Sponsors Link

Sangat Penting Tahu! 4 Khasiat Kacang Hijau untuk Tulang yang Bisa Anda Rasakan Sendiri!

Sponsors Link

Kacang hijau sudah sangat akrab di keseharian kita karena kerap kita konsumsi sebagai bubur, es, maupun dalam bentuk kecambah. Asalnya dari wilayah negara India, dan pada abad ke-17 mulai menyebar ke seluruh wilayah Asia Tenggara. Tanaman polong-polongan ini memang mudah tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Oleh karena itulah, sebagai tanaman legum, di kacang hijau berposisi di rangking ketiga pasca biji kedelai dan kacang tanah. Biji dari tanaman bernama ilmiah Vigna radiata ini nyatanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Manfaat tersebut disebabkan kandungan nutrisi pada kacang hijau yang melimpah.

ads

Kandungan Nutrisi pada Kacang Hijau

  • Fosfor
  • Kalsium
  • Kalium
  • Zat besi
  • Zinc
  • Folat
  • Vitamin (A, B, C, E, dan K)

Khasiat Kacang Hijau untuk Tulang

Dengan kandungan kaya nutrsi, kacang hijau bermanfaat untuk kesehatan termasuk kesehatan tulang. Jika ada kelainan pada tulang, tak salah untuk mengetahui apa saja khasiat kacang hijau untuk tulang seperti di bawah ini:

  1. Menjaga Kepadatan dan Kekuatan Tulang

Khasiat kacang hijau untuk tulang yang pertama adalah peran vitalnya sebagai obat pengapuran tulang dengan menjaga kepadatan dan kekuatan tulang. Nyatanya, dalam biji kecil kacang hijau terdapat kandungan kalsium dan fosfor yang amat banyak. Seiring dimakannya usia, kepadatan tulang akan menurun, makan konsumsi kacang hijau yang mengandung vitamin K akan membantu tulang Anda tetap kuat dan tidak mudah mengalami cedera semisal tulang bengkok karena jatuh. Vitamin K penting untuk mengubah protein matriks pada tulang, memudahkan penyerapan zat kalsium sambil menstabilkan eksresi kalsium.

  1. Mencegah Osteoporosis

Menyambung khasiat kacang hijau untuk tulang tentang kepadatan tulang, hal itu sekaligus menjadikan kacang hijau sebagai makanan pencegah osteoporosis. Osteoporosis sendiri yaitu kondisi tulang yang semakin mengikis atau keropos karena kekurangan mineral dan kalsium. Penyakit tersebut bisa dicegah sejak dini dengan kacang hijau ini, atau bila sudah mengidap osteoporosis bisa dibarengi dengan senam untuk penderita osetoporosis agar khasiatnya semakin bekerja.

  1. Membantu Pertumbuhan Janin dan Gigi Anak

Kacang hijau yang bisa diolah menjadi makanan bertekstur lembut sangat cocok untuk bayi, sehingga termasuk makanan yang baik untuk pertumbuhan tulang anak dan janin. Tentu saja karena kacang hijau juga mengandung fosfor, vitamin K, silikon, kalsium, dan vitamin A yang akan membantu proses perkembangan tulang dan gigi janin dalam rahim maupun anak usia dini. Dengan rajin diberi asupan kacang hijau pada anak dan janin akan sekaligus menghindarkannya dari osteoporosis ketika dewasa kelak.

  1. Meningkatkan Produksi Eritrosit

Selain beberapa kandungan yang sudah disebutkan, kacang hijau juga mengandung zat besi yang tinggi. Zat besi ini diperlukan untuk menstabilkan jumlah eritrosit atau sel darah merah. Sel darah merah yang sedikit akan menimbulkan penyakit anemia. Jika sudah terjangkit anemia, maka metabolisme tulang akan terpengaruh. Keadaan tubuh akan melemah sehingga perlu asupan kacang hijau agar kembali normal.

Itulah beberapa khasiat kacang hijau untuk tulang yang mampu menangani macam-macam penyakit tulang. Anda bisa mengonsumsinya dengan mengolahnya sebagai bubur, kecambah, kue, atau es sekalipun. Niscaya tubuh akan kembali bugar.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Monday 11th, February 2019 / 04:08 Oleh :