Sponsors Link

8 Makanan Untuk Penyakit Fibromyalgia yang Dapat Menghilangkan Nyeri

Sponsors Link

Penyakit fibromyalgia menyerang pada siapa saja tanpa mengenal usia. Penyakit yang menyerang bagian otot manusia ini biasanya akan menyebabkan otot terasa kaku, nyeri hingga panas terbakar. Sejak usia bayi hingga dewasa dengan umur 30 hingga 60 tahun sangat rentan mengidap penyakit ini. Sehingga orang tua harus pintar-pintar dalam memilih serta memberikan vitamin pada pertumbuhan anak, agar metabolisme serta sistem imun anak tetap kuat. Karena biasanya penyakit fibromyalgia menyerang pada seseorang yang memiliki metabolisme lemah.

ads

Penyakit fibromyalgia hingga kini belum ditemukan obat yang ampuh untuk menyembuhkannya. Akan tetapi beberapa dokter yang ahli menangani penyakit ini biasanya akan meminta pasiennya untuk melakukan terapi hingga mengubah pola makan. Makanan penyebab nyeri sendi efek dari penyakit fibromyalgia harus dihindari. Makanan untuk penyakit fibromyalgia yang disarankan dapat membantu penderita mengurangi efek nyeri pada penyakit ini. Makanan untuk penyakit fibromyalgia yang perlu diketahui yakni :

1. Buah Ara (Tin)

Makanan untuk penyakit fibromyalgia dibutuhkan untuk proses penyembuhan. Penderita fibromyalgia biasanya kekurangan asam malat didalam tubuh sehingga perlu mengkonsumsi banyak asam malat untuk mengurangi rasa nyeri pada otot-otot yang kaku serta melemah. Hal ini juga serupa dengan patah tulang paha yang memerlukan makanan untuk patah tulang paha agar mempercepat proses pemulihan.

Buah ara atau buah tin memiliki kandungan asam malat yang sangat baik untuk mengurangi rasa nyeri pada otot dengan adanya asam malat yang mengandung anti-inflamasi. Sehingga buah ara akan sangat membantu dalam mengurangi efek fibromyalgia. Selain itu kandungan mineral magnesium dan mangan yang tidak dimiliki penderita fibromyalgia akan tercukupi dengan mengkonsumsi buah ara. Jika tidak ditemukan buah ara, dapat menggantinya dengan buah apel hijau yang juga memiliki kandungan sama dengan buah ara.

2. Nanas

Enzim bromelain yang ada pada nanas dapat membantu mengurangi pembengkakan dan peradangan akibat fibromyalgia. Hal ini juga serupa dengan vitamin penguat tulang dan sendi bagi penderita arthritis yang akan membantu mengurangi serta mencegah penyakit arthritis yang dideritanya. Makanan untuk penyakit fibromyalgia yang satu ini merupakan makanan yang mudah ditemui serta mengandung mineral mangan yang cukup tinggi untuk memenuhi kebutuhan mangan didalam tubuh. Sehingga tidak hanya mengurangi pembengkakan serta peradangan, nanas juga mampu melancarkan pembentukan kolagen yang sempat terhambat. Diketahui pula bahwa nanas juga termasuk dalam makanan untuk penderita rheumatoid arthritis.

3. Cabai

Cabai memiliki kandungan capsaicin cukup tinggi yang mampu meredakan rasa sakit. Dalam melakukan proses penyembuhan, cabai bisa dijadikan sebagai makanan ataupun pasta untuk dioles. Cabai merupakan salah satu makanan untuk penyakit fibromyalgia yang bisa dikonsumsi dengan keduanya. Dengan kandungan capsaicin yang ada didalam cabai mampu meredakan rasa sakit serta nyeri yang dirasakan oleh otot hingga tulang. Selain itu, makanan pedas sebagai ciri khasnya ini juga mampu menjadi makanan untuk penderita osteoarthritis.

4. Bayam

Makanan untuk penyakit fibromyalgia yang satu ini bisa mengobati serta menjadi penghambat proses penyembuhan suatu penyakit. Bayam memiliki kandungan magnesium yang dibutuhkan oleh tubuh, dimana penderita fibromyalgia biasanya kekurangan mineral magnesium didalam tubuh. Sehingga dengan mengkonsumsi bayam, kebutuhan akan magnesium akan tercukupi sehingga gejala stres, insomnia kram otot serta kelelahan dapat diatasi dengan mencukupi kadar magnesium didalam tubuh. Yang hal tersebut dapat diperoleh pada bayam, dan bayam juga memiliki kandungan vitamin untuk patah tulang yang mampu mempercepat proses peyambungan tulang.

5. Soba

Sponsors Link

Sama seperti buah ara yang memiliki kandungan asam malat. Soba juga memiliki kandungan asam malat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam mengatasi rasa nyeri yang muncul. Makanan untuk penyakit fibromyalgia yang satu ini bisa menjadi makanan pengganti untuk dikonsumsi agar penderita tidak merasa bosan. Selain itu, asam malat yang dimiliki soba dapat membantu dalam memerangi nyeri otot serta kelelahan.

6. Ikan

Rasa nyeri serta peradangan yang terjadi akan menyebabkan kekakuan pada otot dapat diatasi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega-3. Dimana lemak omega-3 dapat ditemui dalam minyak ikan, ikan salmon, ikan tuna, ikan teri, ikan sarden. Omega-3 yang terdapat dalam ikan juga dapat dijadikan makanan untuk memperkuat sendi lutut. Konsumsi ikan dapat mengurangi rasa bosan bagi penderita fibromyalgia yang tidak terbiasa dalam mengkonsumsi makanan vegetarian. Selain itu, konsumsi makanan untuk penyakit fibromyalgia jenis ini bisa dikonsumsi 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Akan tetapi, agar lebih aman sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang lebih memahami penyakit ini.

Sponsors Link

7. Kunyit

Untuk mengurangi rasa nyeri yang ada dalam tubuh bisa teratasi dengan adanya anti-inflamasi. Dimana kunyit memiliki anti-inflamasi yang cukup tinggi untuk bisa meredakan rasa nyeri serta kekakuan pada otot. Untuk penggunaan dalam pengobatan, kunyit juga dapat dijadikan sebagai obat minum ataupun oles dengan dijadikan pasta. Untuk mengganti rempah ini, penderita fibromyalgia juga bisa menggunakan jahe sebagai pengobatan yang juga memiliki kandungan yang sama dengan kunyit.

8. Brokoli

Ikan memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi layaknya sayuran. Salah satu sayuran yang juga memiliki kandungan kalsium bagi tubuh yakni brokoli. Sayuran yang mirip rambut kribo ini dapat dikonsumsi secara rutin bagi penderita fibromyalgia. Penderita fibromyalgia membutuhkan kalsium yang cukup didalam tubuh, akan tetapi perlu menjadi catatan bahwa penderita fibromyalgia tidak diperbolehkan mengkonsumsi aneka olahan susu. Yang mana aneka olahan susu merupakan salah satu vitamin untuk tulang keropos, akan tetapi menjadi pantangan bagi penderita penyakit ini. Untuk itu, konsumsi brokoli sebagai pengganti aneka olahan susu dapat mencukupi kebutuhan kalsium yang ada didalam tubuh.

Itulah beberapa makanan untuk penyakit fibromyalgia yang dapat dikonsumsi secara aman. Semoga tulisan ini dapat memberikan manfaat serta kesembuhan.

Sponsors Link
, ,
Post Date: Friday 04th, May 2018 / 03:45 Oleh :
Kategori : Makanan dan Minuman