumsi minyak ikan rutin dalam kurun 3 bulan akan sangat memudahkan proses pengobatan multiple sclerosis.

Itulah beberapa khasiat minyak ikan untuk tulang. Sebaiknya konsumsi minyak ikan sebanyak dua buah untuk satu minggu untuk meredakan macam-macam penyakit tulang.

Sponsors Link
, , , ,
Post Date: Monday 11th, February 2019 / 04:09 Oleh :