Sponsors Link

9 Obat Untuk Sakit Tulang Belikat Secara Alami yang Aman Dikonsumsi

Sponsors Link

Tulang belikat merupakan tulang yang berada di area punggung bagian atas di belakag tulang bahu. Sakitnya tulang belikat cukup sering terjadi, yang mana dapat mengakibatkan sakit seperti nyeri dan kaku karena cedera saat digunakan untuk menahan beban atau berada dalam posisi tertentu dalam waktu lama saat bekerja. Pada umumnya tulang belikat sakit merupakan salah satu dari macam macam penyakit tulang yang tidak perlu dikhawatirkan karena bukanlah suatu gangguan yang serius.

ads

Tulang belikat yang sakit ini juga dapat terjadi karena terdapat kondisi lainnya seperti mengalami emboli paru, diseksi aorta juga patah tulang belikat. Pada umumnya akan digunakan obat pereda nyeri seperti NSAID atau lainnya sebagai obat untuk sakit tulang belikat. Di samping itu terdapat juga obat dan metode alami tanpa obat kimia yang bisa digunakan, seperti berikut ini:

1. Beristirahat yang cukup

Pada kondisi yang ringan seperti tulang belikat sakit karena kelelahan, pengobatan pertama yang bisa dilakukan adah dengan istirahat. Dengan beristirahat selama beberapa waktu cukup untuk memulihkan kembali bagian tulang terasa ngilu dan pegal.

2. Pemijatan

Salah satu cara sebagai obat untuk tulang belikat sakit yang mudah adalah dengan melakukan pemijatan ringan pada area belikat dan sekitarnya. Pemijatan ini akan memberikan efek rileks pada jaringan otot yang mengalami kotraksi di sekitar tulang belikat.

3. Kompres hangat dan dingin

Pengompresan yang juga sering digunakan untuk pengobatan penyakit ortopedi lainnya ini dilakukan dengan metode hangat dan dingin secara berurutan. Mengompres pada daerah tulang belikat sakit ini dapat dilakukan berulang selama 3-4 kali dalam sehari sampai sakit yang dirasakan berkurang.

4. Melakukan peregangan

Peregangan ringan di sela-sela aktivitas yang sedang dilakukan juga dapat menjadi obat untuk sakit tulang belikat agar mereda. Peregangan dapat dilakukan dengan menggerakkan tulang sekitar bahu sampai leher selama beberapa waktu.

5. Memenuhi asupan kalsium

Mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung kalsium tinggi juga dapat membantu mengatasi sakit tulang belikat. Di samping itu juga dapat menjaga dan menignkatkan persendian tulang belikat dengan baik.

6. Melakukan olahraga rutin

Di samping peregangan, berolahraga secara rutin juga dapat mengatasi kekakuan atau ketegangan otot sendi yang menjadi penyebab tulang ngilu-ngilu dan sakit. Tidak hanya itu, olahraga juga dapat membuat tulang lebih kuat dan bergerak lebih leluasa secara efektif.

7. Memanfaatkan rempah-rempah

Banyak sekali rempah-rempah yang dapat digunakan menjadi obat untuk sakit tulang belikat secara alami misalnya saja jahe, kunyit atau lainnya yang memiliki efek anti inflamasi. Rempah-rempah dapat diolah menjadi ramuan maupun ditumbuk untuk mengompres tulang belikat yang sakit.

8. Menggunakan ramuan dedaunan

Salah satu cara alami yang bisa menjadi pengobatan alternatif tulang belikat sakit adalah membuat ramuan tradisional dari dedaunan. Conrtoh daun yang bisa digunakan untuk mengatasi penyebab tulang belikat sakit adalah seperti daun sirsak, daun kari, daun kelor dan lain sebagainya.

9. Mengurangi beban atau postur tidak nyaman

Sebagian besar penyebab nyeri pada tulang selangka dan belikat adalah salah postur saat duduk atau tidak nyaman saat bekerja. Contohnya saja bekerja dengan kursi yang terlalu rendah akan menyebabkan tulang sekitar belikat tegang dan kaku, bisa diakali dengan mengganti kursi yang lebih sesuai.

Demikian beberapa informasi mengenai obat untuk sakit tulang belikat secara alami. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , ,
Post Date: Sunday 16th, December 2018 / 03:43 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan