Sponsors Link

8 Manfaat dan Fungsi Vitamin D untuk Tulang

Sponsors Link

Banyak sekali fungsi dan manfaat yang bisa anda dapatkan dari vitamin A, B, C, D, E, K ataupun nutrisi yang lainnya. Semua vitamin dan nutrisi lain tersebut sebagian besar terdapat dalam makanan seperti sayur dan buah, dan biasa anda konsumsi sehari-hari. Akan tetapi tidak semua orang menyukai menu yang sama, mungkin hal ini bicara tentang sayur yang tidak semuanya menikmati.

ads

Salah satu vitamin yang tidak kalah penting dibutuhkan tubuh adalah vitamin D. Tubuh anda sangat memerlukan asupan nutrisi dari vitamin D, terutama bagian tulang. Manfaat dan Fungsi Vitamin D untuk Tulang perlu anda perhatikan betul. Sebelum membahas tentang berbagai fungsi dan manfaat dari salah satu jenis vitamin penguat tulang dan sendi ini, anda harus tahu terlebih dahulu mengenai sejatinya Vitamin D dan perannya.

Secara umum sebenarnya anda telah mengerti bahwa vitamin D berfungsi sekali dalam proses pembentukan tulang pada manusia dan juga gigi yang tujuannya agar lebih baik dan kuat. Vitamin D juga bisa anda dapatkan pada beberapa menu makanan, misalnya seperti ikan tuna, tomat, biji bunga matahari, minyak ikan, brokoli, dan juga sayuran hijau yang lainnya. Bahkan, sinar matahari di pagi hari juga mengandung vitamin D yang sangat dibutuhkan tubuh.

Langkah yang seperti ini dibenarkan lantaran sinar matahari di pagi hari baik untuk pertumbuhan tulang, terutama untuk anak yang masih batita (bawah tiga tahun). Tetapi, harus terlebih dahulu diketahui jangan sampai menjemur di atas jam 8 karena sengatan mataharinya sudah berbeda serta fungsinya. Biasanya batita cukup di jemur mulai pukul 07.30 sampai dengan 07.45 alias cukup 10 menit saja. Selain vitamin D, berikut vitamin untuk pertumbuhan tulang bayi yang harus terpenuhi demi pertumbuhan yang sehat.

Manfaat dan Fungsi Vitamin D untuk Tulang disinilah yang harus anda simak, sehingga anda tidak mengabaikan pentingnya mengkonsumsi aneka makanan atau minuman yang mengandung vitamin D. Tahukah anda, vitamin D memainkan beberapa peran penting sebagai salah satu kunci kesehatan tubuh. Untuk yang paling penting yakni dapat membantu tubuh anda menyerap mineral kalsium dan fosfor.

Berikut ini bisa anda ketahui beberapa manfaat dari vitamin D untuk tulang, baik tulang tubuh atau tulang bagian manapun:

  1. Mencegah dari Penyakit Osteoporosis

Apa itu osteoporosis? Mungkin pertanyaan ini masih sedikit yang belum tahu, khususnya orang awam. Osteoporosis merupakan salah satu jenis penyakit tulang yang di sebabkan oleh hilangnya massa tulang yang tidak lagi normal dan kerusakan struktur tulang pada orang dewasa atau yang lebih tua dengan usia 50 sampai dengan ke atas. Hal ini bisa membuat tulang anda semakin lemah dan juga kasus yang lebih parah mungkin bisa patah. Untuk mengetahui lebih lanjut, seperti inilah ciri-ciri tulang keropos yang mudah dikenali.

Osteoporosis juga menjadi salah satu jenis penyakit tanpa gejala. Anda mungkin tidak tahu sepenuhnya bahwa anda mempunyai riwayat kondisi seperti ini. Karena osteoporosis memang tidak menunjukkan gejala signifikan. Kondisi bisa di ketahui atau di rasakan saat tulang telah parah dan patah. Salah satu pencegahan tulang keropos yakni konsumsi nutrisi yang tepat dan olahraga yang teratur bersamaan dengan tes kepadatan mineral tulang. Sebaiknya anda bisa mengkonsultasikan semuanya pada dokter agar mendapatkan solusi yang tepat.

  1. Mencegah Penyakit Paget

Selain dapat mencegah osteoporosis, vitamin D yang berguna untuk tulang juga mempunyai manfaat lain yakni sebagai pencegah penyakit paget tulang. Bila anda tidak mengerti dengan gejala ini, penyakit paget merupakan sebuah gangguan tulang yang menyebabkan kerusakan secara abnormal di jaringan tulang pada bagian-bagian tertentu tulang. Biasanya tulang akan tampak lebih tebal dan juga lebih besar.

Suatu jenis sel yang disebut osteoklas inilah yang nantinya akan bertanggung jawab untuk merusak jaringan tulang tubuh anda. Osteoklas yang terlalu aktif juga akan menyebabkan pembentukan tulang bekerja dengan sangat cepat guna mengganti tulang yang telah hilang. Akan tetapi, jaringan tulang yang baru dan yang tidak teratur justru membuat tulang menjadi rapuh dan mudah patah.

Ini biasanya akan melibatkan tulang belakang, tulang panggul, tulang kaki, atau tengkorak, meskipun tulang apapun dapat terpengaruh juga.

Sponsors Link

  1. Mencegah Penyakit Osteogenesis Imperfekta

Penyakit ini ialah kondisi kelainan genetik yang membuat tulang anda patah dengan mudah. Terkadang tulang yang patah untuk alasan yang tidak diketahui. Osteogenesis imperfecta bisa berkisar dari ringan sampai dengan yang paling berat, serta gejala lain yang cukup bervariasi pada setiap orang. Seseorang bisa saja hanya mengalami sedikit atau hingga ratusan kali patah tulang. Selain dengan Vitamin D, berikut cara mencegah penyakit osteogenesis imperfecta yang perlu diketahui.

  1. Mencegah dan Mengurangi Resiko Kanker Tulang

Kanker adalah penyakit yang mematikan, dan bahkan semua orang harus khawatir dengan penyerangannya. Hal itu sangat wajar sekali karena kanker adalah penyakit yang tidak bisa di acuhkan. Kanker sendiri ada banyak jenisnya, karena pembahasan ini tentang manfaat vitamin D untuk tulang maka inilah yang harus anda ketahui. Manfaat lain dari vitamin D adalah untuk pencegahan kanker tulang.

Kanker tulang sendiri umumnya tidak dimulai dari tulang. Menurut National Cancer Institute, sebagian besar kasus kanker tulang ini justru disebabkan oleh sel-sel kanker yang menyebar dari organ kanker lainnya.

  1. Rakhitis

Masih ada penyakit tulang yang dapat di cegah atau bisa di redakan dengan vitamin D. Sebut saja rakhitis, sebuah penyakit tulang yang harus di perhatikan. Pada waktu anak-anak tidak mendapatkan cukup vitamin D, mereka cenderung sering terkena rakhitis, penyakit yang menyebabkan tulang melemah pada anak-anak.

Vitamin D juga dibutuhkan untuk membantu menyerap kalsium juga fosfor. Apakah kejadian ini sama dengan osteoporosis? Tentu saja tidak, berikut perbedaan rakhitis dan osteoporosis yang perlu Anda ketahui.

Itulah manfaat dari vitamin D bagi tulang, serta fungsinya bisa anda lihat berikut ini:

  1. Menguatkan Tulang – Vitamin D berperan aktif dalam memperkuat tulang, menjadikan tulang yang lemah menjadi kokoh.
  1. Membentuk Tulang yang Rapuh – Dapat membentuk kembali tulang yang tadinya rapuh menjadi utuh kembali atau normal.
  1. Memberikan Nutrisi Tulang – Jelas bahwa vitamin D memberikan nutrisi bagi tulang. Jadi jangan sampai anda melewatkan asupan vitamin D.

Demikianlah Manfaat dan Fungsi Vitamin D untuk Tulang yang dapat Anda ketahui mulai dari sekarang agar tidak malas-malasan lagi mengkonsumsi vitamin D mengingat sangat baik untuk kesehatan tulang. Semoga bermanfaat.

Sponsors Link
, , , , ,




Post Date: Thursday 25th, October 2018 / 23:53 Oleh :
Kategori : Kesehatan Tulang